TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tempat Kencan Hemat di Bali, Cocok untuk Anak Kos

Gak sampai Rp100 ribu, dompet aman walau uang bulanan telat

Suasana kawasan wisata Pantai Sanur di Kota Denpasar selama pandemik. (IDN Times/Ni Ketut Sudiani)

Penulis: Community Writer, Ari Budiadnyana

Sebagai pelajar atau mahasiswa yang juga sekaligus sebagai anak kos, hidup di perantauan perlu mengatur keuangan sebaik mungkin. Kamu dituntut untuk mengelola pengeluaran biaya bulanan agar cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Meskipun sebagai anak kos, tetap boleh pacaran dong. Jika keuangan pas-pasan, ditambah orangtua telat kirim uang bulanan, kamu harus kreatif untuk memilih tempat kencan bersama pasangan.

Tenang saja. Buat kamu perantauan di Bali, masih bisa mengajak pasangan untuk jalan-jalan tanpa harus keluar uang yang banyak. Yuk ikutin tipsnya!

Baca Juga: 5 Camilan Murah di Renon Denpasar, Seporsi Gak akan Cukup

1. Menikmati Pantai Sanur bersama pasangan

Ilustrasi suasana Pantai Sanur yang sepi pengunjung (IDN Times/Ayu Afria)

Kamu bisa mengajak pasangan ke Pantai Sanur, Kota Denpasar. Kamu bisa memilih Pantai Segara Sanur untuk memakirkan kendaraanmu. Hanya bayar parkir sebesar Rp2 ribu untuk sepeda motor dan mobil Rp3 ribu.

Pantai Sanur memiliki area untuk pejalan kaki maupun pesepeda. Kamu bisa memanfaatkan area tersebut untuk berjalan kaki atau menyewa sepeda seharga Rp15 ribu per unit bersama pasangan. Kalian jadi menikmati indahnya pantai sambil ngobrol bersama pasangan. Selain itu, juga bisa olahraga di sepanjang pantai.

Kamu juga bisa mengajak pasangan berendam di laut atau bermain kano. Harga sewa kano Rp15 ribu hingga Rp20 ribu. Terakhir, kamu bisa menikmati kuliner yang banyak berjajar di area Pantai Sanur seperti lumpia, bakso, tipat santok, satai, atau kalau di pagi hari kamu bisa menikmati nasi Men Weti yang legendaris.

Baca Juga: 5 Warung Legendaris di Sanur, Ada yang Jualan sejak 1941

2. Olahraga bareng di Lapangan Niti Mandala, Kelurahan Renon, Kota Denpasar

Monumen Bajra Sandhi (instagram.com/pesonaid_travel)

Kalau kamu dan pasangan suka olahraga, tidak ada salahnya memilih Lapangan Niti Mandala. Kalian bisa olahraga bareng seperti jalan kaki, atau lari di jogging track mengitari lapangan. Tentunya kamu jadi semangat dong, karena ditemani oleh doi yang juga ikut berolahraga.

Setelah selesai berolahraga, kamu bisa menikmati kuliner. Satu di antaranya siomay legendaris Pak Lebah, yang berada di sebelah timur Lapangan Niti Mandala Renon. Harganya Rp10 ribu per porsi dan minuman dingin Rp5 ribu.

3. Menikmati suasana di Tukad Korea, Kota Denpasar

Tukad Korea di Kota Denpasar. (IDN Times/Irma Yudistirani)

Tukad Korea adalah sebutan untuk area Tukad Badung yang berada di antara Pasar Badung dan Pasar Kumbasari. Area ini memang dipermak cantik oleh Pemerintah Kota Denpasar, sehingga bisa dijadikan sebagai tempat rekreasi.

Kamu bisa mengajak pasangan ke lokasi ini sambil duduk-duduk menikmati indahnya lokasi pada sore hingga malam hari. Tetapi jangan ke sini saat musim hujan ya. Biasanya area ini akan terendam oleh luapan air Tukad Badung.

Setelah puas berduaan di pinggir Tukad Badung, kamu bisa menikmati beragam kuliner di Pasar Badung. Lantai empat dan area halaman Pasar Badung tersedia beragam stand kuliner dari bakso kare yang legendaris hingga lainnya.

Harga menu di lokasi ini mulai Rp10 ribuan. Jadi gak bikin kantongmu bolong tapi rasanya bikin ketagihan.

4. Jalan-jalan ke Ubud, Kabupaten Gianyar

Foto hanya ilustrasi. (IDN Times/Irma Yudistirani)

Untuk anak kos yang isi dompetnya pas-pasan tapi pengen ngajak pasangan ke Ubud? Bisa banget dong. Ubud di Kabupaten Gianyar juga banyak tempat yang tidak menguras isi dompet.

Kamu bisa mencoba ke Ubud bersama pasangan menggunakan Teman Bus. Teman Bus adalah program pengembangan angkutan umum di perkotaan berbasis jalan yang menggunakan teknologi telematika. Sekadar informasi, saat tulisan ini dimuat, Teman Bus masih gratis alias tidak berbayar.

Kamu dan pasangan bisa naik melalui Terminal Ubung, Kota Denpasar. Jadi kendaraanmu bisa kamu taruh dulu di Terminal Ubung. Dari Terminal Ubung, kamu bisa cari bus tujuan Ubud (Monkey Forest). Jangan lupa bawa kartu cashless ya. Kalau gak punya, bisa pinjam dulu ke teman. Tenang, saldo tidak akan dipotong oleh Teman Bus.

Perjalanan dari Terminal Ubung sampai ke Monkey Forest sekitar satu jam. Waktu yang lumayan untuk kamu dan pasangan menikmati perjalanan. Sesampai di Ubud, kamu bisa memilih turun di Monkey Forest atau area Puri Ubud.

Kamu dan pasangan bisa mencoba beragam kuliner di area tersebut dengan harga yang tidak mahal, atau cukup membeli air mineral atau soft drink di warung terdekat. Kulinernya bisa kamu beli dulu di area Kota Denpasar sebagai bekal.

Tetapi ingat ya. Kamu tidak diperkenankan minum atau makan di dalam bus.

Baca Juga: 5 Warung Makan yang Buka Malam Hari di Denpasar

Berita Terkini Lainnya