Comscore Tracker

Ingat! 5 Peraturan Tak Tertulis di Kantor ini Memengaruhi Kariermu Lho

Nasib kariermu ditentukan sama peraturan ini

Artikel ditulis oleh: Sandinugraha, Community IDN Times

Biasanya di kantor atau tempat kerja akan ada saja peraturan atau tata tertib yang harus dipatuhi oleh semua orang. Hal tersebut dilakukan supaya terciptanya suasana kantor atau tempat kerja yang nyaman dan aman.

Selain yang tertulis, di tempat kerja juga memberlakukan beberapa peraturan yang tidak tertulis juga lho. Nah, hal inilah yang harus kamu pahami, supaya tidak memengaruhi nasib karier kamu di sana. 

Seperti apa sih bentuk peraturan yang tidak tertulis tersebut? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

1. Menjaga penampilan agar selalu tampil sopan

Ingat! 5 Peraturan Tak Tertulis di Kantor ini Memengaruhi Kariermu Lhopexels.com/Marily Torres

Hal pertama adalah mengenai penampilan. Memang ada beberapa perusahaan yang mengatur pakaian yang harus kamu pakai setiap harinya. Tetapi tidak sedikit pula ada beberapa perusahaan yang membebaskan kamu dalam hal berpakaian.

Meskipun bebas, bukan berarti kamu seenaknya saja dalam berpenampilan. Gunakanlah pakaian yang nyaman tetapi tetap sopan. Yakin deh, perusahaan juga akan menilai kamu kurang baik jika penampilanmu seenaknya saja.

2. Kantor bukanlah tempat bermain dan menggosip

Ingat! 5 Peraturan Tak Tertulis di Kantor ini Memengaruhi Kariermu Lhopexels.com/rawpixel.com

Kantor sudah jelas sekali bukan tempat untuk bermain atau menggosip untuk membicarakan kejelekan orang lain. Jika kamu bermain-main dengan rekan kerja di saat waktu istirahat, itu sah-sah saja.

Tetapi hal tersebut jangan pernah kamu lakukan di saat jam kerja. Kamu harus bisa profesional mulai sekarang. Kapan waktu untuk bekerja, dan kapan waktu untuk bermain.

3. Kamu harus selalu siap siaga saat berada di kantor

Ingat! 5 Peraturan Tak Tertulis di Kantor ini Memengaruhi Kariermu Lhopexels.com/Tim Gouw

Jika berada di kantor saat jam kerja, kamu harus siap siaga jika mendapatkan pekerjaan tambahan. Biasanya pekerjaan tambahan ini akan diberikan secara mendadak. Meskipun begitu, kamu harus tetap bisa menjalani tugas tersebut. Karena itu masih masuk dalam jam kerja kamu.

4. Gaji dan bonus merupakan hal yang sangat dilarang dibicarakan dengan rekan kerja

Ingat! 5 Peraturan Tak Tertulis di Kantor ini Memengaruhi Kariermu Lhopexels.com/rawpixel.com

Kamu sering membicarakan angka gaji atau bonus dengan sesama rekan kerja? Mulai dari sekarang, mulailah untuk tidak membicarakan hal tersebut. Karena jika perusahaan mengetahuinya akan menjadi sebuah masalah lho, guys.

Jika gaji kamu cukup besar, harus patut bersyukur. Tapi bila gaji kamu kurang, jangan sekali-kali membicarakan hal tersebut kepada rekan kerja ya. Daripada kamu melakukan hal tersebut, lebih baik kamu berbicara saja langsung kepada pimpinan.

5. Datang sebelum dan sesudah pimpinan pulang

Ingat! 5 Peraturan Tak Tertulis di Kantor ini Memengaruhi Kariermu Lhopexels.com/Marc Mueller

Peraturan yang tidak tertulis selanjutnya adalah datang sebelum dan sesudah pemimpin pulang. Hal ini harus dilakukan karena ternyata bisa membuat pemimpin lebih memerhatikan kamu lho. Peraturan seperti ini bukan bermaksud 'cari muka'. Tetapi ini juga merupakan sikap sopan kamu kepada pemimpin.

Tetapi jika pemimpin sedang lembur dan pekerjaanmu sudah selesai, peraturan ini sepertinya tidak berlaku.

Itulah beberapa peraturan yang tidak tertulis yang harus kamu patuhi. Kira-kira apa lagi peraturan di tempat kerja yang tak tertulis lainnya? Yuk, diskusi di kolom komentar.

sandinugraha Photo Community Writer sandinugraha

Kepoin aja dulu, Siapa tahu jodoh

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya