TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Tips Koperasi di Tabanan Bertahan Saat Ekonomi Masyarakat Menurun

Semangat ya buat koperasi

ilustrasi memberikan uang (IDN TImes/Reza Iqbal)

Tabanan, IDN Times - Sebanyak 99 koperasi di Kabupaten Tabanan terdampak COVID-19. Kebanyakan koperasi ini terdampak karena macetnya penarikan kredit, serta terjadi  penarikan tabungan dan deposito. Pemerintah sendiri saat ini memberikan stimulus kepada koperasi yang terdampak.

Lalu bagaimana kiat-kiat koperasi agar bisa bertahan di tengah turunnya perekonomian karena pandemik COVID-19?

Baca Juga: 4000 Koperasi di Bali Bakal Dapat Bantuan Hingga Rp30 Juta

1. Koperasi harus menjaga kestabilan cash flow

Phoderstock/Shutterstock via businessnewsdaily.com

Manager KSU Swadana Arta, Ni Ketut Indrawati, mengatakan saat ini koperasi memang terimbas COVID-19. Karena banyaknya anggota yang kehilangan mata pencaharian membuat berimbas terhadap kreditnya.

"Banyak anggota tidak bisa bayar kredit sejak bulan Maret. Akibatnya tidak ada pembayaran bunga yang masuk," ujarnya, Rabu (3/6).

Selain kredit yang macet, pihak koperasi juga harus menjaga kestabilan cash flow. Karena banyak anggota yang menarik tabungan maupun depositonya.

"Karena ini membuat koperasi mengalami penurunan di segala aspek," lanjut Indrawati..

Baca Juga: Lagi Viral, Ini Cara Budidaya Lele dan Kangkung dalam Ember

2. Lakukan relaksasi kredit untuk bisa bertahan

Ilustrasi dompet dan keuangan (IDN Times/Dwi Agustiar)

Agar bisa bertahan dalam kondisi ekonomi yang menurun karena pandemik, pihaknya menerapkan sistem relaksasi untuk menangani kredit yang macet. Artinya, tunggakan bunga akan dimasukkan ke dalam simpanan pokok. Sehingga anggota tidak terbebani masalah bunga kredit.

Indrawati melanjutkan, KSU Swadana Arta yang saat ini memiliki 220 anggota belum membatasi penarikan tabungan ataupun deposito, karena masih memiliki dana likuiditas yang masih cukup.

Saat ini pihak KSU Swadana Arta sudah mendapatkan bantuan stimulus dari pemerintah sebesar Rp10 juta. Selain stimulus, Indrawati berharap kondisi ekonomi akan semakin membaik ke depannya. Sehingga koperasi juga bertumbuh baik.

Berita Terkini Lainnya