Wisata Kayu Putih Berbenah, Pengelola Pasang Pagar Besi

Tempat wisata ini kembali diterpa isu foto bule telanjang

Tabanan, IDN Times - Kasus foto wisatawan asing atau bule yang berpose dalam kondisi bugil kembali menerpa wisata Kayu Putih atau dikenal dengan Bayan Ancient Tree di Banjar Bayan, Desa Tua, Kecamatan Marga Kabupaten Tabanan. Pengelola pun memasang pagar besi dan bambu. 

Foto bule terlanjang ini awalnya diposting di akun milik politis Ni Luh Djelantik pada Rabu (12/4/2023) dan menjadi viral. Di sisi lain semenjak kasus bule telanjang asal Rusia yang viral pada Mei 2022, Wisata Kayu Putih sudah berbenah dan lebih mengetatkan jalur masuk pengunjung.

Baca Juga: Lagi, WNA Rusia Foto Telanjang di Pohon Suci Tabanan

1. Kasus yang viral sebetulnya kasus lama

Wisata Kayu Putih Berbenah, Pengelola Pasang Pagar BesiPotret Wisata Kayu Putih di desa Tua, Marga, Tabanan (Dok.IDNTimes/Istimewa)

Perbekel Desa Tua, Kecamatan Marga, I Wayan Budi Arta Putra mengatakan, kasus foto bule telanjang di wisata Kayu Putih yang viral baru-baru ini, sebetulnya merupakan kasus lama. "Jika dilihat foto yang viral ini foto lama," kata I Wayan Budi Arta Putra, Jumat (14/4/2023). 

Menurutnya, semenjak kasus bule Rusia berfoto telanjang yang viral pada Mei 2022 lalu, Wisata Kayu Putih telah berbenah dan memperketat kunjungan wisatawan. Dengan demikian, dia menjamin, kasus baru tidak akan kembali terjadi. 

2. Pengelola mengetatkan kunjungan dengan memasang pagar besi

Wisata Kayu Putih Berbenah, Pengelola Pasang Pagar BesiPagar besi yang dipasang di kawasan Wisata Kayu Putih, Desa Tua, Marga, Tabanan (Dok.IDNTimes/Istimewa)

Kelihan Pura Babakan, I Made Kurna Wijaya menambahkan saat ini kawasan Wisata Kayu Putih telah dikelilingi pagar besi dan bambu setinggi satu meter. Sementara akses masuk dan keluar hanya satu, yaitu dari arah timur. 

Dengan akses yang terbatas ini, petugas akan semakin mudah memantau wisatawan yang keluar masuk tempat wisata. Selain itu, akes masuk sudah dipasang pintu yang akan digembok ketika Wisata Kayu Putih tutup.

Dengan demikian, wisatawan yang masuk diam-diam saat malam semakin kecil peluangnya terjadi. "Sudah dipasang pintu juga dan digembok. Nanti rencananya akses keluar dibuat di bagian Selatan dekat jembatan. Anggarannya memakai donasi wisatawan yang datang ke wisata Kayu Putih," ujarnya.

3. Ada tanda pemberitahuan dengan tiga bahasa

Wisata Kayu Putih Berbenah, Pengelola Pasang Pagar BesiTanda pemberitahuan di desa Wisata Kayu Putih (Dok.IDNTimes/Istimewa)

Selain pagar yang mengelilingi kawasan, di Wisata Kayu Putih juga sudah dipasang tanda pemberitahuan dengan tiga bahasa, yaitu basah Indonesia, Inggris, dan Rusia. Adapun tanda pemberitahuan itu berisi hal-hal yang tidak boleh dilakukan selama berada di dalam kawasan Wisata Kayu Putih dan pengunjung yang wajib memakai baju adat saat berada dalam kawasan wisata dan Pura Babakan. 

“Dengan ini diharakan aktivitas wisata di Bayan Ancient Tree lebih nyaman sehingga  lokasi wisata ini bisa viral sebagai lokasi wisata bukan viral karena ada foto bule bugil lagi. Saat ini kunjungan ke Bayan Ancient Tree per harinya mencapai 30 orang,"  ujar Kurna.

Baca Juga: WNA Telanjang Bulat Ditemukan Berjalan Kaki di Ubud

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya