Comscore Tracker

7 Tips Packing Koper Biar Gak Ribet Liburanmu

Bukannya menikmati liburan, malah bete karena barang bawaan

Liburan menjadi momen yang menyenangkan bagi hampir semua orang. Sebab liburan dapat melupakan sejenak dari kesibukan yang bikin kamu pusing. Namun liburan yang menyenangkan, tentu juga harus dipersiapkan dengan baik. Termasuk menyiapkan barang-barang yang akan kamu bawa.

Berikut ini 7 tips packing koper biar gak ribet liburanmu. Yuk simak selengkapnya sampai habis!

Baca Juga: 5 Cara Menabung Untuk Traveling, Biar Gak Boros

1. Membuat list barang yang akan dibawa

7 Tips Packing Koper Biar Gak Ribet Liburanmuilustrasi orang mencatat list barang untuk packing (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Sebelum packing, lebih baik bikin list barang apa saja yang akan dibawa. Ingat, tulis list barang-barang yang diperlukan saja. Hal ini untuk menghindari overpacking supaya kamu gak kesulitan menata dan membawa koper.

Kebanyakan orang terlalu bersemangat ingin cepat liburan tanpa memikirkan barang-barang yang akan dibawa.

2. Lipat pakaian secara rapi

7 Tips Packing Koper Biar Gak Ribet Liburanmuilustrasi orang melipat baju untuk packing (pexels.com/Vlada Karpovich)

Lipatlah pakaian yang kamu bawa secara rapi. Agar kamu gak kesulitan ketika mencari barang di koper begitu tiba di lokasi liburan. Tata lalu rapikan kembali barangmu ketika sudah selesai digunakan, dan masukkan ke dalam koper seperti semula.

Kebiasaan sederhana ini akan membiasakan kamu untuk memilah pakaian yang harus dibawa dan mana yang tidak diperlukan. Melipat baju juga untuk menyisakan ruangan yang cukup di dalam koper.

3. Tidak membawa botol besar

7 Tips Packing Koper Biar Gak Ribet Liburanmuilustrasi orang packing (pexels.com/Ivan Samkov)

Bawalah kemasan travel size misalnya sampo, sabun cair, lotion, parfum. Gantilah menggunakan kemasan kecil yang akan mengurangi beban muatan di kopermu.

Membawa kemasan full size hanya akan memakan tempat, dan tidak sayang jika seandainya ketinggalan di lokasi wisata.

Hal itu berlaku pula untuk kemasan botol lainnya seperti minuman suplemen atau sejenisnya. Tetap gunakan kemasan kecil untuk menghindari pemborosan pemakaian ruang di kopermu.

4. Minimalisir membawa banyak sepatu

7 Tips Packing Koper Biar Gak Ribet Liburanmuilustrasi orang packing untuk liburan (pexels.com/Vlada Karpovich)

Membawa banyak sepatu akan membuat kopermu menjadi penuh dan berat. Karena sepatu tidak dapat dilipat. Bawalah sepatu dalam jumlah wajar, minimum, dan yang hanya diperlukan saja. Jadi sebaiknya bawalah satu hingga dua pasang sepatu untuk perjalanan liburanmu.

5. Menyisakan ruang kosong

7 Tips Packing Koper Biar Gak Ribet Liburanmuilustrasi orang packing barang di koper (pexels.com/Vlada Karpovich)

Setelah semua daftar barang kamu masukkan ke dalam koper, jangan lupa untuk menyisakan ruang kosong ya. Tujuannya untuk menyisakan ruang jika kamu membeli oleh-oleh dan sejenisnya.

Dengan begitu, kamu tidak perlu lagi menambah atau membeli tas lain untuk memasukkan barang-barang belanjaan.

6. Hindari packing pada last minutes

7 Tips Packing Koper Biar Gak Ribet Liburanmuilustrasi packing last minutes (pexels.com/Vlada Karpovich)

Hindari melakukan packing pada last minutes. Karena kamu tidak memiliki banyak waktu untuk melipat barang-barang bawaan, dan membuat kondisi barang di koper menjadi tidak rapi. Melakukan packing dalam keadaan terburu-buru akan membuatmu membawa barang-barang yang tidak diperlukan dan berakibat overpack, serta kemungkinan underpack karena kelupaan membawa barang-barang penting.

Apalagi kalau travelling dalam waktu lama, maka harus dipersiapkan, ya! Sediakan waktu khusus untuk packing sebelum kamu bepergian.

7. Jangan lupa membawa laundry bag

7 Tips Packing Koper Biar Gak Ribet Liburanmuilustrasi packing membawa laundry bag (pexels.com/Timur Weber)

Kelihatannya sederhana, tetapi ini sangat perlu ya. Sebab kamu gak mungkin mencuci pakaian yang kotor selama liburan, kan? Laundry bag digunakan untuk memisahkan antara pakaian kotor dan yang masih bersih. Jadi pakaian bersih yang akan kamu pakai tidak berbau.

Itulah tadi tujuh tips packing koper biar gak ribet liburanmu. Jangan sampai liburanmu jadi panik karena membawa banyak barang atau malah ketinggalan.

Eka Laura Ferdianti Photo Community Writer Eka Laura Ferdianti

Practice Makes Perfect

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya