TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Viral Satpol PP Turunkan Baliho Saat Jokowi ke Bali

Tidak hanya terfokus pada satu partai tertentu saja

Baliho Ganjar-Mahfud Dicopot Jelang Kedatangan Jokowi ke Bali (x.com/narkosun/Miduk17)

Denpasar, IDN Times - Sebuah video yang menayangkan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi Bali sedang menurunkan baliho Capres dan Cawapres, Ganjar Pranowo-Mahfud MD viral di media sosial (medsos). Penurunan baliho ini dilakukan di jalur yang akan dikunjungi Presiden RI, Joko Widodo.

Seperti diketahui Presiden Joko Widodo mengunjungi Bali, pada Selasa (31/10/2023). Dalam akun Instagram-nya, Joko Widodo mengunjungi tiga agenda di Bali seperti mengunjungi SMKN 3 Sukawati, Pasar Bulan di Kabupaten Gianyar, dan pembagian bantuan pangan cadangan beras pemerintah di Balai Budaya Batubulan, Kabupaten Gianyar.

Mengenai penurunan baliho pasangan capres-cawapres dari partai politik (parpol) tertentu ini, dibantah oleh Kepolisian Daerah (Polda) Bali melalui Kabid Humas Polda Bali, Kombes Pol Jansen Avitus Panjaitan. Berikut pernyataannya

1. Membenarkan adanya penurunan baliho

Ilustrasi Pemilu (IDN Times/Mardya Shakti)

Jansen menanggapi video penurunan baliho yang dilakukan oleh Satpol PP Provinsi Bali itu benar adanya.

"Benar ada penurunan baliho dari Satpol PP Provinsi Bali, pada Selasa (31/10/2023)," ujarnya dalam rilis, Selasa (31/10/2023)

Ia melanjutkan, Satpol PP Provinsi Bali, sesuai tugas pokok fungsinya mempunyai wewenang dalam hal tersebut, yaitu menurunkan hampir semua baliho dari semua partai peserta pemilihan umum (pemilu).

2. Membantah baliho yang diturunkan hanya dari capres-cawapres dari partai tertentu

ilustrasi pemilu (IDN Times/Esti Suryani)

Ia melanjutkan, penurunan baliho yang dilakukan Satpol PP Provinsi Bali  lbukan hanya baliho partai tertentu. Tetapi semua diturunkan untuk dibersihkan dan ditertibkan, khususnya di sepanjang jalan Kota Denpasar, Kabupaten Badung, hingga Kabupaten Gianyar yang menjadi lokasi kunjungan kerja Presiden RI selama di Bali.

Ia menjelaskan, alasan penertiban baliho yaitu:

  • Saat ini pemilu masih memasuki tahapan pendaftaran bacalon
  • Baliho bukan merupakan alat peraga kampanye
  • Bersih-bersih untuk menjaga keindahan dan tata kota di lokasi kunjungan kerja Presiden RI.
Berita Terkini Lainnya