Comscore Tracker

6 Ucapan Ulang Tahun dalam Bahasa Bali

Cara mengucapkan pakai bahasa daerahmu kayak gimana, guys?

Penulis: Community Writer Ari Budiadnyana

Ulang tahun dirayakan sekali dalam setahun. Dalam perayaan ini, selain mengadakan syukuran atau pesta, juga selalu diwarnai ucapan dan doa. Biasanya ucapan ini menggunakan Bahasa Indonesia atau bahkan Bahasa Inggris. Lalu bagaimana ya, ucapan dan doa ulang tahun dalam Bahasa Bali ?

Berdasarkan penjelasan dari Wayan Yogik Aditya Urdhahana, Penyuluh Bahasa Bali Kota Denpasar, ketika dihubungi melalui saluran telepon, Senin (13/12/2021), mengutarakan ada banyak ucapan ulang tahun dalam Bahasa Bali.

Berikut enam ucapan ulang tahun dalam Bahasa Bali, yang bisa kamu gunakan untuk teman, keluarga atau kerabat.

Baca Juga: 10 Bahasa Gaul Anak Bali yang Sering Dipakai Sehari-hari

1. Rahajeng wanti warsa, mogi dirgayusa

6 Ucapan Ulang Tahun dalam Bahasa Baliilustrasi ulang tahun (pexels.com/Ami Suhzu)

Ucapan ini terdiri dari rahajeng wanti warsa yang memiliki arti selamat ulang tahun, dan mogi dirgayusa artinya semoga diberi umur yang panjang atau semoga panjang umur.

2. Rahajeng wanti warsa, mogi stata kenak rahayu

6 Ucapan Ulang Tahun dalam Bahasa Baliilustrasi ulang tahun (dok. pribadi/ari budiadnyana)

Ucapan selamat ulang tahun ini bisa digunakan untuk siapa saja. Ucapan ini memiliki arti selamat ulang tahun, semoga dalam keadaan sehat dan bahagia selalu.

Baca Juga: 7 Kosakata Bahasa Indonesia Unik yang Jarang Digunakan

3. Rahajeng wanti warsa, mogi dirgahayu

6 Ucapan Ulang Tahun dalam Bahasa Baliilustrasi ulang tahun (dok. pribadi/ari budiadnyana)

Bahasa Bali dirgahayu memiliki arti sejahtera. Secara lengkap, arti dari ucapan rahajeng wanti warsa, mogi dirgahayu adalah selamat ulang tahun semoga selalu sejahtera. Ucapan ini biasanya digunakan untuk orang yang memiliki hubungan bisnis.

4. Dumogi ring wanti warsa i dewa ne puniki, prasida dados warsa sane utama

6 Ucapan Ulang Tahun dalam Bahasa Baliilustrasi ulang tahun (dok. pribadi/ari budiadnyana)

Ucapan ini biasanya digunakan orangtua kepada anak atau keluarga yang tingkatnya di bawah mereka. Ucapan ini memiliki arti semoga di hari ulang tahun ananda ini, menjadi tahun yang penuh kebaikan dan berkah.

5. Dumogi ring wanti warsa puniki, prasida ngamolihang arta brana, miwah setata rahayu

6 Ucapan Ulang Tahun dalam Bahasa Baliilustrasi ulang tahun (pexels.com/lilartsy)

Arti kata arta brana erat kaitannya dengan harta atau kekayaan. Dalam ucapan ini dapat diartikan sebagai rejeki yang berlimpah.

Arti ucapan dumogi ring wanti warsa puniki, prasida ngamolihan arta brana adalah semoga di hari ulang tahun ini, bisa mendapatkan rejeki yang berlimpah dan selalu bahagia.

6. Rahajeng wanti warsa, dumogi prasida polih napi sane arsayang i dewa antuk sapanugrahan Ida Sang Hyang Widhi Wasa

6 Ucapan Ulang Tahun dalam Bahasa Baliilustrasi ulang tahun (pexels.com/lilartsy)

Bentuk lengkap dari ucapan di atas adalah rahajeng wanti warsa, dumogi prasida polih napi sane arsayang i dewa antuk sapanugrahan Ida Sang Hyang Widhi Wasa, makadi kawicaksanan, kawarasan miwah karahayuan.

Ucapan tersebut memiliki arti selamat ulang tahun, semoga kamu diberi hadiah terindah dari Tuhan berupa kebijaksanaan, kesehatan, dan kebahagiaan.

Ucapan ulang tahun dalam Bahasa Bali kurang populer dipakai oleh kalangan remaja masa kini. Mereka lebih memilih menggunakan kalimat dalam bahasa asing.

Padahal ucapan hari ulang tahun dalam Bahasa Bali perlu lebih dipopulerkan lagi, agar penggunaannya tidak hilang ditelan zaman.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya