TNI AU Pesan 4 Helikopter Airbus H145

PTDI mengasah kemampuan merakit

Badung, IDN Times – TNI Angkatan Udara (TNI AU) memesan 4 helikopter Airbus H145 sebagai bagian dari program modernisasi kegiatan pelatihannya. Hal itu terungkap pada perhelatan Bali International Airshow 2024 di South Apron, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai pada Rabu (18/9/2024).

Berdasarkan perjanjian antara TNI AU dan PT Dirgantara Indonesia (PTDI), Airbus akan mengirimkan helikopter H145 versi lima bilah baling-baling ke PTDI. Setelah itu, PTDI akan mengelola proses perakitan ulang dan pemasangan perangkat misi serta pekerjaan kustomisasi lainnya di fasilitasnya di Bandung, Indonesia.

Kemudian nantinya akan diserahkan kepada TNI AU. Helikopter multimisi ini akan digunakan untuk pelatihan militer serta misi pencarian dan penyelamatan ringan.

Direktur Utama PT Dirgantara Indonesia (PTDI), Gita Amperiawan mengungkap, dengan kerja sama ini maka akan meningkatkan kemampuan PTDI dalam hal integrasi dan perakitan di fasilitas. “Kami yakin ini akan menciptakan peluang-peluang baru bagi pengembangan industri kedirgantaraan nasional,” ungkapnya.

Sementara itu, Head of Asia-Pacific Airbus Helicopters, Vincent Dubrule mengatakan, pesanan ini merupakan suatu kehormatan bagi Airbus. Dan berharap helikopter H145 akan memberikan dampak positif dalam meningkatkan pelatihan pilot militer Indonesia. Sekaligus menjadi alat yang penting untuk operasi pencarian dan penyelamatan.

“Dengan mitra terpercaya seperti PTDI, kami berharap ke depannya dapat terus bekerja sama untuk mendukung armada helikopter Indonesia,” ujar.

Baca Juga: Jupiter Aerobatic Team Tampilkan 14 Manuver di Pembukaan BIAS 2024

Baca Juga: Pertamina dan Airbus Jajaki Kerja Sama Pengembangan SAF di Indonesia

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya