TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Generasi Muda Berharap Tabanan Menjadi Kota Ramah Anak

Yuk, kita tagih janji-janji mereka nantinya!

Komang Gede Sanjaya-Made Dirga, dan Nyoman Mulyadi-Nyoman Ardika (IDNTimes/Wira Sanjiwani)

Tabanan, IDN Times - Saat ini calon kepala daerah sudah mendaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU) daerah masing-masing, dan sudah lolos tes kesehatan. Termasuk di wilayah Kabupaten Tabanan. Pada saat melakukan pendaftaran, pasangan calon (paslon) I Komang Gede Sanjaya dan I Made Dirga (Sanjaya-Dirga), beserta paslon I Nyoman Mulyadi dan I Nyoman Ardika (Mulyadi-Ardika), memberikan sedikit gambaran mengenai program yang akan mereka terapkan jika terpilih nanti.

Generasi muda Tabanan ternyata punya harapan sendiri mengenai program, yang nantinya akan diterapkan di Kabupaten Tabanan oleh kepala daerah terpilih.

1. Tabanan menjadi kota ramah anak

Siswa kelas XII Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Tabanan, Gede Bagus Dipta Triadi Putra, berharap kepala daerah terpilih nantinya memperhatikan hilirisasi wisata digital. Sebab ia masih sering melihat banyak objek wisata di Tabanan yang mempunyai potensi, namun tenggelam oleh wisata di luar Tabanan.

"Maka dari itu, saya berharap ada program pengenalan wisata digital agar parawisata di Tabanan semakin dikenal," ujarnya, Sabtu (7/9/2024).

Sebagai pelajar, ia juga berharap ada program belajar eksplorasi dan kejujuran. Untuk hal ini, perlu adanya pemerataan pendidikan yang tidak hanya terpusat di Kota Tabanan saja, tetapi harus meluas di seluruh wilayah Kabupaten Tabanan. Forum anak Tabanan juga perlu diberdayakan sebagai wadah anak usia dini untuk berkembang.

"Diharapkan Pemerintah Kabupaten Tabanan dapat bekerja sama dengan forum anak di Tabanan dalam memberantas kasus yang berkaitan dengan anak. Supaya anak lebih terlindungi, dan Tabanan bisa menjadi Kota layak anak," paparnya.

2. Memperbaiki infrastruktur yang ada di Tabanan

Sementara itu mahasiswa asal Tabanan, Kesawa Putra, lebih mengharapkan pemimpin yang lebih memperhatikan infrastruktur, terutama jalan. Sebab, menurutnya masih banyak jalan yang perlu diperbaiki oleh pemerintah.

"Diharapkan jalan-jalan yang saat ini masih rusak bisa diperbaiki," ujarnya.

Berita Terkini Lainnya