Comscore Tracker

5 Teknik Jitu Menguasai Vocabulary, Bermain Pakai Cue Cards

Bakal makin jago bahasa Inggris nih!

Aspek penting ketika kamu belajar bahasa Inggris adalah penguasaan vocabulary. Dasar dalam komunikasi, penulisan, maupun membaca teks bahasa Inggris adalah vocabulary. Karenanya, penting untuk tahu cara efektif dalam mempelajarinya.

Nah, teknik jitu yang bisa kamu coba lakukan adalah dengan bermain cue cards. Cara ini sangat ampuh untuk kamu, terutama jika ingin mendapatkan skor tinggi di tes kemampuan bahasa Inggris, lho.

Kamu cukup siapkan kertas, gunting, pensil atau bolpoin, dan buatlah cue cards sederhana. Selanjutnya, coba terapkan lima teknik jitu menguasai vocabulary di bawah ini ya!

Baca Juga: 12 Idiom Bahasa Inggris yang Unik, Jarang Diketahui

1. Memasangkan kata dengan sinonimnya

5 Teknik Jitu Menguasai Vocabulary, Bermain Pakai Cue Cardsilustrasi kosa kata dan sinonimnya (youtube.com/IELTS Advantage)

Kamu bisa mulai belajar vocabulary menggunakan cue cards dengan menuliskan kosa kata yang ingin kamu pelajari beserta sinonimnya. Nah, ada dua cara dalam memainkannya.

Cara pertama cukup gampang, kok. Kamu hanya perlu menuliskan kosa kata baru di lembar cue cards dan sinonimnya di lembar yang lain. Setelah terkumpul banyak kosa kata dan persamaan katanya, kamu bisa acak dan coba pasangkan keduanya. Setelah itu, kamu bisa cek di kamus atau catatan kamu apakah kedua cue cards yang kamu pasangkan memiliki arti yang sama atau tidak.

Cara kedua lebih gampang, lho. Kamu cukup menuliskan sinonimnya di balik kosa kata baru yang sudah kamu tulis di cue cards. Kemudian memainkannya dengan cara menebak vocabulary dari cue cards yang sudah kamu acak sebelumnya.

2. Menebak vocabulary dari pengertiannya

5 Teknik Jitu Menguasai Vocabulary, Bermain Pakai Cue Cardsilustrasi kosa kata dan pengertiannya (youtube.com/IELTS Advantage)

Selain dengan sinonim, kamu juga bisa memainkannya menggunakan arti atau pengertian kata. Cara memainkannya juga sama ketika kamu menggunakan sinonim. Pertama, kamu tuliskan pengertiannya di balik kosa kata yang sudah kamu tulis. Kemudian acak dan tebak kosa kata apa yang sesui adengan definisi yang kamu peroleh.

Selain itu, kamu juga bisa menuliskan pengertiannya di lembar cue cards yang lain. Lalu acak dan pasangkan dengan tepat antara kosa kata dan pengertiannya.

Nah, ada hal yang perlu kamu perhatikan. Jangan pernah menuliskan pengertian atau definisi di cue cards berisi terjemahan dari vocabulary yang sedang kamu pelajari. Tuliskan definisinya saja seperti kamu menuliskan definisi kata sesuai kamus besar bahasa Indonesia. Tuliskan semua pengertiannya dalam bahasa Inggris. Alhasil, ke depannya cara ini akan membuat kamu cepat menguasai banyak vocabulary.

3. Menggolongkan kosa kata berdasarkan jenisnya

5 Teknik Jitu Menguasai Vocabulary, Bermain Pakai Cue Cardsilustrasi menggolongkan kosa kata (youtube.com/IELTS Advantage)

Teknik ketiga ini cukup mudah. Cukup menggolongkan semua cue cards yang sudah kamu tulis. Caranya yaitu tuliskan kosa kata pada cue cards satu persatu, kemudian di balik kosa kata tersebut tuliskan kategori katanya. Apakah mereka tergolong noun, adverb, adjective atau verb.

Nah, kumpulkan semua cue cards yang sudah kamu tulis, kemudian acak dan golongkan berdasarkan jenis katanya. Pisahkan antara kata kerja, sifat, keterangan, dan kata benda. Setelah itu, kamu bisa cek hasilnya dengan melihat di balik cue cards yang sudah kamu tulis kategorinya. Jika masih belum benar semuanya, kamu bisa ulangi kembali sampai semuanya sesuai. 

4. Membuat kalimat sederhana dengan kosa kata dari beberapa cue cards secara acak

5 Teknik Jitu Menguasai Vocabulary, Bermain Pakai Cue Cardsilustrasi bermain cue cards (youtube.com/IELTS Advantage)

Cara lain untuk menguasai vocabulary yang kamu pelajari adalah membuat kata tersebut jadi aktif. Buatlah kalimat dari kata-kata yang sudah kamu pelajari.

Nah, kamu bisa terapkan dengan menggunakan cue cards. Caranya sangat mudah, cukup mengambil beberapa cue cards yang sudah kamu tulis kosa katanya secara acak, kemudian rangkai beberapa kalimat saja. 

Kamu bisa mencobanya dengan satu sampai dua kosa kata di cue cards. Jika sudah terbiasa, kamu bisa lakukan dengan menggunakan lebih banyak cue cards yang berisi kosa kata tersebut. 

5. Buatlah cerita dengan cue cards yang muncul secara acak

5 Teknik Jitu Menguasai Vocabulary, Bermain Pakai Cue Cardsilustrasi cue cards untuk bercerita (youtube.com/IELTS Advantage)

Selain membuat kalimat sederhana sampai kompleks dari cue cards,  kamu juga dianjurkan untuk bercerita dengan menggunakan cue cards yang sudah kamu acak. Kamu bisa mengambil satu atau dua cue cards dan mulai bercerita tentang apapun. Kamu bisa bercerita hal yang kamu sukai, mulai dari hal sederhana sampai hal yang kompleks.

Pastikan ketika kamu bercerita, kosa kata di cue cards harus disebutkan. Selain bisa membuat kamu lancar dalam skills speaking, kamu juga akan punya ingatan yang kuat tentang vocabulary tersebut.

Nah, itulah ima teknik jitu yang bisa kamu terapkan biar semakin menguasai vocabulary. Tidak perlu terlalu lama dalam memainkannya ya, terpenting rutin setiap hari. Selamat bermain sambil belajar, ya!

Norman Wijaya Photo Community Writer Norman Wijaya

Semakin kreatif dan informatif! @norman_wijaya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya