Comscore Tracker

Mencicipi Gurihnya Entil Pupuan, Kuliner Khas Tabanan Bali

Ada yang tahu makanan ini gak?

Bukan rahasia umum lagi apabila Bali jadi daerah yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun internasional. Keindahan alam hingga budayanya sudah terkenal di mana-mana. Termasuk kulinernya. Sebut saja betutu dan lawar. Dua masakan itu sudah terkenal dan tak jarang juga bisa ditemui di luar pulau.

Selain kedua makanan populer tersebut, ada satu kuliner khas yang mungkin saja kamu belum pernah mendengarnya. Namanya entil pupuan. Kamu bisa menemukan makanan khas ini daerah Kabupaten Tabanan. Yuk, simak ulasan berikut ini.

Baca Juga: 4 Pesan Bijak Tetua Bali yang Tidak Boleh Kamu Lupakan

1. Ini merupakan makanan tradisional khas Kecamatan Pupuan

Mencicipi Gurihnya Entil Pupuan, Kuliner Khas Tabanan BaliDok.Pribadi/Suarcani

entil merupakan kuliner tradisional dari Kecamatan Pupuan, rasanya enak dan gurih. Masakan ini juga punya nilai sejarah dan agama. Karena biasanya hanya disajikan di hari-hari tertentu. Namun seiring perkembangan ekonomi, Entil akhirnya dikonsumsi secara luas dan dijadikan sebagai  kuliner khas yang dijual ke konsumen.

Pupuan sendiri berada di kaki Gunung Batukaru, Kabupaten Tabanan. Perlu waktu sekitar satu jam perjalanan dari Kota Denpasar jika pergi naik kendaraan pribadi.

Baca Juga: 5 Makanan Khas Bali Saat Galungan dan Kuningan, Lawar Paling Ditunggu

2. Penyajiannya mirip lontong atau tipat kuah

Mencicipi Gurihnya Entil Pupuan, Kuliner Khas Tabanan BaliDok.Pribadi/Suarcani

Entil merupakan penganan yang mirip lontong atau tipat kuah. Biasanya disajikan dalam keadaan berkuah bersama lauk lengkap seperti sayur, daging ayam, telur, keladi goreng, dan sambal. Kuahnya sendiri memiliki cita rasa yang khas. Dibuat dengan kaldu rebusan daging yang dicampur bumbu Bali lengkap dan santan. Kuah inilah yang menguatkan kadar kelezatan entil.

Entil dibungkus layaknya lontong. Hanya saja bentuk pembungkusnya berbeda dari yang lain. Yaitu dibungkus dengan daun pisang atau janur, dan daun khusus bernama kalingidi.

Baca Juga: 10 Makanan Khas Bali yang Terkenal di Mancanegara, Sudah Coba Semua?

3. Inilah wujud entil, yang dibungkus dengan daun kalingidi

Mencicipi Gurihnya Entil Pupuan, Kuliner Khas Tabanan BaliDok.Pribadi/Suarcani

Bisa jadi ini letak rahasia kelezatannya. Entil dibungkus pakai daun kalingidi. Daun ini dipercaya memiliki bahan antibiotik serta antiseptik alami. Selain itu, daun kalingidi juga memberikan aroma dan rasa yang khas.

Cara pembuatan entil juga terbilang sederhana. Diracik dari campuran beras merah dan beras putih, kemudian dibungkus daun kalingidi. Entil lalu dimasak selama lima jam sampai matang.

Proses memasaknya pun biasanya tidak memakai kompor. Masyarakat sering menggunakan kayu bakar, khususnya kayu kopi yang dipercaya menghasilkan aroma masakan yang lebih lezat.

4. Awalnya dipakai sebagai sarana upacara untuk leluhur

Mencicipi Gurihnya Entil Pupuan, Kuliner Khas Tabanan BaliIDN Times/Irma Yudistirani

Selain memiliki nilai ekonomis yang tinggi, pada awalnya Entil dibuat untuk tujuan keagamaan. Masakan ini hanya disajikan setiap perayaan Ulihan yang jatuh pada hari Minggu, tiga hari setelah Hari Raya Galungan.

Entil memiliki makna religius yang kuat dan dipercaya sebagai sarana upacara untuk mengantarkan leluhur kembali ke nirwana.

Baca Juga: Mitologi Hari Raya Galungan, Melawan Raja Sombong yang Ingin Disembah

5. Jarang ditemukan di luar wilayah Pupuan

Mencicipi Gurihnya Entil Pupuan, Kuliner Khas Tabanan BaliDok.Pribadi/Suarcani

Entil tidak sepopuler kuliner khas Bali lainnya. Beberapa masyarakat Bali juga ada yang belum mengenal masakan ini. Entil sendiri jarang ditemui di luar daerah Kecamatan Pupuan. Kuliner satu ini hanya dijual di wilayah Pupuan dan menjadi satu dari menu yang ditawarkan di rumah makan tradisional.

Tertarik mencobanya? Datang saja ke warung entil di pasar umum Desa Pupuan dan sekitarnya.

Baca Juga: 5 Kuliner Nasi Khas Bali yang Nikmatnya Bikin Kamu Speechless! 

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Suarcani di IDN Times Community dengan judul Mencicipi Lezatnya Entil Pupuan: Kuliner Khas dari Tabanan, Bali

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya