Comscore Tracker

Sudah Lama Resign? 5 Tips Membangun Karier dari Nol

Tidak ada kata terlambat selama mau berusaha

Apakah kamu pernah menghadapi momen sulit dan berada dalam dua pilihan yang tidak mudah untuk diputuskan? Di satu sisi, kamu harus keluar dari pekerjaan karena menikah, memiliki anak, pindah tempat tinggal, atau alasan pribadi lainnya. Namun di sisi lain, kamu juga merasa perlu mengembangkan karier. 

Bagi kamu yang pada akhirnya memutuskan untuk resign, mungkin merasa cemas bagaimana cara ke depannya kembali membangun karier. Apakah akan sulit ketika memulai lagi dari nol? Apalagi jika jarak waktunya cukup jauh. Tidak perlu khawatir, tidak ada kata terlambat. Nah berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk membangun karier dari nol:

Baca Juga: 6 Akibat bila Suka Menjegal Karier Teman, Karier Sendiri Sulit Maju!

1. Pilih pekerjaan yang skillnya benar-benar kamu kuasai

Sudah Lama Resign? 5 Tips Membangun Karier dari Nolilustrasi kerja (pexels.com/Fauxels)

Tips yang pertama kalau ingin membangun kembali kariermu setelah lama resign ialah pilih pekerjaan yang benar-benar kamu kuasai. Modal utama untuk membangun semuanya dari nol adalah skill yang mumpuni. 

Apalagi kalau usiamu sudah termasuk matang. Tanpa skill yang benar-benar kuat, peluang untuk bisa mendapatkan pekerjaan cenderung kecil. Jadi kamu harus tahu, skill apa yang sangat kamu kuasai. Setelah itu, kemudian pilih pekerjaan yang sesuai untuk kamu kembali berkarier. 

2. Mulai dari pekerjaan yang mudah untuk beradaptasi kembali di dunia kerja

Sudah Lama Resign? 5 Tips Membangun Karier dari Nolilustrasi kerja (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Tips yang kedua ialah kamu bisa mulai membangun kembali kariermu dengan pekerjaan yang mudah. Momen ini bisa kamu jadikan sebagai peluang untuk beradaptasi, kembali masuk ke dalam dunia kerja. 

Apabila sudah lama resign, tentu kamu sudah tidak biasa dengan perintah, tekanan, dan hal-hal yang biasa terjadi di tempat kerja. Jadi untuk beradaptasi, mulailah dengan pekerjaan mudah. Kalau sudah terbiasa dengan dunia kerja baru, kamu bisa meningkatkan dengan pindah ke pekerjaan yang lebih menjanjikan. 

3. Kembangkan karier secara bertahap dan penuh kehati-hatian

Sudah Lama Resign? 5 Tips Membangun Karier dari Nolilustrasi berpikir (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Ketika ingin membangun kembali kariermu setelah resign dalam waktu lama, mungkin akan muncul ambisi yang tinggi. Tapi tips yang mungkin berguna untukmu ialah bangunlah kariermu secara bertahap dan penuh kehati-hatian. Jangan terlalu terburu-buru.

Membangun karier dari nol lagi memang tidak mudah. Jangan sampai kamu malah kehilangan semuanya karena terlalu terburu-buru dan ambisius untuk cepat sukses. Lakukan secara bertahap dalam meningkatkan jenjang kariermu untuk meminimalisir kesalahan dan kegagalan. 

4. Penting untuk memilih bidang karier yang sesuai dengan keadaanmu saat ini

Sudah Lama Resign? 5 Tips Membangun Karier dari Nolilustrasi orangtua dan anak (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Ketika kamu memutuskan untuk resign dalam waktu lama, tentu ada alasan tersendiri. Entah karena menikah, mengurus anak, ataupun hal lainnya. Maka dari itu, apabila saat ini kamu ingin memulainya lagi dari awal, pilihlah pekerjaan yang sesuai dengan keadaanmu saat ini. 

Misalnya saat ini kamu adalah seorang ibu rumah tangga, maka pilih pekerjaan yang bisa dikerjakan dari rumah agar bisa sambil mengasuh anak. Jangan sampai kamu melalaikan tanggung jawab dan kehilangan hal yang berharga demi ambisimu mengejar karier. 

5. Apabila ingin membangun bisnis, pastikan partnermu benar-benar terpercaya

Sudah Lama Resign? 5 Tips Membangun Karier dari Nolilustrasi bisnis (pexels.com/Tim Douglas)

Apabila pilihanmu untuk membangun karier lagi adalah dengan menjalankan bisnis sendiri, maka jalanilah dengan partner yang memang bisa dipercaya. Bisa dengan mengajak teman, kenalan, atau orang profesional di bidangnya. 

Membangun bisnis dari nol tentu tidak mudah. Jangan sampai kamu mengorbankan semuanya karena salah memilih orang kepercayaan. Bangkrut di usia matang dan tua, akan lebih susah untuk bangkit kembali dibandingkan jika hal itu terjadi saat kamu muda. Jadi pertimbangkan baik-baik ya. 

Selama ada kemauan untuk berusaha, tidak ada kata terlambat untuk membangun kembali kariermu. Selamat mencoba lima tips membangun kembali karier dari nol di atas ya. Semoga berhasil!

afifah hanim Photo Community Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya