Comscore Tracker

Tanda-tanda Anak yang Cenderung Jadi Psikopat, Orangtua Wajib Tahu!

Tak punya rasa bersalah setelah melakukan hal buruk

Masyarakat Indonesia dikejutkan oleh kasus pembunuhan yang dilakukan oleh seorang gadis berinisial NF (15) kepada balita, yang merupakan tetangganya sendiri. Ia menyerahkan diri kepada polisi, Jumat (6/3) lalu. Motifnya masih belum diketahui, namun NF mengaku dirinya terinspirasi dari film horor Chucky dan Slenderman

Menurut pendapat polisi, NF mengalami gangguan psikologis dan kecenderungan psikopat sehingga melampiaskannya kepada balita tersebut. Sebab polisi menemukan catatan pelaku yang dinilai tidak biasa ditulis oleh seorang remaja 15 tahun. NF juga mengaku tidak merasa bersalah dan puas karena telah menghabisi korbannya.

Berkaca dari kasus ini, sebaiknya kita harus memahami kecenderungan sifat psikopat seseorang anak. Seperti apa tanda-tanda anak yang cenderung bisa jadi psikopat? Berikut ulasannya:

1. Tidak merasa bersalah setelah melakukan hal buruk

Tanda-tanda Anak yang Cenderung Jadi Psikopat, Orangtua Wajib Tahu!

Anak kecil umumnya memiliki jiwa yang masih murni, belum dinodai oleh kejahatan apa pun. Biasanya seorang akan merasa bersalah ketika melakukan perbuatan yang buruk, terlebih lagi setelah mendapatkan hukuman dari guru dan orangtuanya. Namun hal ini tidak berlaku pada anak yang punya sifat psikopat.

Dilansir dari Bright Side, mereka menikmati perbuatan tersebut dan menikmati konsekuensi yang didapatkannya. Tak seperti anak lain yang akan menangis, mereka akan terlihat tenang dan tidak melawan. Namun itulah yang seharusnya membuat kita sadar atas sikapnya.

2. Ia percaya diri ketika berbohong

Tanda-tanda Anak yang Cenderung Jadi Psikopat, Orangtua Wajib Tahu!netdna-ssl.com

Selanjutnya adalah kemahiran dia ketika berbohong. Umumnya kita akan tahu ketika anak kecil sedang berbohong. Sebab alasan mereka berbohong karena takut dimarahi atau dihukum. 

Namun tidak untuk anak yang punya kecenderungan psikopat. Mereka sering kali lancar berbohong tanpa alasan, dan tanpa penyesalan. Sebaliknya, anak yang seperti itu justru terlihat percaya diri ketika melontarkan kebohongannya.

3. Cenderung temperamental. Apalagi ketika kebohongannya diketahui oleh orang lain

Tanda-tanda Anak yang Cenderung Jadi Psikopat, Orangtua Wajib Tahu!melissalamoureuxlmft.com

Ciri berikutnya adalah temperamental. Ia akan sering berteriak, marah, dan histeris. Gejala ini terjadi ketika kebohongannya terungkap. Sebab ada hal yang ia sembunyikan justru diketahui oleh orang sekitar, atau saat dilarang melakukan sesuatu.

“Mereka akan melakukan hal yang baik untukmu selama lima menit, tapi hal ini tidak akan bertahan lama. Jika kamu melakukan sesuatu yang tidak disukainya, ia akan kehilangan kontrol secara cepat dan menjadi sangat marah,” kata Profesor Stephen Scott dari Institute of Psychiatry King’s College London kepada BBC Radio

4. Kagum akan hal tertentu seperti fiom hingga game

Tanda-tanda Anak yang Cenderung Jadi Psikopat, Orangtua Wajib Tahu!funnewjersey.com

Masih dari sumber yang sama, Scott menambahkan, biasanya anak dengan kecenderungan psikopat tertarik atau kagum dengan hal tertentu. Misalnya film, teknologi, game, atau lainnya. Kekaguman itu akan tumbuh secara dalam, sampai batas yang tidak wajar, hingga seakan mereka terobsesi dengannya.

Baca Juga: 7 Alasan Psikopat Cenderung Terlihat Menarik, Kelihatannya Normal

5. Suka menyiksa hewan, entah melemparnya hingga menusuk pakai pisau

Tanda-tanda Anak yang Cenderung Jadi Psikopat, Orangtua Wajib Tahu!nbcnews.com

Jika umumnya tertarik pada hewan, ternyata tidak akan berlaku pada anak yang cenderung psikopat. Namun dengan konotasi yang berbeda. Matanya akan berbinar-binar ketika melihat hewan. Bukan karena merasa gemas, melainkan karena senang menemukan target baru untuk disiksa.

Mereka akan melampiaskan kemarahannya kepada hewan. Entah melempar, mencekik, atau bahkan membunuh dengan alat seperti pisau. Penyiksaan seperti itu mencerminkan bagaimana tindakan mereka kepada korbannya.

Menurut laporan dari The Atlantic, mereka akan mempraktikkan tindakannya pada boneka jika tidak ada hewan untuk disakiti. Ini adalah ciri psikopat yang sangat umum, mengingat hampir semua psikopat melakukannya.

6. Tidak punya rasa empati. Kecenderungan seperti ini bisa dilihat ketika ia berusia dua tahun

Tanda-tanda Anak yang Cenderung Jadi Psikopat, Orangtua Wajib Tahu!hdnux.com

Orang normal dan yang punya kecenderungan psikopat bisa dilihat dari empatinya. Menurut laman Very Well Health, perbedaan tersebut bisa diamati sejak seseorang masih berusia dua tahun.

Anak yang memiliki kecenderungan psikopat tak ragu bersifat kejam, dan tidak punya rasa kesian kepada orang atau makhluk lain. Itulah kenapa mereka sering dijuluki orang yang tidak punya perasaan.

Menurut Telegraph.co.uk, hal itu terjadi karena perbedaan pada anatomi amygdala, bagian otak yang memproses emosi. Pada anak yang psikopat, area tersebut tidak berkembang. Tidak paham apa yang terjadi, hanya saja ia tidak peduli.

7. Biasanya egoismenya tinggi

Tanda-tanda Anak yang Cenderung Jadi Psikopat, Orangtua Wajib Tahu!youngparents.com.sg

Tanda terakhir jiwa egoismenya tinggi. Hal ini memang cukup sulit untuk dideteksi. Mengingat anak-anak terkadang bersikap egois. Namun kamu akan melihat perbedaannya ketika berhadapan dengan anak yang punya kecenderungan psikopat.

Sifat egois yang ditunjukkannya adalah tidak mau berbagi, ingin menang sendiri, dan menghalalkan segala cara untuk mencapai keinginan. Mereka bahkan tidak peduli dampak dari tindakannya tersebut terhadap orang lain.

Itu dia tanda-tanda anak yang bisa jadi psikopat. Tetapi ingat ya, begitu ada tanda-tanda yang disebutkan di atas, kamu tidak langsung melabelinya sebagai anak psikopat. Karena anak-anak masih mencoba memahami tentang dunia.

Kalau merasa gejala tersebut semakin parah, sebaiknya konsultasikan pada ahli kejiwaan seperti psikolog atau psikiater.

Baca Juga: Cara Didik Anak Seperti Ini Bisa Membentuknya Jadi Seorang Psikopat

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya