TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Snorkeling Pemula di Bali, Persiapkan dengan Baik

Jangan asal langsung berenang meskipun sudah pro

Snorkeling di Pulau Menjangan (dok.pribadi/Natalia Indah)

Bali adalah surganya pencinta laut dengan pantai-pantai memesona dan kehidupan bawah lautnya yang kaya. Kamu bisa bersantai di tepi pantai dan berenang sepuasnya. Bahkan, kamu juga bisa mencoba snorkeling untuk melihat pemandangan bawah lautnya.

Snorkeling lebih asyik dilakukan di perairan yang cukup tenang dan jernih. Selain itu, peralatan yang digunakan untuk snorkeling lebih sederhana dibanding diving. Kamu hanya perlu menyiapkan pakaian berenang, peralatan snorkeling, dan pelampung untukmu yang belum mahir berenang.

Buat yang ingin snorkeling untuk pertama kalinya di pulau ini, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui agar pengalamanmu lancar dan menyenangkan. Berikut 5 tips snorkeling pemula di Bali.

1. Pilih lokasi snorkeling yang sesuai

Salah satu pemandangan bawah laut Bali (dok.pribadi/Natalia Indah)

Bali menawarkan berbagai lokasi snorkeling yang seru dengan pemandangan bawah laut yang memesona. Beberapa di antaranya Amed dan Pantai Blue Lagoon di Kabupaten Karangasem, Pulau Menjangan di Kabupaten Buleleng, perairan Nusa Penida dan Nusa Lembongan di Kabupaten Klungkung.

Kamu bisa memilih lokasi snorkeling tersebut sesuai dengan tingkat kenyamanan dan kemampuan berenangmu. Untuk pemula, kamu bisa memilih Amed atau Pulau Menjangan dengan arus yang cukup tenang untuk snorkeling.

2. Gunakan perlengkapan yang tepat

Perlengkapan yang baik dan tepat sangat penting untuk keamanan snorkeling. Kamu bisa menyewa melalui operator tur snorkeling di Bali jika tidak punya perlengkapannya. Sebelum dipakai, sebaiknya dibersihkan terlebih dahulu.

Setelah itu, kamu perlu mencoba memakai alatnya. Pastikan masker pas dengan wajah dan tidak bocor. Lalu, snorkel harus dalam kondisi baik dan terbebas dari kotoran. Kamu harus mencoba fin atau kaki katak yang pas dengan ukuran kaki agar mudah bergerak selama di dalam air. Jika kamu ingin memakai pelampung, pastikan juga ukurannya pas dengan badanmu ya.

3. Pemanasan dan pelajari teknik dasar snorkeling

Setelah mencoba peralatan snorkeling yang sesuai dengan badanmu, kamu perlu pemanasan terlebih dahulu. Hal ini penting untuk menghindari tubuh yang kram ketika berenang.

Selanjutnya, pelajari teknik dasar snorkeling yang diawali dengan latihan pernapasan menggunakan snorkel sebelum masuk ke dalam air. Kemudian kamu bisa mencoba mengapung dan berenang secara efisien menggunakan fin. Selama snorkeling, kamu juga perlu menjaga jarak dari terumbu karang agar tidak merusaknya.

4. Jangan snorkeling sendirian

Keamanan dan keselamatan merupakan hal penting selama snorkeling. Jadi jangan snorkeling seorang diri jika baru pertama kali melakukannya. Kamu perlu snorkeling bersama teman atau pemandu yang dapat membantu jika terjadi masalah.

Kamu pun harus mendengarkan dan mengikuti instruksi dari pemandu. Di samping itu, perhatikan juga kondisi cuaca serta arus laut. Jangan snorkeling saat cuaca buruk atau arus yang kuat karena akan membuat aktivitasmu di laut menjadi gak nyaman, dan tidak bisa melihat pemandangan bawah laut dengan jelas.

Verified Writer

Natalia Indah Kartikaningrum

Mbak-mbak rambut pendek yang paling suka diajak ngopi atau sunsetan bareng.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya