Polresta Amankan 79 Rumah Warga yang Ditinggal Mudik

Rumah warga muslim yang mudik menjadi prioritas pengamanan

Denpasar, IDN Times - Kepolisian Resor Kota Denpasar menjamin keamanan rumah warga yang ditinggalkan selama mudik. Pengamanan polisi ini bekerja sama dengan komponen Dipandu Beradat atau Sistem Pengamanan Lingkungan Terpadu Berbasis Desa Adat.

Hal ini diungkap Kapolresta Denpasar Kombes Pol Bambang Yugo Pamungkas pada Kamis (20/4/2023).  

Hingga saat ini, dilaporkan sebanyak 79 unit rumah warga dalam pantauan komponen Sipandu Beradat. Jumlah tersebut dilaporkan tersebar di 7 Polsek yang ada fi Wilayah Hukum Polresta Denpasar.

Baca Juga: Sempat Lemas, Turis Taiwan Meninggal Saat Snorkeling di Nusa Penida

1. Kepolisian dan Sipandu Beradat menjamin keamanan rumah warga

Polresta Amankan 79 Rumah Warga yang Ditinggal MudikPemudik dari Denpasar meninggalkan Bali pada Senin (17/4/2023) menuju Jawa Timur. (Dok.IDN Times/Polresta Denpasar)

Bambang menjamin keamanan rumah pemudik yang ditinggalkan selama lebaran. Kepolisian bersama Sipandu Beradat berpatroli keliling setiap hari di lokasi tersebut.

Masyarakat yang menitipkan rumahnya akan dapat mengetahui kondisi rumah tersebut melalui WhatsApp grup yang sudah dibuat. Dengan upaya ini diharapkan masyarakat yang mudik akan lebih santai dalam menjalankan liburannya.

"Saya minta semuanya tetap waspada dan menjaga lingkungannya. Para pemudik silakan menyampaikan kepada tetangganya, kepada Kaling (Kepala Lingkungan), kepada Sipandu Beradat bahwa rumahnya akan ditinggalkan. Nantinya pada saat ditinggalkan akan dilakukan patroli," jelasnya.

2. Puluhan unit rumah pemudik dapat atensi kepolisian

Polresta Amankan 79 Rumah Warga yang Ditinggal MudikSimpang 3 Uma Anyar (Denpasar) atau Posko Sekat Uma Anyar (Dok.IDN Times/Polresta Denpasar)

Selanjutnya, sampai saat ini sebanyak 79 rumah warga di wilayah Hukum Polresta Denpasar yang ditinggal mudik dalam pantauan patroli kepolisian. Patroli ini dilakukan baik siang maupun malam hari. Kondisi terkini keamanan di wilayah hukumnya disebut terkendali.

"Kemarin kami sudah melakukan patroli kurang lebih 79 rumah dari 7 Polsek. Dan ini kami lakukan setiap hari," tegas Kapolresta.

3. Rumah warga muslim menjadi prioritas pengamanan

Polresta Amankan 79 Rumah Warga yang Ditinggal MudikPatroli keamanan yang dilakukan Polsek Denpasar Barat bersama komponen Sipandu Beradat terhadap rumah pemudik. (Dok.IDN Times/istimewa)

Sementara itu Kapolsek Denpasar Barat, Kompol I Gusti Agung Made Ari Herawan mengungkap pentingnya upaya preventif dalam mewujudkan situasi kamtibmas di wilayah hukumnya. Salah satunya dengan cara patroli untuk mencegah maling beraksi di rumah warga yang kosong karena ditinggal mudik.

Personel Polsek Denpasar Barat berkolaborasi dengan Sipandu Beradat yang terdiri dari Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Pecalang melakukan patroli lingkungan di daerah Desa Dauh Puri Kelod Denpasar pada Kamis (20/4/2023) siang. Mereka menyambangi rumah-rumah maupun kos warga yang ditinggal mudik ke kampung halamannya.

"Beberapa rumah warga muslim yang sudah terdata disambangi untuk dipastikan aman dan terkunci dengan baik. Pengamanan rumah rumah warga yang ditinggal mudik dengan sistem patroli lingkungan dilakukan untuk mencegah niat jahat pelaku kejahatan menyatroni rumah pemudik," katanya.

Baca Juga: Ratusan Pemudik dari Bali Berangkat ke Jawa

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya