Comscore Tracker

10 Air Terjun di Bangli, Cocok Buat Menenangkan Pikiran dan Hati

Lihat fotonya aja udah bikin adem ya

Penulis: Agung Pratama Satria

Jika mendengar kata Bali, pasti identik dengan wisata pantainya yang sangat memanjakan mata. Namun ada alternatif lain buat kamu yang ingin merasakan wisata selain pantai di Bali.

Kamu cukup mengunjungi satu-satunya wilayah di Bali yang tidak memiliki wilayah laut. Yaitu ke Kabupaten Bangli. Berikut 10 air terjun di Bangli yang bisa jadi destinasi wisata kamu.

1. Air Terjun Kuning

10 Air Terjun di Bangli, Cocok Buat Menenangkan Pikiran dan HatiInstagram.com/ceritakakigatal

Rekomendasi pertama jatuh kepada Air Terjun Kuning yang terletak di Desa Taman Bali, Kecamatan Bangli. Dengan ketinggian air terjun kurang lebih 30 meter, wisatawan akan melewati hamparan kebun cengkeh milik warga setempat ketika menuju ke air terjun ini.

Setelahnya, kamu akan melewati tebing yang cukup curam dan puluhan anak tangga alami sampai ke Air Terjun Kuning. Namun tenang, susah payah kamu akan terbayar dengan keindahan yang ditawarkan Air Terjun Kuning ini.

Baca Juga: Viewnya Gunung Batur, 6 Rekomendasi Tempat Camping di Kintamani

2. Air Terjun Tibumana

10 Air Terjun di Bangli, Cocok Buat Menenangkan Pikiran dan HatiInstagram.com/adisumerta

Air Terjun Tibumana merupakan destinasi selanjutnya yang menjadi rekomendasi. Uniknya, terkadang air terjun ini mengalirkan dua air terjun. Hal inilah yang membuat Air Terjun Tibumana disebut juga sebagai air terjun kembar.

Keunikan lainnya adalah latar air terjun ini berupa gua. Kamu juga akan disuguhi hamparan tebing di sekeliling air terjun yang dilapisi oleh lumut warna hijau, serta air jernih. Kalau kamu berminat berkunjung ke Air Terjun Tibumana, datang saja ke Desa Apuan, Kecamatan Susut.

3. Air Terjun Dedari Jelekungkang

10 Air Terjun di Bangli, Cocok Buat Menenangkan Pikiran dan HatiInstagram.com/_ngrmodix

Air Terjun di Bangli selanjutnya yang bisa kamu masukkan list destinasi wisata adalah Air Terjun Dedari Jelekungkang. Untuk mencapai air terjun yang terletak di Dusun Banjar Jelekungkang, Desa Taman Bali, Kecamatan Bangli ini, kamu harus melakukan tracking melewati perkebunan milik warga setempat.

Namun tenang, hawa yang ditawarkan sangat sejuk dan menyegarkan selama kamu menuju air terjun tersebut.

4. Air Terjun Kutuh

10 Air Terjun di Bangli, Cocok Buat Menenangkan Pikiran dan HatiInstagram.com/okibhoga

Air terjun bertingkat ini memiliki ketinggian kurang lebih 40 meter. Jika kamu berkunjung ke sini, Air Terjun Kutuh menawarkan sensasi unik dengan suhu airnya yang panas. Hal ini karena Air Terjun Kutuh memiliki sumber air panas.

Jika kamu ingin berkunjung ke sini dan merasakan air panas, lokasinya berada di Desa Subaya, Kecamatan Kintamani.

5. Air Terjun Tirta Payuk

10 Air Terjun di Bangli, Cocok Buat Menenangkan Pikiran dan HatiInstagram.com/sutatourtravelbaliofficial

Air terjun selanjutnya yang dapat kamu kunjungi adalah Air Terjun Tirta Payuk. Berlokasi di Dusun Banjar Bangun Lemah, Desa Apuan, Kecamatan Susut ini menawarkan air terjun yang tidak terlalu tinggi.

Selain itu, air terjun ini menawarkan dua tebing yang mengapitnya dan sedikit menjorok ke dalam, dihiasi oleh pepohonan hijau. Kolam airnya juga cukup jernih untuk kamu berenang bersama teman-teman atau orang terdekat.

6. Air Terjun Tukad Cepung

10 Air Terjun di Bangli, Cocok Buat Menenangkan Pikiran dan HatiInstagram.com/nusatrip

Air Terjun Tukad Cepung yang berlokasi di Dusun Banjar Penida Kelod, Desa tembuku, Kecamatan Tembuku ini menjadi rekomendasi untuk kamu selanjutnya. Jika kamu ingin berkunjung ke sini, harus sedikit usaha karena menyusuri jalan berundak, melewati pinggiran sungai, menuruni tebing, dan melewati jalan sempit di antara tebing.

Gak perlu khawatir, guys. Hal itu akan terbayar dengan pemandangan air terjun yang dikatakan wisatawan sebagai “air terjun dari langit” karena seperti jatuh dari langit. Air Terjun Tukad Cepung juga menjadi air terjun di Bangli yang cukup populer dan banyak dikunjungi wisatawan.

Baca Juga: Mencicipi Gurihnya Entil Pupuan, Kuliner Khas Tabanan Bali

7. Air Terjun Pengibul

10 Air Terjun di Bangli, Cocok Buat Menenangkan Pikiran dan HatiInstagram.com/rahjunn87

Destinasi air terjun selanjutnya adalah Air Terjun Pengibul. Air terjun ini menawarkan keunikan karena memiliki dua tingkat. Tingkat pertama memiliki tinggi sekitar 15 meter, dan tingkat keduanya berupa kolam air yang dapat digunakan untuk berendam.

Lokasinya ada di Desa Apuan, Kecamatan Susut, Cukup populer di kalangan wisatawan.

8. Air Terjun Tangkub

10 Air Terjun di Bangli, Cocok Buat Menenangkan Pikiran dan HatiInstagram.com/putra_pyrk

Memiliki nama lain Air Terjun Slau, karena airnya yang mengalir di Sungai Slau. Lokasinya di Desa Undisan Kelod, Kecamatan Tembuku. Wisatawan perlu usaha lebih agar bisa sampai ke sana. Sebab akses jalannya belum beraspal.

Wisatawan juga akan melewati hamparan sawah milik warga setempat terlebih dahulu sejauh 1,5 kilometer hingga sampai ke air terjun tersebut.

9. Air Terjun Bunutin

10 Air Terjun di Bangli, Cocok Buat Menenangkan Pikiran dan HatiInstagram.com/didukmiru

Air Terjun Bunutin lokasinya tersembunyi. Untuk sampai ke sana, kamu harus melewati medan yang cukup ekstrem. Namun setelah sampai di Air Terjun Bunutin, usaha kamu dijamin langsung terbayar setelah melihat pesonanya.

Terletak di Desa Bunutin, Kecamatan Kintamani, air terjun ini bisa jadi menjadi destinasi yang kamu tuju selama berwisata ke Bangli.

10. Air Terjun Sangsang

10 Air Terjun di Bangli, Cocok Buat Menenangkan Pikiran dan HatiBanglikab.go.id

Terakhir adalah Air Terjun Sangsang. Air terjun yang berlokasi di Desa Taman Bali, Kecamatan Bangli ini memiliki tinggi sekitar 30 meter. Cukup jarang dikunjungi oleh wisatawan sih. Jadi kalau kamu ingin mencari suasana yang nyaman, tenang, dan sepi, bisa memilih air terjun ini sebagai tujuan berwisata.

Itulah deretan air terjun di Bangli yang bisa jadi destinasi wisata kamu kalau sedang bosan dengan wisata pantai di Bali. Jangan lupa dicatat dan dimasukkan ke list kamu ya!

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya