Comscore Tracker

Belajar dari Kebakaran Dapur Warga di Badung, Ini Cara Mencegahnya

Harus selalu cek sebelum meninggalkan rumah ya semeton

Badung, IDN Times – Dapur milik warga Banjar Bersih, Desa Darmasaba, Kabupaten Badung, Ni Wayan Kirim (60), terbakar pada Jumat (7/1/2022), pukul 05.30 Wita. Korban lupa mematikan tungku saat akan ditinggal pergi ke pasar.

Selain dapur milik korban, api juga membakar satu unit bangunan tempat pemotongan sapi berukuran 5x4 meter. Selain itu, satu unit mobil Carry juga mengalami kerusakan akibat dijalar api.

Berapa kerugian yang dialami korban? Lalu apa yang harus diperhatikan agar kejadian seperti ini tak terulang lagi?

Baca Juga: Lapas Kerobokan Penuh, Tahanan Kejari Badung Dititip ke Tabanan

1. Korban sempat memasak lemak dan tulang sapi

Belajar dari Kebakaran Dapur Warga di Badung, Ini Cara Mencegahnyailustrasi merebus tulang lutut sapi (Instagram.com/lianeyreef)

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Badung, I Wayan Wirya, menyampaikan pada pukul 05.00 Wita, sebelum terjadi kebakaran, korban sempat memasak lemak dan tulang sapi menggunakan tungku. Selang beberapa menit kemudian, korban pergi ke pasar untuk menjual daging sapi. Diduga saat itu korban lupa mematikan tungku. 

“Memasak lemak sapi dan tulang sapi di dapur miliknya sendiri. Pada saat itu pula korban meninggalkan dapurnya,” jelasnya.

2. Korban melihat asap hitam mengepul dari arah dapur rumahnya

Belajar dari Kebakaran Dapur Warga di Badung, Ini Cara MencegahnyaPemadaman api di dapur milih salah satu warga di Desa Darmasaba, Kabupaten Badung. (Dok. IDN Times / Damkar Badung)

Sepulang dari pasar pukul 05.30 Wita, korban melihat asap hitam mengepul dari arah dapur rumahnya. Setelah dicek, dapurnya sudah dilalap api. Korban yang panik kemudian membangunkan anggota keluarganya untuk membantu memadamkan api. Keluarganya juga menghubungi Dinas Kebakaran Kabupaten Bandung dan Bhabinkamtibmas Desa Darmasaba.

“Sebanyak tiga unit (mobil Damkar) langsung memadamkan api guna mencegah menjalarnya keseluruhan bangunan. Penyebabnya kompor (tungku) yang masih menyala,” jelas Wirya.

Korban mengalami kerugian material yang diperkirakan jumlahnya mencapai Rp25 juta. Api yang membakar dapur tersebut baru dapat dipadamkan pukul 06.30 Wita.

3. Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya kebakaran

Belajar dari Kebakaran Dapur Warga di Badung, Ini Cara MencegahnyaPemadaman api di dapur milih salah satu warga di Desa Darmasaba, Kabupaten Badung. (Dok. IDN Times / Damkar Badung)

Belajar dari kejadian tersebut, bagaimana cara mengantisipasi terjadinya kebakaran? Berikut ini beberapa langkah yang harus diperhatikan:

  • Hindari meninggalkan masakan di atas kompor dalam waktu yang lama
  • Jika memakai kompor gas, periksa keadaan gas dan kompor terlebih dahulu
  • Bersihkan kompor dan area sekitar tempat memasak
  • Jauhkan benda-benda yang tidak perlu
  • Selalu sediakan pemadam api di dapur
  • Tidak memakai pakaian yang terlalu panjang dan longgar saat memasak

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya