Comscore Tracker

6 Manfaat dari Sebuah Penolakan, Jangan Rendah Diri!

Yuk, kuat yuk! #Bali

Sebagai manusia bukan hal yang gak mungkin jika dalam hidupmu pernah menghadapi penolakan, entah itu di dunia pekerjaan hingga masalah percintaan. Wajar sih jika kamu sedih karena ditolak. Namun tidak perlu sampai berlarut-larut dalam kesedihan hingga membuatmu terpuruk dan merasa diri gak berguna.

Jadi jangan merasa rendah diri. Padahal di balik penolakan itu, kamu diajarkan untuk memiliki pandangan baru terhadap sesuatu hal dan memperbaiki diri.

Biar gak cepat down, kamu wajib mengetahui manfaat dari sebuah penolakan, nih. Apa saja? Berikut ini akan dijelaskan enam manfaat sebuah penolakan.

Baca Juga: 5 Hal Ini Gak Mengenal Kata Terlambat, Jangan Pesimis!

1. Mentalmu jadi lebih kuat

6 Manfaat dari Sebuah Penolakan, Jangan Rendah Diri!ilustrasi pria berpendapat (pexels.com/fauxels)

Seperti yang dijelaskan tadi, bahwa penolakan dapat membuat seseorang merasa sedih. Namun tanpa disadari, penolakan justru membuat mentalmu akan jadi lebih kuat karena kamu harus kembali berjuang dan bangkit.

Jika suatu saat mengalami penolakan lagi, kamu sudah tahu bagaimana cara mengatasinya biar gak semakin terpuruk.

Baca Juga: 5 Ketakutan Penulis Pemula dan Cara Mengatasinya, Mulai Saja

2. Kamu bisa lebih menghargai orang lain

6 Manfaat dari Sebuah Penolakan, Jangan Rendah Diri!ilustrasi sedang berkumpul (pexels.com/fauxels)

Penolakan membuatmu bisa menghargai orang lain dengan cara tidak memperlakukan semena-mena. Misalnya kalau pengin menolak sesuatu yang gak disukai, kamu bisa melakukannya secara sopan tanpa menyinggung siapa pun.

3. Mengajarkan tentang kesabaran dan usaha

6 Manfaat dari Sebuah Penolakan, Jangan Rendah Diri!ilustrasi perempuan bicara (pexels.com/Los Muertos Crew)

Sebuah penolakan sering menguji kesabaran ya. Inilah mengapa penolakan memberikan manfaat berupa kesabaran. Misalnya kamu pernah ditolak oleh perusahaan. Kalau gak sabar dan berhenti berjuang, kamu akan semakin sulit untuk mendapatkan pekerjaan.

Sedangkan jika mau bersabar, berusaha untuk bangkit, dan terus mencoba, tentu saja kamu akan semakin dekat dengan keinginan.

4. Kamu memiliki pandangan baru terhadap sesuatu

6 Manfaat dari Sebuah Penolakan, Jangan Rendah Diri!ilustrasi perempuan duduk (pexels.com/SHVETS production)

Jika terbiasa melihat penolakan itu dari segala sisi, maka kamu akan menemukan pandangan yang baru. Hal ini tentu saja dapat menambah wawasanmu menjadi lebih luas dan gak menilai sesuatu dari satu sisi saja.

5. Dapat memperbaiki diri dan berkembang menjadi lebih baik

6 Manfaat dari Sebuah Penolakan, Jangan Rendah Diri!ilustrasi presentasi (pexels.com/MART PRODUCTION)

Kamu dituntut untuk mengevaluasi diri atas penolakan tersebut. Jika berhasil menemukan letak kesalahan atau kekurangan yang menyebabkanmu mendapat penolakan, maka segera perbaiki, ya!

6. Mengingatkan bahwa kamu adalah manusia

6 Manfaat dari Sebuah Penolakan, Jangan Rendah Diri!ilustrasi dua pria duduk (pexels.com/Laura Tancredi)

Apalagi kamu tahu, bahwa gak ada manusia yang sempurna. Setiap orang pernah
melakukan kesalahan. Sebab tanpa kesalahan, seseorang tidak akan pernah belajar. Jadi intinya jangan terlalu cepat merasa rendah diri ketika menghadapi penolakan.

Itu tadi beberapa manfaat dari sebuah penolakan, apakah menurutmu ada manfaat lain yang bisa dirasakan? Jika ada, kamu bisa berbagi pengalaman di kolom komentar, ya!

Vera Yunii Photo Community Writer Vera Yunii

Senang menulis untuk berbagi informasi :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya