5 Situasi yang Tidak Cocok untuk Split Bill

Jangan asal split bill, perhatikan dulu situasinya

Split bill alias membagi rata tagihan makanan di restoran memang terdengar praktis, dan adil. Tapi gak semua situasi cocok untuk split bill, lho.

Ada kalanya split bill malah bikin ribet, karena bisa bikin kamu atau teman-temanmu merasa gak nyaman, gak puas, atau gak sesuai. Ini dia lima situasi yang tidak cocok untuk melakukan split bill.

Baca Juga: 5 Cara Komunikasi dengan Orang Baru biar Peka

Baca Juga: 5 Cara Mendeteksi Bohong dalam Komunikasi

1. Saat ada perbedaan pesanan yang signifikan

5 Situasi yang Tidak Cocok untuk Split Billilustrasi berbincang (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Jika kamu hanya memesan salad dan minuman, sementara teman-temanmu memesan hidangan utama, makanan penutup, dan minuman beralkohol, maka split bill akan sangat merugikanmu. Kamu bisa merasa tidak adil karena harus membayar lebih dari yang seharusnya, atau merasa bersalah karena tidak bisa menikmati makanan sebanyak teman-temanmu.

Sebaliknya, teman-temanmu bisa merasa tidak enak hati karena membuat kamu membayar lebih, atau merasa tidak puas karena harus membayar lebih murah untuk makanan yang lebih mahal. Oleh karena itu, jika ada perbedaan pesanan signifikan, sebaiknya bayar sesuai dengan apa yang kamu pesan.

2. Saat ada perbedaan anggaran yang besar

5 Situasi yang Tidak Cocok untuk Split Billilustrasi berbincang (pexels.com/cottonbro studio)

Jika kamu memiliki anggaran yang terbatas, sementara teman-temanmu memiliki anggaran yang lebih longgar, maka split bill bisa membuatmu merasa tertekan atau malu. Kamu bisa merasa tertekan untuk mengikuti gaya hidup teman-teman yang lebih boros, atau malu karena tidak bisa mengimbangi mereka.

Sebaliknya, teman-temanmu bisa merasa tidak nyaman karena harus menyesuaikan diri dengan anggaran kamu yang lebih rendah, atau tidak peduli karena menganggap kamu bisa mengikuti mereka. Oleh karena itu, jika ada perbedaan anggaran besar, sebaiknya bicarakan terlebih dahulu dengan teman-temanmu tentang batasan-batasan yang kamu miliki, atau bayar sesuai dengan kemampuanmu.

3. Saat ada tujuan khusus dalam makan bersama

5 Situasi yang Tidak Cocok untuk Split Billilustrasi berbincang (unsplash.com/Priscilla Du Preez)

Jika kamu makan bersama dengan tujuan khusus, seperti merayakan ulang tahun, mengadakan kencan, atau melakukan pertemuan bisnis, maka split bill bisa menimbulkan kesalahpahaman atau kekecewaan. Jika merayakan ulang tahun, mungkin kamu berharap teman-teman akan mentraktirmu, atau setidaknya memberikan diskon. Jika kamu mengadakan kencan, mungkin kamu ingin menunjukkan kesopanan atau ketertarikan dengan membayar seluruh tagihan, atau setidaknya menawarkan untuk membayar lebih.

Jika kamu melakukan pertemuan bisnis, mungkin kamu ingin memberi kesan profesional atau menghormati mitra bisnismu dengan membayar seluruh tagihan, atau setidaknya menawarkan untuk membayar lebih.

Oleh karena itu, jika ada tujuan khusus dalam makan bersama, sebaiknya komunikasikan terlebih dahulu dengan pihak yang terlibat tentang siapa yang akan membayar, atau bayar sesuai dengan kesepakatan yang telah dibuat.

4. Saat ada perbedaan budaya atau kebiasaan

5 Situasi yang Tidak Cocok untuk Split Billilustrasi bersikap canggung (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Jika kamu makan bersama dengan orang-orang dari budaya atau kebiasaan yang berbeda, maka split bill bisa menimbulkan ketidaksenangan atau ketidaksesuaian. Jika kamu berasal dari budaya atau kebiasaan yang menganggap split bill sebagai hal wajar, mungkin bisa saja orang lain menganggapnya sebagai hal yang tidak sopan, tidak ramah, atau tidak hormat.

Ini berlaku juga untuk sebaliknya. Jika kamu merasa itu adalah hal yang tidak pantas, namun orang lain menganggap split bill sebagai hal yang praktis, adil, atau egaliter. Oleh karena itu, jika ada perbedaan budaya atau kebiasaan, sebaiknya pelajari terlebih dahulu tentang norma-norma atau etika-etika yang berlaku di tempat kamu makan. Atau, tanyakan kepada orang-orang yang kamu ajak makan tentang preferensi mereka.

5. Saat ada masalah teknis atau administratif

5 Situasi yang Tidak Cocok untuk Split Billilustrasi berbincang (pexels.com/cottonbro studio)

Jika kamu makan di restoran yang tidak memiliki sistem pembayaran yang memadai, atau tidak mau melayani permintaan split bill, maka split bill bisa menimbulkan masalah teknis atau administratif. Misalnya jika restoran tidak memiliki mesin kartu kredit, tidak memiliki aplikasi pembayaran online, atau tidak memiliki kembalian yang cukup, maka split bill bisa menyulitkan kamu dan teman-teman untuk membayar tagihan.

Jika restoran tidak mau memisahkan tagihan per orang, tidak mau memberi struk per pesanan, atau tidak mau memberi pelayanan yang baik, maka split bill bisa membuat kamu dan teman-teman merasa tidak dihargai atau tidak puas. Oleh karena itu, jika ada masalah teknis atau administratif, sebaiknya pilih restoran yang memiliki sistem pembayaran yang baik, atau minta restoran untuk mengakomodasi permintaan split bill kamu dengan sopan.

Nah, itu dia lima situasi yang gak cocok untuk melakukan split bill. Kalau pernah mengalami satu dari beberaa situasi di atas, mungkin kamu bisa berbagi pengalaman atau tipsnya di kolom komentar. Atau, kalau kamu punya situasi lain yang bikin split bill jadi ribet, kamu bisa berbagi juga. Semoga bermanfaat dan menghibur, ya!

Muhamad Aldifa Photo Community Writer Muhamad Aldifa

Menulis disaat senggang

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya