Comscore Tracker

Pesona Putu Ayu Saraswati di KTT G20, Sempat Grogi

Emang keren nih, mbok Ayu Saraswati

Perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi Group of Twenty (KTT G20) telah selesai, namun ada saja beberapa hal yang menarik untuk disimak. Satu di antaranya seorang perempuan yang menarik perhatian publik ketika para kepala negara mengunjungi Taman Hutan Raya Ngurah Rai, Kota Denpasar, Rabu (16/11/2022).

Ia adalah Putu Ayu Saraswati yang mendapat tugas sebagai pemandu kepala negara selama mengelilingi hutan mangrove tersebut. Ayu Saraswati terlihat lugas memberikan penjelasan kepada para kepala negara.

Baca Juga: 5 Hal Unik di KTT G20 Bali, Ada Modifikasi Cuaca

Baca Juga: Cerita Rider di Ring 1 KTT G20 Antar Paspampres

1. Memiliki darah blasteran Bali-Taiwan

Ayu Saraswati lahir pada 6 Juli 1997 di Kota Denpasar. Ia lahir dari seorang ayah berdarah Bali dan ibu keturunan Taiwan. Orangtuanya bergelut dalam dunia medis, sehingga membawa Ayu Saraswati ikut mendalami dunia ini.

Ia alumni Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana (Unud) yang mendapat gelar Master of Medical Science.

2. Pernah menjadi Jegeg Bagus Bali tahun 2015

Ayu Saraswati mengawali karier di kontes kecantikan dengan mengikuti pemilihan Jegeg Bagus Bali pada tahun 2015. Ayu Saraswati kala itu menjadi Duta Jegeg Kota Denpasar.

Ia berhasil menjadi pemenang dalam final pemilihan Jegeg Bagus Bali tahun 2015 bersama I Made Pasek Suwarbawa sebagai Duta Bagus Kabupaten Gianyar. Pada penyelenggaraan pemilihan Jegeg Bagus Bali ke-11 tersebut, mereka berhasil menyisihkan 16 peserta lainnya.

3. Menjadi runner up pertama Puteri Indonesia 2020

Lima tahun setelah menjadi Jegeg Bagus Bali, Ayu Saraswati mengikuti pemilihan Puteri Indonesia pada tahun 2020 mewakili Bali. Dalam pemilihan tersebut, ia berhasil menjadi pemenang runner up pertama. Puteri Indonesia saat itu diraih oleh Rr Ayu Maulida Putri, dan runner up kedua diraih oleh Jihane Almira Chedid.

Sebagai runner up pertama, maka ia mengemban tanggung jawab sebagai Puteri Indonesia Lingkungan 2020. Ayu Saraswati juga berkesempatan mengikuti ajang kecantikan internasional, Miss Internasional 2020. Namun karena pandemik COVID-19, ia batal mengikuti ajang tersebut.

4. Suka olahraga yoga dan penyayang hewan

Dalam beberapa unggahan di Instagram miliknya, ia terlihat rutin olahraga yoga. Tentu saja hal ini ia lakukan untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh. Karena seperti kita ketahui, yoga memiliki banyak manfaat bagi tubuh dan ketenangan pikiran.

Ia juga terlihat sebagai penyayang hewan. Dalam satu postingan di Instagram 5 Januari 2021, Ayu nampak memberikan makanan untuk anjing-anjing liar.

5. Sempat berbincang bersama Joe Biden

https://www.youtube.com/embed/m-UHd8ZX96Q

Ayu Saraswati menceritakan pengalamannya saat memandu para kepala negara di hutan mangrove. Dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Ayu mengungkapkan saking groginya, ia harus menggambar icon senyum di catatan yang ia bawa, agar tidak lupa untuk senyum pada saat berbicara di hadapan tamu VVIP tersebut.

Ia mengaku senang dan merasa terhormat berdiri di depan para pemimpin dunia. Satu pengalaman uniknya adalah ketika berada di area hutan mangrove, sinyal wireless dari perangkat audionya sempat kurang lancar.

"Presiden Joe Biden sempat berbicara kepada, saya yang mengatakan sound system-nya sangat bagus. Saya pun membalasnya dengan mengucapkan ya Pak, kami berusaha memberikan yang terbaik," kata Ayu Saraswati.

Wah, mantap nih mbok Ayu Saraswati. Semangat terus ya. Selalu tebarkan kebaikan Pulau Bali untuk dunia ya. Rahayu mbok!

ari budiadnyana Photo Community Writer ari budiadnyana

Menulis dengan senang hati

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya