TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

19 Kelompok Ternak Babi Tabanan Dapat Hibah Bansos

Daging babi berpotensi menyumbang inflasi saat Galungan

Ternak babi (Dok.IDNTimes/Istimewa)

Tabanan, IDN Times - Saat ini harga jual daging babi di Kabupaten Tabanan mencapai Rp90 ribu per kilogram. Harganya diprediksi akan tembus Rp100 ribu mendekati Hari Raya Galungan dan Kuningan. Untuk menjaga pasokan babi dan menstabilkan harga jual di pasaran, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tabanan menyalurkan hibah bantuan sosial (bansos) kepada 19 kelompok ternak babi yang ada di Tabanan.

Bantuan ini digunakan para peternak untuk membeli bibit babi, sehingga nantinya bisa lebih memperbanyak populasi babi di Tabanan.

1. Rata-rata mendapatkan Rp25 juta hingga Rp50 juta per kelompok

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Tabanan, Gede Eka Parta Ariana, menyebutkan ada 19 kelompok peternak babi yang mendapatkan bantuan hibah bansos. Rata-rata mendapatkan bantuan yang bervariasi antara Rp25  juta hingga Rp50 juta per kelompok.

"Hibah ini bervariasi, tetapi dari kelompok digunakan untuk membeli  bibit babi. Total bibit babi yang dibeli tercatat sebanyak 348 ekor," ujarnya, Senin (16/9/2024).

2. Penambahan bibit diharapkan untuk meningkatkan populasi ternak babi

Ilustrasi ternak babi (Dok.IDNTimes/Istimewa)

Eka berharap, pembelian bibit diharapkan ini dapat meningkatkan populasi ternak babi di Tabanan sekaligus menstabilkan harga jualnya. 

Menurut Eka, kebutuhan babi di Hari Raya Galungan saat ini terpenuhi. Sebab Tabanan memiliki  29.289 ekor babi.

"Untuk ketersediaan babi siap potong sebanyak 5.225 ekor, sementara kebutuhan untuk Galungan diperkirakan sebanyak 4.501 ekor.  Jadi masih mencukupi," katanya.

Berita Terkini Lainnya