TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Destinasi Wisata Terbaik di Bali Untuk List Itinerary Kamu

Sekali-kali jangan main ke pantai...

pixabay.com/sasint

Artikel ini ditulis oleh: Iko, Community IDN Times

Siapa yang tidak kenal dengan Bali. Pulau yang sangat indah dengan berbagai macam destinasi wisata terbaik. Pesona Bali bahkan sudah mendunia. Sehingga banyak turis mancanegara berlibur ke Bali. Pantai yang paling terkenal di Bali sejak dulu adalah Pantai Kuta.

Tapi, bosan juga ya kalau berlibur ke Bali hanya sekadar ke pantai, pantai dan pantai saja. Saatnya kamu mencoba destinasi wisata yang lain dan ini adalah lima destinasi wisata terbaik di Bali.

1. Pulau Menjangan, surga diving dan snorkeling di Bali

the stocks

Bagi pencinta snorkeling atau diving, Pulau Menjangan harus menjadi destinasi kamu berikutnya. Terumbu karang yang indah dan ikan-ikan cantik akan menjadi pelengkap keindahan dari bawah laut. Satu keunikan dari Pulau Menjangan adalah palung dalam yang hanya berjarak sekitar 15 meter dari pantai.

Formasi palung yang dalam tersebut membentuk sejumlah gua besar dan kecil yang menjadi habitat bagi terumbu karang, karang lunak, kerapu besar, dan belut moray. Selain itu, kamu juga bisa melihat Menjangan (Rusa) yang biasa berkeliaran di sekitar pulau. Indah bukan?

Lokasi Pulau Menjangan sendiri terletak di Taman Nasional Bali Barat, 30 menit dari Pelabuhan Gilimanuk atau sekitar 3,5 jam dari Kota Denpasar. Kamu bisa mengendarai mobil pribadi sampai Pelabuhan Labuhan Lalang lalu menyebrang menggunakan speed boat sampai Pulau Menjangan.

Sarana penunjang juga sangat lengkap di sini, dan tarif sudah ditetapkan secara resmi oleh pihak pengelola. Jadi kamu tidak perlu takut berkunjung ke sini. Harga kisarannya Rp600 ribu hingga Rp800 ribu per orang. Walaupun sedikit mahal, dijamin puas datang ke sini!

2. Menikmati pesona sawah berundak di Jatiluwih, Tabanan

pexels.com/Skitterphoto

Bali bukan hanya pantai. Kamu juga bisa melihat hamparan sawah yang membentang luas yang sering disebut Terasering (Bertingkat dan berundak). Untuk bisa melihat keindahan sawah seperti ini, kamu harus berkunjung ke Jatiluwih.

Tidak hanya bisa melihat dari kejauhan, pengelola juga sudah menyediakan jalur tracking untuk menikmati keindahan sawah dari dekat. Lokasinya yang berada di ketinggian juga akan membuat suasana sejuk dan dingin begitu terasa.

Lokasi Jatiluwih terletak di daerah Tabanan dan bisa ditempuh menggunakan mobil atau motor pribadi. Perjalanan menuju ke Jatiluwih akan terasa menyenangkan karena kamu akan melewati gunung dan sawah yang dapat menyegarkan mata. Kisaran tiket masuknya Rp5 ribu per orang dan mobil Rp15 ribu.

3. Mau berenang air panas sambil menikmati Gunung Batur? Coba deh ke Toya Bungkah

toyadevasya.com

Tempat yang satu ini sangat menarik. Karena kamu bisa berendam di air panas dengan pemandangan Gunung Batur dan sekitarnya. Ya, nama tempat ini adalah Toya Bungkah, bermakna air dari Gunung Batur yang mengalir dari celah-celah bebatuan. Letaknya persis di kaki Gunung Batur. Jadi bisa bayangkan bagaimana sejuknya, kan?

Selain pemandangannya yang indah, berendam di air panas dipercaya bisa menyembuhkan penyakit dan membuat tubuh menjadi lebih segar. 

Untuk mencapai tempat ini, kamu harus menggunakan mobil atau motor pribadi ke arah Kintamani (Sekitar 2 jam dari pusat kota Denpasar). Perjalanan yang cukup lama ya? Tapi dijamin, kamu pasti ingin kembali lagi ke sini. Fasilitas yang ada juga sangat bagus dan memadai kok. Kisaran harga tiket masuknya Rp60 ribu sampai Rp70 ribu per orang.

4. Mengunjungi desa paling bersih di Bali, yakni Desa Penglipuran

indonesia.travel

Di saat perkembangan zaman dan teknologi yang semakin pesat, ada satu wilayah yang hampir tidak terpengaruh oleh semua itu. Wilayah itu terletak di Daerah Bangli yang sering disebut Desa Penglipuran.

Buat kamu yang mempunyai rencana ke Bali, Desa Penglipuran harus masuk ke dalam itinerary kamu. Di sini, kamu akan melihat kearifan dan kebudayaan yang benar-benar terjaga dengan baik. Selain itu, kamu juga akan melihat keindahan desa yang sangat jauh dari lalu lintas peradaban di Bali.

Satu keunikan dari Desa Penglipuran adalah rumah-rumah Bali yang memiliki pintu gerbang yang sering disebut Angkul-Angkul. Semua rumah di sini tertata dengan baik dan semua masyarakat saling menjaga kearifan lokal. Adem banget kan?

Tidak sulit menemukan Desa Penglipuran. Karena kamu bisa mengendarai motor atau mobil pribadi menuju daerah Bangli, atau bisa langsung menggunakan aplikasi Waze. Desa Penglipuran sudah ditetapkan sebagai desa wisata dan paling bersih di Bali.

Mungkin kamu tidak bisa melihat pantai. Tapi kamu bisa mendapatkan pengalaman dan pengetahuan tidak terlupakan di Desa Penglipuran.

Writer

Iko

Saya adalah penulis yang memberikan cinta saya dari dalam hati

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya