Comscore Tracker

Tips Membersihkan Sepatu Biar Gak Rusak, Jangan Rendam Pakai Deterjen

 Siapa nih yang sering cuci sepatu pakai cara ini?

Sepatu kini termasuk item yang turut memengaruhi kepercayaan diri pemakainya. Masyarakat tidak hanya membeli sepatu karena melihat fungsinya. Tapi lebih dari itu, yakni sebagai bagian penting dari penampilan. 

Nah, sepatu yang bersih tentunya juga akan menambah kenyamanan dan kepercayaan diri seseorang. Membersihkan sepatu menjadi kewajiban agar terhindar dari bakteri dan masalah bau kaki. 

Selain memperhatikan faktor kesehatan, saat membersihkan sepatu, penting juga untuk mengetahui bagaimana cara mencuci yang tepat agar sepatu tidak malah cepat rusak. Berikut ini tips dari Direktur Utama Spotless, Prabadika Hadyan Romadhona, yang disampaikan melalui rilisnya, cara untuk membersihkan sepatu agar kembali seperti baru dan tetap awet. 

Baca Juga: Anti Mati Gaya, 10 Inspirasi Padu Padan Sepatu Boots ala Bua Nalinthip

1. Pilihlah sabun sepatu yang tepat

Tips Membersihkan Sepatu Biar Gak Rusak, Jangan Rendam Pakai DeterjenMencuci sepatu untuk membersihkan kuman di sepatu dan membuat penampilan menjadi lebih rapi (spy.com)

Kamu tetap bisa lho mencuci sepatu kesayanganmu sendiri di rumah. Kamu hanya perlu memilih sabun sepatu yang pas agar tidak merusak sepatu. Pilihlah sabun yang sesuai dengan bahan sepatu kamu, misalnya yang cocok untuk suede, canvas, nubuck, leather, knit, dan mesh.

Selain itu, kamu bisa mencari sabun yang ramah lingkungan sehingga aman digunakan pada semua jenis warna, tanpa merusak atau membuatnya jadi luntur.

2. Pahami metode mencuci sepatu yang benar

Tips Membersihkan Sepatu Biar Gak Rusak, Jangan Rendam Pakai DeterjenMeletakkan sepatu pada rak sepatu menjadi salah satu cara agar sepatu mendapatkan sirkulasi udara yang baik (simplyspaced.com)

Ketika hendak mencuci sepatu, kamu perlu tahu jenis bahan sepatu tersebut, termasuk metode mencucinya. Selanjutnya, perlakukan sepatu sesuai dengan bahan dan jenisnya. Kamu perlu menggunakan alat-alat yang tepat agar efektif membersihkan sepatu.

Jangan lupa untuk membersihkan bagian dalam sepatu, tali, dan sol bawah sepatu. Hindari membersihkan sepatu dengan merendamnya menggunakan detergen. Cara itu justru bisa menjadi awal penyebab kerusakan sepatu lho.

3. Jangan menjemur sepatu langsung di bawah sinar matahari

Tips Membersihkan Sepatu Biar Gak Rusak, Jangan Rendam Pakai Deterjeninstagram.com/langkahbylinalee

Kesalahan lain yang kerap tidak disadari adalah terkait cara mengeringkan sepatu setelah dicuci. Sepatu yang telah dicuci sebaiknya jangan dijemur langsung di bawah sinar matahari.

Lalu bagaimana cara mengeringkannya? Untuk mengeringkan sepatu, bisa dengan cara diangin-anginkan saja agar tidak merusak warna. Selain itu, perhatikan juga tempat penyimpanan sepatu untuk mencegah tumbuhnya jamur. Jadi hindari tempat yang lembab.

4. Gunakan cara dry clean untuk mempermudah membersihkan sepatu

Tips Membersihkan Sepatu Biar Gak Rusak, Jangan Rendam Pakai DeterjenMencuci sepatu dengan merendam akan membuat lem sepatu mudah lepas (presisi.co)

Membersihkan sepatu kotor saat ini tidaklah sesulit yang dibayangkan. Masyarakat mulai meninggalkan cara mencuci dengan merendam sepatu dan beralih ke cara dry clean.

Cara dry clean ini bisa membersihkan sepatu tanpa harus perlu direndam. Kamu juga tidak perlu mengeringkan sepatu di bawah sinar matahari. Hal ini tentunya dapat memperpanjang umur sepatu kesayangan kamu.

Nah itu beberapa tips membersihkan sepatu agar tidak cepat rusak ya. Semoga bermanfaat. 

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya