TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

UMKM Bali Dapat Berkah dari BRI Liga 1 Indonesia

Omzet UMKM perlahan naik nih!

Tim Bali United. (Instagram.com/baliunitedfc)

Gianyar, IDN Times – Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mendapat berkah dari terselenggaranya BRI Liga 1 seri keempat di Bali. Bali sendiri menjadi tuan rumah ajang sepak bola paling bergengsi di Indonesia. Antusiasme para pencinta sepak bola membuat geliat UMKM turut meningkat.

Hal ini diungkapkan oleh Wakil Direktur Utama BRI, Catur Budi Harto, dalam rilis yang diterima oleh IDN Times, Minggu (16/1/2022).

Baca Juga: Jersey Baru Bali United Bermotif Tie Dye, Terinspirasi Kaus Barong

1. Bali United Cafe beroperasional kembali

Bali United Cafe di Gianyar. (Instagram.com/baliunitedcafe)

Catur menjelaskan, masyarakat menyambut positif ajang ini. Momen ini menstimulasi berbagai pelaku, tidak hanya di industri sepak bola, tetapi juga UMKM di Bali ikut bangkit. Portofolio kredit UMKM BRI melampaui 80 persen dari total kredit.

Pelaku ekonomi di Bali yang mengalami dampak positif dari BRI Liga 1 ini adalah Bali United Cafe di Stadion I Wayan Dipta, Kabupaten Gianyar. Kafe ini tutup selama 1,5 tahun akibat pandemik. Namun sekarang kembali beroperasi seiring antusiasme masyarakat terhadap penyelenggaran liga di Bali.

“Masyarakat Indonesia memiliki kecintaan yang besar terhadap sepak bola. Maka dari itu, BRI senantiasa hadir mendukung perhelatan sepak bola karena kami melihat banyak sekali dampak positif yang timbul,” kata Catur.

Baca Juga: 5 Fakta Pemain Baru Bali United, Ada irfan Jaya

2. Kunjungan ke kafe melonjak 75 persen

Bali United Cafe di Gianyar. (Instagram.com/baliunitedcafe)

Lima belas pekerja di Bali United Cafe kembali bekerja sejak Liga Indonesia digelar di Bali. Padahal mereka sebelumnya dirumahkan akibat pandemik. Hasilnya, kunjungan di kafe melonjak hingga 75 persen. Kafenya berhasil membukukan omzet Rp8 juta per hari pada weekdays dan Rp10 juta saat weekend

"Kami senang dengan adanya Liga 1 yang disponsori oleh BRI, karena ini akan turut membantu bangkitnya sektor pariwisata Bali. Contohnya, dengan terisinya hotel-hotel dengan kehadiran tim BRI Liga 1. Kami pun jadi bisa membuka kembali Bali United Cafe, dan memperkerjakan karyawan yang sudah lama dirumahkan,” ujar Supervisor Bali United Cafe, Daniel Rinekso.

Selain pengunjung dan komunitas, para pemain BRI Liga 1 menyempatkan diri ke kafe setelah berlatih. Daniel berharap, situasi pandemik COVID-19 bisa terus terjaga, dan masyarakat tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan agar tidak ada lagi pembatasan kegiatan.

Berita Terkini Lainnya