Warga di Tabanan Pasang Kantung Plastik Depan Rumah biar Dapat Sembako

Bagi-bagi sembako dengan cara unik nih. Bisa ditiru

Tabanan, IDN Times -  Pandemik COVID-19 yang berjalan dua tahun lebih serta adanya penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat dari 3-20 Juli, menyebabkan warga di Kabupaten Tabanan mengalami kesulitan untuk memenuhi kebutuhan pokoknya.

Atas dasar itulah kelompok tani tanaman hiasan di Tabanan berinisiatif secara swadaya memberikan bantuan sembako bagi warga yang membutuhkan. Cara untuk mendapatkan bantuan ini cukup unik.

Pasang kantung plastik di depan rumah sebagai penanda, lalu foto dan kirim ke nomor WhatsApp (WA), maka sembako akan siap dikirim.

Baca Juga: Warga Tabanan Curhat: Semoga PPKM Darurat Tidak Lama

1. Pembagian sembako ini murni swadaya dan semangat ingin membantu warga yang membutuhkan

Warga di Tabanan Pasang Kantung Plastik Depan Rumah biar Dapat SembakoSembako kemanusiaan yang siap dikirim (Dok.IDNTimes/Istimewa)

Seorang inisiator pembagian sembako selama PPKM Darurat ini adalah I Gusti Anom Gautama Ancak Putra, warga asal Desa Pandak Gede, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan yang tinggal di Desa Dauh Peken, Kecamatan Tabanan. Kegiatan ini dinamakan sembako kemanusiaan yang berupa bantuan beras tiga kilogram dan mi instan tiga bungkus.

"Kegiatan ini murni swadaya dan semangat ingin membantu warga yang membutuhkan," ujarnya, Selasa (17/7/2021).

Awalnya yang mengikuti pembagian sembako kemanusiaan ini dari kelompok tani tanaman hias. Namun akhirnya banyak yang ikut. Sekarang sudah sekitar 12 orang yang terlibat dalam pemenuhan sembako, sampai menyumbang tenaga untuk mengantar ke rumah warga yang membutuhkan.

"Sembako ini kami kemas dalam plastik dan kami gantung di depan rumah yang membutuhkan. Sehingga aman," jelas Anom.

Baca Juga: 5 Camilan Produksi UKM Tabanan, Cocok Sebagai Teman Ngopi

2. Pasang kantung plastik di depan rumah sebagai penanda butuh bantuan

Warga di Tabanan Pasang Kantung Plastik Depan Rumah biar Dapat Sembakopengantaran sembako ke rumah yang memasang kantong plastik (DOk.IDNTimes/Istimewa)

Anom memaparkan, dalam pembagian sembako kemanusiaan ini pihaknya  meminta warga yang membutuhkan untuk memasang kantung plastik di depan rumahnya. Lalu foto dan kirim ke nomor WA 0896 3266 7506.

"Nanti setelah kami mendapatkan kiriman foto, akan kami tindak lanjuti dan antar sembako langsung ke rumah," kata Anom.

Tujuan dari pemasangan kantung plastik di depan rumah, selain sebagai penanda butuh bantuan, juga agar memudahkan tim menemukan rumahnya.

3. Pihaknya membuka uluran bantuan dari siapa saja

Warga di Tabanan Pasang Kantung Plastik Depan Rumah biar Dapat SembakoPengantaran sembako ke rumah yang memasang kantong plastik (DOk.IDNTimes/Istimewa)

Kata Anom, pihaknya sangat terbuka menerima warga mampu yang mau ikut serta dalam kegiatan ini.

"Kalau mau memberikan bantuan sembako atau sekadar menyumbang tenaga untuk mengirimkan, bisa datang ke tempat kami berkumpul di Jalan Ir Soekarno Nomor 2 Tabanan," katanya. 

Untuk saat ini pihaknya sudah mengirimkan 193 paket sembako ke Tabanan dan sekitarnya. Ada juga yang ke Kecamatan Penebel hingga Kecamatan Selemadeg Timur.

"Kami berharap masyarakat tetap sabar menghadapi pandemi ini dan perkuatlah solidaritas sosial," ujarnya.

Baca Juga: Daftar Puskesmas di Tabanan yang Membuka Layanan Vaksinasi

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya