Comscore Tracker

10 Lagu Indonesia yang Cocok Buat Self Healing, Bikin Rileks

Wajib dengerin buat temani waktu istirahatmu

Mendengarkan lagu biasanya menjadi pilihan banyak orang untuk menghilangkan stres, hingga memperbaiki mood yang sedang gak baik-baik saja. Tubuh dan pikiran terasa lebih rileks jika mendengarkan lagu favorit.

Nah, bagi kamu yang sedang lelah dan berada di titik jenuh dalam hidup jangan putus asa, ya! Cobalah mengambil waktu untuk "self healing" atau bangkit dari luka batin yang sedang kamu alami. Yuk simak 10 lagu Indonesia yang cocok buat self healing. Alunan musiknya lembut dan lirik lagu yang sangat relate dengan kehidupan, bisa bikin tenang. 

Baca Juga: 5 Lagu Thailand Ini Dapat Memperbaiki Suasana Hati

1. Untuk Hati Yang Terluka - Isyana Saravati

https://www.youtube.com/embed/lu1b04XPQv0

"Jika kau tak dapatkan yang kau impikan

Bukan berarti kau telah usai

Jika kau tak dapatkan yang kau impikan

Bukan berarti kau telah usai"

Itulah sedikit penggalan lirik dari lagu "Untuk Hati Yang Terluka", ciptaan dan dinyanyikan oleh Isyana Saravati.  dan rilis pada tahun 2019. Dari lirik lagu tersebut terlihat
Isyana ingin mengatakan kepada semua orang aga segera bangkit dari keterpurukan. Seandainya impian itu belum tercapai, bukan berarti hidupmu akan berakhir.

Baca Juga: Menguak Lokasi Syuting Ticket to Paradise, Benarkah di Bali?

2. Manusia Kuat - Tulus

https://www.youtube.com/embed/f-fEeF12FH4

"Kau bisa patahkan kakiku

Tapi tidak mimpi-mimpiku

Kau bisa lumpuhkan tanganku

Tapi tidak mimpi-mimpiku

Kau bisa merebut senyumku

Tapi sungguh tak akan lama

Kau bisa merobek hatiku

Tapi aku tahu obatnya"

Dari awal lirik lagunya saja sudah tersirat makna yang sangat dalam. Lagu berjudul "Manusia Kuat" yang dinyanyikan oleh Tulus dalam album Monokrom ini, dirilis pada tahun 2016.

Lagu ini mengandung makna, bahwa orang lain gak bisa menghentikan impianmu. Hal ini tentu benar adanya, karena manusia yang kuat gak akan membiarkan orang lain untuk menghancurkan impiannya.

3. Bertaut - Nadin Amizah

https://www.youtube.com/embed/HyhLsy6b0XI

Berikutnya ada lagu "Bertaut" yang dinyanyikan oleh Nadin Amizah dan rilis pada 2020. Lagu dengan iringan musik yang menenangkan ini mengandung ikatan batin yang kuat antara seorang ibu dan anak. Lirik lagunya menggambarkan ungkapan seorang anak tentang perasaan selama hidupnya. Artinya, ibu adalah orang yang bisa kamu ajak bicara jika menghadapi kesulitan. Meskipun belum tentu mendapatkan solusi, namun kehadiran ibu dapat menenangkanmu di kala kesulitan.

4. Pelukku Untuk Pelikmu - Fiersa Besari

https://www.youtube.com/embed/dUoU9I4zD3U

"Kadang kala tak mengapa

Untuk tak baik baik saja

Kita hanyalah manusia

Wajar jika tak sempurna

Saat kau merasa gundah

Lihat hatimu percayalah

Segala sesuatu yang pelik

Bisa diringankan dengan peluk"

Dari penggalan lirik lagu yang diciptakan dan dinyanyikan oleh Fiersa Besari tersebut menceritakan tentang seorang pasangan yang meyakinkan kamu, bahwa sebagai manusia wajar jika merasa tidak baik-baik saja. Namun setelah itu, kamu harus menyadari untuk kembali bangkit. Apabila butuh ketenangan, pasanganmu akan selalu ada di sisi.

5. Runtuh - Feby Putri feat. Fiersa Besari

https://www.youtube.com/embed/YrtS8MESh0I

Lagu "Runtuh" ini mungkin bisa mewakili perasaanmu yang seringkali berusaha tertawa untuk menutupi kesedihan. Lagu ini menyiratkan kehidupan seseorang yang terluka.

Lagu yang dinyanyikan oleh Feby Putri dan Fiersa Besari ini juga memberi tahu, bahwa tak apa jika kamu ingin menangis. Jangan keseringan membohongi diri dengan berpura-pura tertawa. Seperti lirik lagu berikut ini.

"Kita hanyalah manusia yang terluka

Terbiasa tuk pura pura tertawa

Namun bolehkah skali saja ku menangis

Ku tak ingin lagi membohongi diri

Ku ingin belajar menerima diri."

6. Yang Patah Tumbuh, Yang Hilang Berganti - Banda Neira

https://www.youtube.com/embed/fY8L4K30hDw

Selanjutnya ada lagu yang memiliki alunan musik lembut dan suara merdu dari penyanyinya, "Yang Patah Tumbu, Yang Hilang Berganti".  Lagu yang dinyanyikan oleh Banda Neira ini dirilis pada tahun 2016.

Lagunya mengandung makna, bahwa ketika merasa kebingungan dengan tujuan hidup dan kehilangan arah akibat masa lalu yang pahit, kamu gak boleh terus meratapinya. Kamu harus bangkit dari keterpurukan, karena akan selalu ada harapan dan kesempatan untuk kehidupan yang lebih baik.

7. Beranjak Dewasa - Nadin Amizah

https://www.youtube.com/embed/t17xjn2UD3s

Selain "Bertaut", lagu berjudul "Beranjak Dewasa" ini juga dipopulerkan oleh Nadin Amizah. Inti dari lagu ini menceritakan tentang proses pendewasaan diri.

Terkadang masalah atau pengalaman pahit dapat mendewasakan seseorang lebih awal dari semestinya. Dewasa tidak dapat diukur dari segi usia, melainkan bagaimana ia menghadapi cobaan hidup dan sanggup menyelesaikannya.

8. Tenang - Yura Yunita

https://www.youtube.com/embed/hoZEi4zina4

Lagu berjudul "Tenang" dan dirilis menjelang bulan Ramadan 2021 ini, diciptakan sekaligus dinyanyikan oleh Yura Yunita. Lagu ini menyiratkan kegundahan di malam hari, namun gak bisa bercerita kepada orang lain. Sehingga dia memilih berdoa kepada Sang Pencipta untuk menenangkan diri. Seperti liriknya berikut ini.

"Dialog dini hari

Resah gelisah mengiringi

Berharap ada yang mengerti

Berharap kau ada di sini

Tenang, tenang yang tak kunjung datang

Menanti-nanti cahaya-Mu, beri aku petunjuk-Mu

Tenang, tenang, oh, datanglah tenang hari ini."

9. Rehat - Kunto Aji

https://www.youtube.com/embed/yNcGtKAacts

Seperti judulnya "Rehat", lagu yang dinyanyikan oleh Kunto Aji ini menyiratkan kehidupan yang terlalu sering overthinking. Apalagi jika sudah berada di titik terendah, yang gak jarang membuat seseorang merasa terpuruk.

Namun lagu ini mengajak kamu untuk rehat sejenak dari masalah kehidupan yang gak ada habisnya. Karena sekuat tenaga usahamu, hasilnya serahkan kembali kepada-Nya dan biarkan alam semesta yang bekerja.

10. Secukupnya - Hindia

https://www.youtube.com/embed/DydcU_2m6Vs

Kalau pernah menonton film "Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini" pasti sudah gak asing dengan original soundtrack yang berjudul "Secukupnya". Lagu yang dipopulerkan oleh Hindia ini menjadi pengingat, bahwa kamu boleh bersedih secukupnya saja.

Sebagai manusia pasti pernah menghadapi konflik atau merasakan kegagalan yang hampir membuat diri terpuruk. Namun lagu ini mengingatkan kamu untuk belajar menikmati prosesnya.

Itulah lagu Indonesia yang cocok buat self healing. Intinya, semua lagunya menggambarkan tentang kehidupan yang rumit dan bikin kamu overthinking. Namun di balik itu semua, lagu ini juga mengajarkan kamu untuk beristirahat sejenak, menerima dan mengikhlaskan, lalu setelah itu bangkitlah. Tetap semangat ya, badai pasti berlalu!

Vera Yunii Photo Community Writer Vera Yunii

Senang menulis untuk berbagi informasi :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya