Comscore Tracker

Belajar Bersyukur! 5 Pelajaran Hidup dari Angin

Keberadaan angin seringkali diabaikan

Apa yang tebesit dalam pikiranmu ketika mendengar kata angin? Barangkali tentang udara, bernapas, dan kesejukan desirnya. Namun ada hal lain yang sesungguhnya bisa direfleksikan atas keberadaan angin.

Jika dipikirkan lebih mendalam, angin yang terkesan sederhana keberadaannya, ternyata begitu penting. Keberadaan angin ternyata membawa makna tersendiri lho untuk makhluk hidup, termasuk manusia. Ia menyimpan banyak pelajaran. Nah berikut pelajaran hidup yang bisa dipetik dari angin:

Baca Juga: Pengin Langgeng? 6 Tanda Hubungan akan Bertahan Lama

1. Dari angin belajar menghargai

Belajar Bersyukur! 5 Pelajaran Hidup dari Anginilustrasi alam (pexels.com/Jacob Colvin)

Angin merupakan elemen yang melengkapi kehidupan makhluk hidup di bumi. Walaupun tak bisa dilihat, namun angin dapat dirasakan keberadaannya.

Keberadaannya sungguh penting untuk makhluk hidup, termasuk manusia. Meskipun kerap tak dinggap karena tak nampak, namun justru ia menyimpan pelajaran tentang bagaimana belajar menghargai keberadaannya yang penting, walaupun kerap terlupakan. 

2. Belajar untuk menjadi sosok yang ikhlas

Belajar Bersyukur! 5 Pelajaran Hidup dari Anginilustrasi wanita (pexels.com/Lucas Pezeta)

Manusia bisa bernapas karena didukung oleh adanya elemen angin ini. Jika tidak, manusia tak akan bisa hidup. Betapa pentingnya peranan angin pada kehidupan manusia. 

Angin kerap disepelekan hanya karena tidak nampak. Walaupun begitu, angin tetap terus ada untuk menghidupi manusia. Dari angin, kita belajar untuk tetap ikhlas. Ia selalu ada untuk memenuhi kebutuhan manusia meskipun tak ada yang bisa melihatnya.

3. Belajar untuk lebih memerhatikan lingkungan sekitar

Belajar Bersyukur! 5 Pelajaran Hidup dari Anginilustrasi alam (pexels.com/Greg Galas)

Hembusan angin mungkin terlihat biasa saja. Angin selalu ada di setiap tempat. Alih-alih menghargai keberadaannya, banyak orang yang tidak memerhatikannya dan dengan sengaja justru merusak udara serta melakukan pencemaran lingkungan.

Melalui angin, belajar bertanggung jawab untuk menjaga alam. Keberadaanya tidak dapat digantikan dengan apapun. Tanpa kehadiran angin, bisa jadi makhluk hidup tidak ada lagi di muka bumi ini.

4. Belajar arti kedamaian

Belajar Bersyukur! 5 Pelajaran Hidup dari Anginilustrasi kedamaian (pexels.com/ Spencer Selover)

Angin membawa kesejukan. Melalui angin kita dapat merasakan ketenangan dan kedamaian. Pelajaran yang tersimpan ini pun dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. 

Layaknya angin yang membawa rasa tenang, setiap manusia harus bisa menjadi sepertinya. Di manapun berada, manusia diharapkan mampu membawa kenyamanan dan kedamaian bagi lingkungan sekitar. Inilah pelajaran yang sering terabaikan.

5. Belajar untuk lebih bersyukur

Belajar Bersyukur! 5 Pelajaran Hidup dari Anginilustrasi wanita (pexels.com/Marinko Krsmanovic)

Keberadaannya sering tidak dianggap, padahal penting untuk kebutuhan hidup manusia. Dari angin, memberi pelajaran untuk tetap bersyukur. Kehadiran angin membawa kenikmatan yang sungguh luar biasa.

Sudah sepatutnya mensyukuri anugrah ini. Seseorang belajar untuk bisa menerima hal-hal yang sederhana seperti angin. Ia merupakan sumber kebutuhan dan pemenuh kebahagiaan, apalagi jika mampu diresapi secara mendalam.

Angin membawa pelajaran yang sangat berharga. Ya, itulah pelajaran hidup yang bisa dicontoh dari angin. Bagaimana menurutmu?

Maftukhatul Azizah Photo Community Writer Maftukhatul Azizah

Berbagi energi positif melalui tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya