Atap Ruang Kelas SDN 3 Kukuh di Tabanan Ambruk Diguyur Hujan

Kondisinya lapuk dan berisiko ambruk lagi

Tabanan, IDN Times - Akibat hujan deras yang turun, Selasa (25/10/2022) malam, membuat atap gedung Sekolah Dasar Negeri (SDN) 3 Kukuh di Kabupaten Tabanan ambruk, pada Rabu (26/10/2022) dini hari.

Atap yang ambruk itu berada di ruang kelas, diketahui sudah tidak terpakai karena rusak dan atapnya miring.

Baca Juga: Warga Tabanan Terima Air Bersih Gratis per Hari Pascabencana

Baca Juga: Perbaikan 9 Ruas Jalan-Jembatan di Tabanan Butuh Rp39 Miliar

1. Guru SDN 3 Kukuh mendengar suara 'brug' pukul 03.30 Wita dini hari

Atap Ruang Kelas SDN 3 Kukuh di Tabanan Ambruk Diguyur HujanPolisi saat memasang police line di gedung SDN 3 Kukuh yang roboh, Rabu (26/10/2022). (Dok.IDN Times/istimewa)

Seorang warga yang rumahnya dekat SDN 3 Kukuh, Endang Liswanti, menceritakan dirinya mendengar suara 'brug' dari arah sebelah rumahnya. Awalnya ia tak menyangka jika suara tersebut berasal dari ruang kelas di sekolah tempat ia mengajar. Ia mencoba mengecek lokasi suara dan melihat atap ruang kelas 3 ambruk.

"Sekitar jam 03.30 Wita, saat itu dengar suara 'brug'. Setelah dicek ternyata atapnya sudah ambruk," jelas guru di SDN 3 Kukuh ini.

2. Gedung sekolah berpotensi mengalami ambruk susulan karena kayu terlihat lapuk

Atap Ruang Kelas SDN 3 Kukuh di Tabanan Ambruk Diguyur HujanBangunan SDN 3 Kukuh yang atapnya roboh, Rabu (26/10/2022). (Dok.IDN Times/Istimewa)

Perbekel Desa Kukuh, Made Sugianto, saat mengecek ke lokasi mengatakan gedung yang atapnya ambruk adalah  ruang kelas 3.

"Kejadian sekitar pukul 04.00 Wita dini hari," ujarnya, Rabu (26/10/2022). 

Berdasar pantauannya di lokasi, Sugianto melihat kondisi gedung sekolah berpotensi mengalami ambruk susulan karena kayu terlihat lapuk.

"Saya sudah mengimbau agar sekolah mencari ruangan kelas lain, terutama untuk belajar murid kelas 1 dan 2. Untuk murid kelas 3 informasinya sudah belajar di ruang perpustakaan," kata Sugianto.

Ia berharap pemegang kebijakan untuk segera memperbaiki gedung SDN 3 Kukuh yang ambruk tersebut.

3. Gedung SDN 3 Kukuh sudah ada sejak tahun 1978

Atap Ruang Kelas SDN 3 Kukuh di Tabanan Ambruk Diguyur HujanBangunan SDN 3 Kukuh yang atapnya roboh, Rabu (26/10/2022). (Dok.IDN Times/Istimewa)

Kepala SDN 3 Kukuh, Ni Nyoman Sudiratnadi, mengatakan gedung yang ambruk ini dipakai untuk tiga ruang kelas. Yaitu untuk kelas 1, kelas 2, dan kelas 3. Ia mengakui ruangan tersebut sudah enam bulan lalu dikosongkan, yaitu untuk ruang kelas 3 dan kelas 2. Hal ini lantaran kondisi atap di ruang kelas 3  saat itu dalam kondisi rusak dan miring, sehingga dikhawatirkan membahayakan murid dan guru.

Dalam proses belajar mengajar, murid kelas 3 belajar di ruang perpustakaan. Sementara kelas 1 masih bisa belajar di ruangan mereka karena masih bisa digunakan. Untuk kelas 2 diberlakukan sistem shift siang dan menggunakan ruang kelas 1.

"Ruang kelas 2 yang posisinya dekat dengan ruang kelas 3 sangat riskan roboh juga," terangnya.

Sudiratnadi menyebutkan, gedung SDN 3 Kukuh berdiri sejak tahun 1978. Dulunya pernah direhab, namun skala ringan. Pihak sekolah juga telah mengajukan permohonan untuk mendapatkan bantuan rehab ruang kelas sekolah dari DAK.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya