Comscore Tracker

5 Fakta SpongeBob, Bikini Bottom yang Ternyata Lokasi Uji Coba Nuklir

Gak pernah bosan melihat kekonyolan SpongeBob dan Patrick

SpongeBob SquarePants merupakan serial kartun yang sangat digemari anak-anak. SpongeBob SquarePants mengisahkan tentang kehidupan makhluk-makhluk bawah laut di Bikini Bottom, yang konon terletak di Samudera Pasifik. Kisah-kisah lucu setiap karakter SpongeBob SquarePants tidak pernah membosankan untuk ditonton.

Sehingga tidak mengejutkan, animasi yang diproduksi oleh Nickelodeon ini masih eksis sampai sekarang. Berikut beberapa fakta unik di balik terciptanya SpongeBob SquarePants:

Baca Juga: Misteri Tintin, Terinpirasi dari Remaja Denmark Hingga Perwira Nazi

1. Serial SpongeBob Squarepants dibuat oleh ahli biologis laut

5 Fakta SpongeBob, Bikini Bottom yang Ternyata Lokasi Uji Coba NuklirInstagram.com/SpongeBob

Film kartun SpongeBob Squarepants diciptakan oleh Stephen Hillenburg. Ia bukanlah kartunis, bukan juga seorang seniman. Melainkan seorang pengajar biologi kelautan di Orange County Marine Institute.

Stephen memiliki gelar perencanaan sumber daya alam yang fokus kepada sumber daya laut. Sebelum menciptakan film kartun atau serial animasi, ia lebih dulu membuat komik berjudul Intertidial Zone for the Institute, dengan tokoh utama SpongeBob.

Sehingga tidak aneh kalau kartun SpongeBob Squarepants banyak karakter biota laut yang mungkin jarang diketahui khalayak.

Baca Juga: Tokoh Popeye Terinspirasi dari Bartender Penyayang Anak-anak

2. Squidward bukan gurita yang semestinya

5 Fakta SpongeBob, Bikini Bottom yang Ternyata Lokasi Uji Coba NuklirInstagram.com/Squidward

Para pencinta SpongeBob SquarePants tentu tak asing dengan karakter Squidward. Squidward digambarkan sebagai seekor gurita, sahabat, dan tetangga dari Spongebob. Kerap kali Squidward menjadi karakter yang sering diganggu oleh SpongeBob dan Patrick.

Namun ternyata Squidward bukanlah gurita maupun cumi-cumi semestinya. Jika gurita pada umumnya memiliki delapan tentakel, namun Squidward hanya memiliki enam tentakel.

Pembuatnya lalu mengklarifikasi hal ini. Rencananya si pencipta karakter ini berencana memberikan menambahkan menjadi delapan tentakel untuk Squidward, seperti gurita di dunia nyata. Namun secara visual itu dianggap membebani karakter Squidward. Sehingga diputuskan hanya memiliki empat tentakel.

3. Dalam dunia nyata, SpongeBob dan Patrick bermusuhan

5 Fakta SpongeBob, Bikini Bottom yang Ternyata Lokasi Uji Coba NuklirInstagram.com/SpongeBob

Dalam serial kartun ini, SpongeBob dan Patrick merupakan sahabat dekat. Hari-hari konyol mereka lakukan berdua, dan persahabatam mereka digambarkan sangat erat. Namun di dunia nyata, SpongeBob dan Patrick bermusuhan.

SpongeBob adalah spons kaca kuning dalam genus hertwigia. Spons ini membentuk tubuh mereka dari silika yang disekresikan secara biologis, atau kaca.

Patrick, di sisi lain, adalah bintang laut poraniidae dalam genus chondraster. Keluarga bintang laut poraniidae tidak memiliki duri, dan mereka sangat mirip dengan penggambaran kartun bintang laut biasa. Dalam dunia nyata, Spons kaca kuning, merupakan mangsa dari Patrick.

4. Karakter SpongeBob terinspirasi dari Jerry Lewis dan Pee-Wee Herman, serta Stan Laurel

5 Fakta SpongeBob, Bikini Bottom yang Ternyata Lokasi Uji Coba NuklirInstagram.com/SpongeBob

SpongeBob SquarePants digambarkan sebagai makhluk setengah dewasa setengah anak yang memiliki beragam tingkah jenaka.

Ternyata karakter SpongeBob itu terinspirasi dari komedian Jerry Lewis dan Pee-Wee Herman, serta Stan Laurel. Perpaduan ketiganya membentuk karakter SpongeBob yang selalu menghibur dengan berbagai tingkah jenakanya.

5. Bikini Bottom adalah Bikini Atoll, lokasi uji coba bom atom

5 Fakta SpongeBob, Bikini Bottom yang Ternyata Lokasi Uji Coba NuklirInstagram.com/SpongeBob

Siapa sangka Bikini Bottom, plot utama atau rumah tinggal semua karakter dalam Spongbob SquarePants, merupakan Bikini Atoll.

Bikini Atoll dikenal sebagai pulau di Samudra Pasifik. Pascaera Perang Dunia II atau sekitar tahun 1846, dijadikan sebagai lokasi uji coba bom atom.

Ada sekitar 23 senjata nuklir yang dijatuhkan ke Perairan Bikini Atoll. Sehingga pencipta kartun menganggap, radiasi nuklir dari bom atom itu membuat mahluk hidup bawah laut di Bikini Atoll bermutasi menjadi makhluk yang aneh-aneh.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya