Comscore Tracker

Diamond Beach, Destinasi Favorit Wisatawan di Nusa Penida

Kamu lagi di Bali? Cuzzz mampir ke sini

Kalau menyebut nama Nusa Penida, pasti yang kamu tahu hanya Nusa Lembongan, Billabong, dan Pantai Kelingking. Padahal masih banyak lagi destinasi wisata alam lain yang belum kamu eksplor secara keseluruhan. Seperti yang ada di Desa Pejukutan, Nusa Penida. Setelah Pantai Atuh, ada destinasi Bali lainnya yang mulai ramai dikunjungi wisatawan, yakni Pantai Diamond atau Diamond Beach.

1. Destinasi ini baru dikembangkan tahun 2018 lalu

Diamond Beach, Destinasi Favorit Wisatawan di Nusa PenidaIDN Times/Wayan Antara

Pantai Diamond ini masih berada satu area dengan objek wisata Bukit Molenteng dan Pantai Atuh. Destinasi ini mulai dikembangkan sejak tahun 2018 lalu. Lokasinya berada di sisi selatan tebing dan ditandai dengan guguran pulau karang. Ketiga objek wisata ini disambungkan oleh jalan setapak yang telah dibuat secara permanen oleh penduduk setempat.

"Krama (Masyarakat adat) di sini baru membuka destinasi ini sejak tahun 2018 lalu, dan langsung diminati oleh wisatawan. Ramai sekali setiap harinya ke destinasi ini," jelas pemandu wisata asal Denpasar, I Ketut Wirta.

Baca Juga: Awas, 5 Sambal Khas Bali ini Bikin Kamu Ketagihan

2. Ada permainan ayunannya juga di sini

Diamond Beach, Destinasi Favorit Wisatawan di Nusa PenidaIDN Times/Wayan Antara

Hal serupa juga diungkapkan oleh pemandu wisata lokal, I Gede Sukara. Menurutnya, Pantai Diamond kini menjadi destinasi yang paling banyak diminati para wisatawan saat ke Nusa Penida.

Menurut pengalamannya saat mengantar wisatawan, Pantai Diamond yang terletak di ujung Tenggara Nusa Penida itu menyajikan pemandangan yang komplit. Karena menyajikan kombinasi bentang tebing, pantai dan lautan lepas Samudera Hindia. Termasuk  ada spot foto yang menarik berupa permainan ayunan dengan tali yang diikat di kedua sisi pohon kelapa.

"Wisatawan sangat senang berfoto di tebing, dengan pemandangan pulau karang dan lautan biru. Ini jadi pengalaman menarik bagi wisatawan" ungkapnya.

3. Penduduk setempat membuka akses jalan dengan mengikis dinding tebing

Diamond Beach, Destinasi Favorit Wisatawan di Nusa PenidaIDN Times/Wayan Antara

Penduduk setempat membuka akses jalan ke Pantai Diamond dengan mengikis dinding tebing. Mereka telah membuat anak tangga sejauh sekitar 25 meter ke bawah tebing. Sehingga wisatawan dapat menginjakkan putihnya pasir Pantai Diamond, dengan pemandangan birunya laut yang menawan.

"Sejak pantai ini dibuatkan akses jalan, banyak tamu meminta untuk diajak ke pantai ini. Mereka berfoto di tangga, dengan latar belakang gugusan pulau kecil menjadi pengalaman yang menarik bagi wisatawan," ujar Sukara.

Ia pun meminta wisatawan untuk lebih berhati-hati saat menuruni anak tangga ini. Bahkan dirinya tidak menyarankan bagi wisatawan lanjut usia untuk turun ke bawah tebing karena cukup curam. Kamu berminat ke Diamond Beach ini? Yuk, datang ke Nusa Penida. Tapi jangan buang sampah sembarangan ya.

Baca Juga: Mulai Hari ini, Turis Asing Bayar Rp25 Ribu Jika ke Nusa Penida

Topic:

  • Irma Yudistirani
  • Septi Riyani

Just For You