TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Nomor Urut Paslon Cabup-Cawabup Tabanan Telah Ditentukan

Mulyadi-Ardika nomor 1, Sanjaya-Dirga nomor 2

Pengundian nomor urut Paslon Cabup-Cawabup Tabanan Pilkada 2024 (IDNTimes/Wira Sanjiwani)

Tabanan, IDN Times - Pelaksanaan pengundian nomor urut pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Tabanan dilakukan di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tabanan, Senin (23/9/2024). Dari hasil pengundian, nomor urut 1 diperoleh oleh pasangan calon (paslon) I Nyoman Mulyadi–I Nyoman Ardika (Paket MS Glowing), dan paslon I Komang Gede Sanjaya–I Made Dirga (Paket SANDI) dengan nomor urut 2.

Dalam kesempatan itu pula, KPU Tabanan menggelar deklarasi kampanye damai pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 2024 oleh kedua pasangan calon, partai pengusul, anggota KPU Tabanan, Bawaslu Tabanan, Kapolres Tabanan, Komandan Kodim 1619 Tabanan, Kepala Kejaksaan Negeri Tabanan, Ketua Pengadilan Negeri Tabanan, dan Kesbangpol Tabanan.

1. Nomor urut 1 merupakan kehendak alam

Mulyadi-Ardika mendapatkan nomer urut 1 (IDNTimes/Wira Sanjiwani)

Ditemui setelah pengundian, Cabup Tabanan, Nyoman Mulyadi, mengatakan pihaknya mendapatkan nomor urut 1 memang kehendak alam. Ia meyakini nomor urut tersebut menjadi pertanda paslon Mulyadi-Ardika bisa memenangkan perhelatan Pilkada 2024.

"Ini juga memiliki makna satu komando satu jalur," ujarnya, Senin (23/9/2024).

2. Sanjaya-Dirga mengenai nomor urut dua

Sanjaya-Dirga mendapatkan nomor urut 2 (IDNTimes/Wira Sanjiwani)

Sementara itu Sanjaya-Dirga memaknai nomor 2 sebagai lambang victory atau kemenangan. Sanjaya memaknainya sebagai dua periode.

"Astungkara program-program yang dijalankan selama menjadi Bupati bisa dilanjutkan," ujar Komang Gede Sanjaya, Cabup Tabanan nomor urut 2 yang juga merupakan petahana Bupati Tabanan.

Sebagai Cabup petahana, Sanjaya sudah mengajukan cuti per tanggal 25 September 2024 dan akan berakhir pada 23 November 2024. Sementara Made Dirga, Cawabup nomor urut 2 yang menjadi anggota DPRD Tabanan sudah mengundurkan diri sejak 18 September 2024.

3. Sepakat menjalani kampanye damai

Deklarasi kampanye damai pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 2024 (IDNTimes/Wira Sanjiwani)

Selain mengadakan pengundian nomor urut, KPU Tabanan juga menggelar deklarasi kampanye damai. Cawabup nomor urut 1, Nyoman Ardika, mendukung kampanye damai.

"Tentunya kami mengikuti aturan dari KPU Tabanan. Kami sangat mendukung hal ini karena kami ingin Pemilu damai tanpa ada intimidasi," ujarnya.

Hal yang sama disampaikan Cabup nomor urut 2, Komang Gede Sanjaya. Ia juga setuju konsep kampanye green election atau kampanye hijau. Pihaknya siap untuk tidak menggunakan haknya dalam pengadaan alat peraga kampanye (APK), dan hanya menggunakan fasilitas yang disediakan oleh KPU Tabanan.

"Lagipula masyarakat sekarang sudah pintar dan memilih tidak lagi melihat banyaknya baliho, tetapi melihat aktualisasi visi dan misi," kata Sanjaya.

Berita Terkini Lainnya