TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Jupiter Aerobatic Team Tampilkan 14 Manuver di Pembukaan BIAS 2024

Setiap manuver memiliki tantangannya tersendiri

Jupiter Aerobatic Team (IDN Times/Ayu Afria)

Badung, IDN Times - Bali International Airshow (BIAS) 2024 resmi dibuka pada 18 September 2024 pagi di South Apron, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai. Dalam kesempatan tersebut Tim Aerobatik Jupiter TNI AU membuka BIAS dengan manuver-manuvernya.

Leader Jupiter Aerobatic Team, Letkol Pnb Ferdian Habibi mengungkap, timnya menampilkan 14 macam manuver. Setiap manuver, kata dia, memiliki tantangannya tersendiri.

Untuk memaksimalkan kemampuan manuver mereka berlatih selama sebulan di Lanud Adisutjipto Yogyakarta. Tim ini menerbangkan 6 pesawat KT-1B Wongbee. Pesawat ini memiliki lebar sayap 10,6 meter dengan kecepatan tertinggi 350 knot (648,2 km/jam).

Untuk diketahui bahwa pesawat ini memiliki ciri khas berwarna merah dan putih, dilengkapi dengan generator asap dan akan melakukan formasi manuver-manuver rumit nan memukau di langit Bali. 

"Kita doakan ke depan Bali Airshow ini tetap eksis bisa dilaksanakan sekali setahun. Ataupun sekali dalam dua tahun," ungkapnya.

Dia juga mengaku senang karena bisa tampil perdana di event Airshow perdana Indonesia hari ini. Apalagi, pagelaran harir ini didukung dengan kondisi cuaca yang bagus.

Baca Juga: Tim Aerobatik Indonesia Unjuk Skill di Bali International Airshow

Berita Terkini Lainnya