TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kamu Boleh Makan Malam Sebelum Tidur, Asalkan Perhatikan Ini

Gak ada larangan kok, guys

Avogel.co.uk

Kebanyakan orang menghindari makan malam sebelum tidur karena khawatir berat badannya naik. Ada juga orang yang makan malam tetapi berat badannya tidak berubah. Lantas apakah makan malam bisa bikin berat badan naik? Berikut ulasannya. 

1. Belum tentu makan sebelum tidur menyebabkan berat badan naik

Menimbang berat badan (IDN Times/Nurulia R. Fitri)

Makan malam sebelum tidur tidak menjamin berat badannya akan naik. Hal ini disebutkan oleh penulis buku 30-Minute Weight Loss Cookbook sekaligus seorang ahli gizi, Mandy Enright MS RDN RYT. Menurutnya, kondisi itu tergantung dari jenis dan jumlah yang kita makan daripada kapan waktu makannya, dilansir The Healthy.

Akan tetapi, konsep tersebut sudah telanjur beredar luas. Seorang ahli gizi di Texas, Amerika Serikat (AS), Jennifer Fiske, juga menyebutkan makan sebelum tidur sering dikaitkan oleh kurangnya pengendalian diri dan kebiasaan makan junk food.

2. Berat badan juga dipengaruhi oleh tingkat stres dan lainnya

freepik.com/master1305

Pemilik Sound Bites Nutrition sekaligus Ahli Diet, Lisa Andrews MEd RD LD, mengatakan ada sebuah penelitian baru (Dikenal sebagai chrono-nutrition) yang menggeser anggapan tentang kalori masuk vs kalori keluar. Penelitian baru tersebut justru menemukan bukti ilmiah lain, bahwa berat badan juga dipengaruhi oleh tingkat stres, hormon, faktor genetik, dan lainnya. Selain itu, mengubah waktu makan dapat mengontrol kadar gula dan berat badan.

Baca Juga: Tanda-tanda Anak yang Cenderung Jadi Psikopat, Orangtua Wajib Tahu!

Berita Terkini Lainnya