Comscore Tracker

Prabowo Dipolisikan: Saya Bingung, Ucapan Bercanda Dipersoalkan

Ini memang tahun politik. Rawan banget...

Jakarta, IDN Times - 'Wajah Boyolali' yang dilontarkan oleh Prabowo Subianto, saat meresmikan Posko Badan Pemenangan Praobow-Sandiaga Uni di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Selasa (30/10) lalu ternyata berbuntut panjang.

Seorang warga Boyolali, Dakun (47), melaporkan Calon Presiden nomor urut 02 itu ke Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polda Metro Jaya.

1. Menurut Prabowo pernyataannya hanya bergurau

Prabowo Dipolisikan: Saya Bingung, Ucapan Bercanda DipersoalkanIDN Times/Fitria Madia

Baca Juga: Bikin Merinding, Video: Kondisi Puing Lion Air JT 610 di Dasar Laut

Prabowo tak menyangka ucapannya dipersoalkan oelh banyak pihak. Sebab ia merasa hanya bergurau. Dia juga sadar, jika keadaan tahun politik membuat ucapannya di tiap kesempatan akan menjadi sorotan masyarakat.

"Saya bingung kalau ucapan bercanda dipersoalkan. Kalau saya begini dipersoalkan, begitu dipersoalkan," ujar Prabowo, dikutip dari kantor berita Antara, Minggu (4/11).

2. Prabowo akan membatasi ucapannya

Prabowo Dipolisikan: Saya Bingung, Ucapan Bercanda DipersoalkanANTARA FOTO/Moch Asim

Akibat peristiwa itu, Prabowo akan membatasi bicaranya, terlebih dalam konteks bercanda,. Ia menjadi bingung harus bicara seperti apa.

"Jadi omongan bercanda sekarang harus dibatasi. Jadi saya bingung mau bicara apa, tapi saudara sudah mengerti," katanya.

3. Sekjen PAN menjelaskan maksud 'wajah Boyolali'

Prabowo Dipolisikan: Saya Bingung, Ucapan Bercanda DipersoalkanInstagram @eddy_soeparno

Sementara itu, Sekjen Partai Amanat Nasional (PAN), Eddy Soeparno mengatakan pernyataan Prabowo adalah bentuk penekanan masyarakat kelas kecil sering didiskriminasi dan masih dimarginalisasi. Prabowo tak bermaksud mengolok atau merendahkan warga Boyolali.

"Saya kira, itu bukan berarti kita merendahkan seseorang atau pihak tertentu atau kelompok tertentu. Tidak ada sama sekali," kata Eddy.

4. Ucapan kini rawan dipolitisasi

Prabowo Dipolisikan: Saya Bingung, Ucapan Bercanda DipersoalkanIDN Times/Fitria Madia

Baca Juga: Bukan Dukun, Bali Akan Kembangkan Balian Pengobat Tradisional Herbal

Eddy mengaku prihatin atas kejadian ini. Sebab segala sesuatu yang terjadi di tahun politik sekarang ini rawan dipolitisasi. Demi menjaga tahun politik, memang harus ada pemikiran positif, bukan hal lain yang dapat memecah belah bangsa.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya