Comscore Tracker

Sempat Misterius, 5 Fakta Patung Nyi Roro Kidul di Water Blow Nusa Dua

Banyak yang heran kenapa patung ini dipasang di sana

Badung, IDN Times – Belum lama ini Bali diramaikan oleh temuan patung menyerupai simbol legenda Ratu Pantai Selatan, Nyi Roro Kidul, di lokasi wisata Water Blow Kawasan Indonesia Tourism Development Coporation (ITDC), Nusa Dua. Temuan tersebut sontak membuat geger publik karena diletakkan di tempat yang asing. Yakni direkatkan di atas karang tajam pinggir pantai.

Mengingat kawasan itu memiliki potensi digulung oleh ombak besar. Lalu siapa yang meletakkannya? Berikut fakta-fakta yang dikumpulkan IDN Times:

1. Sempat menggegerkan warga setempat, patung berwujud perempuan berselendang hijau itu disebut mirip Nyi Roro Kidul

Sempat Misterius, 5 Fakta Patung Nyi Roro Kidul di Water Blow Nusa Duaarah.com

Legenda Laut Selatan memang tidak bisa lepas dari cerita rakyat Indonesia. Apalagi setelah tiga petugas keamanan kawasan itu dan Bintara Pembina Desa (Babinsa) menemukan patung setinggi 30 centimeter tersebut, pada Minggu (24/5) sekitar pukul 16.00 Wita. Temuan itu awalnya dianggap aneh. Banyak yang mengaitkannya dengan mistis.

2. Patung tersebut diletakkan oleh seorang perempuan yang memakai baju hitam. Benarkah?

Sempat Misterius, 5 Fakta Patung Nyi Roro Kidul di Water Blow Nusa DuaDok.IDN Times/Istimewa

IDN Times lalu menemukan akun Facebook Made Dick yang memosting foto dan video yang captionnya berisi "Pelaku Yang Menaruh Patung Nyi Rorokidul Di Water Blow Nusa Dua Bali". Beberapa foto dan video ini diunggah pada Senin (25/5) pukul 17.54 waktu setempat, dan disunting pada pukul 18.08 waktu setempat di hari yang sama. Pada suntingan kedua ini, akun Made Dick menambahkan dua foto baru yang berisi wajah seorang perempuan dan nama akunnya.

Dari tayangan video tersebut, perempuan yang memakai baju hitam mendatangi lokasi bersama seorang laki-laki memasuki kawasan Water Blow. Namun belum bisa dipastikan kapan kejadian itu.

3. Sekembalinya dari kawasan itu, mereka terlihat tidak menenteng bungkusan tas merah, seperti saat awal mereka datang ke tempat itu

Sempat Misterius, 5 Fakta Patung Nyi Roro Kidul di Water Blow Nusa DuaDok.IDN Times/Istimewa

IDN Times masih mencoba mengirim pesan di inbox Facebook perempuan yang disebut sebagai pemasang patung menyerupai Nyi Roro Kidul tersebut. Hingga berita ini dipublikasi, pemilik akun tersebut belum merespon pesan inbox dari IDN Times.

4. Polisi masih mencari orang yang memasang patung tersebut untuk mendalami motifnya

Sempat Misterius, 5 Fakta Patung Nyi Roro Kidul di Water Blow Nusa DuaIDN Times/Aldila Muharma

Dikonfirmasi terkait hal itu, Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Kuta Selatan, AKP Yusak Agustinus Sooai, menyampaikan pihaknya masih mencari tahu terkait kedua orang tersebut. Pun belum diketahui motif sesungguhnya yang dilakukan oleh mereka.

“Pidana masih kami pelajari. Sementara masih belum ada pidana. Sementara masih kami cari orangnya,” kata Yusak, Selasa (26/5).

5. Di satu sisi, seorang nelayan hilang digulung ombak di kawasan utara Water Blow

Sempat Misterius, 5 Fakta Patung Nyi Roro Kidul di Water Blow Nusa DuaIlustrasi Tim SAR (Dok.IDN Times/Istimewa)

Di sisi lain, seorang nelayan dari Jimbaran bernama Made Dolpin (35), hilang disapu ombak di sekitar utara Water Blow, Nusa Dua, ketika mencari ikan naik sampan, Rabu (20/5) lalu. Ia sempat menghubungi rekannya untuk meminta bantuan saat kejadian. Tim Basarnas Bali baru menerima menerima laporan itu pukul 14.10 Wita. Hingga Selasa (26/5), Made Dolpin belum juga ditemukan.

Topic:

  • Ayu Afria Ulita Ermalia
  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya