Comscore Tracker

7 Tips Agar Hubungan Pertemanan Langgeng

Jangan sampai temanmu satu per satu pergi ya

Semua orang pasti ingin hubungan pertemanan mereka langgeng sampai bertahun-tahun atau bahkan selamanya. Tetapi mempertahankan sebuah pertemanan tidaklah mudah. Bahkan ada yang pertemanannya cuma bertahan sebentar saja.

Banyak hal yang bisa membuat pertemanan hancur. Misalnya bertengkar karena hal yang sepele.  Tapi kehancuran itu tidak akan terjadi jika masing-masing mau berusaha untuk mempertahankan hubungan pertemanan itu. Oleh karena itu, simak yuk di bawah ini beberapa tips biar hubungan pertemanan langgeng:

Baca Juga: 5 Cara Menemukan Pasangan yang Pas, Dia Selalu Ada saat Suka dan Duka 

1. Saling percaya satu sama lain

7 Tips Agar Hubungan Pertemanan Langgengpixabay.com/ParentRap

Kepercayaan sangat diperlukan dalam suatu hubungan, termasuk pertemanan. Jika dalam sebuah hubungan pertemanan tidak dilandasi kepercayaan antara satu sama lain, maka pertemanan itu akan cepat berakhir dan sebaliknya.

Namun jika ada rasa saling percaya antara satu sama lain dalam sebuah pertemanan, itu akan membuat hubungan bertahan lebih lama/langgeng. 

2. Jangan egois atau bersikap seenaknya sendiri

7 Tips Agar Hubungan Pertemanan Langgengpixabay.com/fietzfotos

Sikap egois akan menghancurkan pertemanan. Sebaiknya hindari sifat yang hanya mementingkan diri sendiri tanpa memerdulikan orang lain dan mau seenaknya saja dalam melakukan segala sesuatu.

Apakah kamu betah jika ada teman yang memiliki sifat egois atau bisa jadi justru kamu sendiri yang memiliki sifat seperti itu? Jangan egois atau bersikap seenaknya sendiri kalau ingin pertemanan kalian langgeng. 

3. Tidak bermuka dua

7 Tips Agar Hubungan Pertemanan Langgengpixabay.com/johnhain

Bermuka dua maksudnya adalah berpura-pura baik tapi diam-diam menusuk dari belakang. Seperti contohnya kalian akan berpura-pura baik di depan teman kalian, tapi di belakang akan menjatuhkan nama baik teman.

Jangan sampai melakukan hal itu jika ingin pertemanan langgeng. Sekali saja dia sudah kehilangan kepercayaan kamu, maka tidak akan ada lagi yang bisa dipertahankan.

4. Selalu memberikan dukungan

7 Tips Agar Hubungan Pertemanan Langgengpixabay.com/mohamed_hassan

Sebagai teman yang baik, kita sebaiknya memberikan dukungan kepada teman yang sedang putus asa, sedih, atau teman yang sedang butuh dukungan karena ingin mencapai sesuatu.

Dukungan bisa berupa kata-kata penyemangat, motivasi, bahkan tindakan yang dapat kamu lakukan untuk teman. Hal ini akan membuat ikatan kalian semakin erat dan tentu saja membuat hubungan pertemanan kalian bisa langgeng. 

5. Jangan malu untuk meminta maaf jika berbuat kesalahan

7 Tips Agar Hubungan Pertemanan Langgengpixabay.com/un-perfekt

Ketika kalian sedang melakukan kesalahan dan membuat teman merasa kecewa, jangan malu untuk meminta maaf. Apakah dengan meminta maaf kamu terlihat lemah?

Dengan adanya niat meminta maaf, tentunya akan menjaga hubungan pertemanan kalian tetap baik. 

6. Sering saling mengutarakan perasaan

7 Tips Agar Hubungan Pertemanan Langgengpixabay.com/Pexels

Apabila masing-masing sering mengutarakan perasaan, kalian dapat membuat hubungan pertemanan jadi langgeng. Mengutarakan perasaan yang dimaksud semisal bagaimana kita sangat mencintai dan menyayangi seorang teman, itu akan membuat mereka merasa sangat senang dan merasa berharga, tentunya juga membuat hubungan kalian semakin dekat.

Apakah kamu sering melakukan beberapa tips tersebut? Jika belum, coba mulai ya!

Mutiah Rahma Photo Community Writer Mutiah Rahma

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya