Comscore Tracker

Catatan 3 Hari Mudik Naik KM Lawit dari Bali ke Pulau Ende

Bayar Rp340 ribu dapat layanan fasilitas melebihi hotel

Umumnya, para traveler yang berliburan ke pulau-pulau atau provinsi di Nusantara lebih memilih menggunakan pesawat terbang. Transportasi udara itu memang dianggap bisa memangkas waktu perjalanan. Apalagi buat mereka yang memiliki waktu liburannya terbatas, karena harus kembali bekerja atau rutinitas lainnya.

Namun bagi millennials yang punya hobi traveling dan memiliki banyak waktu, sekali-sekali cobalah liburan naik kapal milik Perseroan Terbatas (PT) Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Persero. Moda transportasi laut ini berlayar di lautan Nusantara dari Sabang hingga Merauke. Dengan menggunakan kapal laut ini, traveler akan mendapatkan pengalaman berbeda dan tentunya memiliki momen yang luar biasa.

Seperti pengalaman saya, kontributor IDN Times Bali, yang libur Lebaran naik kapal KM Lawit dari Pulau Bali menuju Pulau Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) selama tiga hari dua malam di tengah laut.

1. Perjalanan naik kapal KM Lawit dari Pelabuhan Benoa ke Pelabuhan Ende menghabiskan waktu tiga hari dua malam

Catatan 3 Hari Mudik Naik KM Lawit dari Bali ke Pulau EndeIDN Times/Hisyam Keleten Kelin

Perjalanan menggunakan KM Lawit ini dimulai dari Pelabuhan Benoa, Denpasar. Tujuannya yaitu Pulau Flores di Kabupaten Ende, NTT. Butuh waktu tiga hari dua malam untuk sampai di lokasi tujuan.

Saat itu KM Lawit bertolak dari Pelabuhan Benoa, hari Selasa (28/5) pukul 11.30 Wita, dan tiba di Pelabuhan Bima sekitar pukul 10.30 Wita pada keesokan harinya, Rabu (29/5). Sekitar dua jam berlabuh, kapal kemudian melanjutkan perjalanan menuju Pelabuhan Waingapu (Sumba Timur) dan tiba pukul 03.00 Wita, Kamis (30/5). Sekitar pukul 07.00 Wita, KM Lawit kembali melanjutkan perjalanan menuju Pelabuhan Ende. Selama kurang lebih 10 jam di tengah laut, saya akhirnya tiba di Pelabuhan Ende dengan selamat pukul 17.00 Wita, Kamis (30/5).

Harga tiket KM Lawit tujuan Pelabuhan Benoa-Pelabuhan Ende ini dipatok Rp340 ribu per orang. Harga tersebut sudah termasuk makan tiga kali sehari. Apa saja fasilitas-fasilitas yang akan didapatkan?

Baca Juga: 8 Fakta Alquran & Masjid Tertua Kedua di Bali, Jadi Saksi Persaudaraan

2. Sekadar diketahui, nama kapal Pelni umumnya menggunakan nama gunung di Nusantara

Catatan 3 Hari Mudik Naik KM Lawit dari Bali ke Pulau EndeIND Times/Hisyamudin Keleten Kelin

Pelni memiliki banyak kapal. Rute atau jalur pelayaran tiap kapal berbeda, tergantung daerah atau provinsi yang menjadi tujuan destinasi pilihanmu. Umumnya, nama-nama kapal menggunakan nama gunung yang ada di Nusantara. Seperti KM Bukit Siguntang, KM Tidar, KM Sirimau, KM Lawit, KM Awu dan masih banyak lagi sebutan kapal Pelni di Indonesia.

Kapasitas penumpang kapal Pelni sendiri rata-rata berkisar 1000-2500 orang. Kapal Pelni umumnya terdapat tujuh dek atau tingkatan. Biaya tiket penumpang juga tergantung rute.

3. Jangan khawatir. Harga Rp340 ribu per orang, kamu sudah mendapatkan kamar privasi, AC, televisi, kamar mandi dalam, dan makan di restoran

Catatan 3 Hari Mudik Naik KM Lawit dari Bali ke Pulau EndeIDN Times/Hisyamudin Keleten Kelin

Berlayar menggunakan kapal Pelni, selain biaya yang dikeluarkan lebih ekonomis, juga banyak fasilitas yang bisa dinikmati. Satu di antaranya mendapatkan kelas kamar (Satu dan dua AB). Karena Pelni menyediakan tiket kelas ekonomi dan kelas kamar. Untuk kelas satu dan dua umumnya berada di dek lima bagian depan, dan dek enam maupun dek tujuh. Kelebihan dari kelas satu dan dua ini, selain mendapat makan spesial di restoran, juga tempat tidurnya nyaman.

Khusus penumpang kelas satu dan dua, masing-masing dilengkapi dengan kunci kamar. Kelas kamar ini bisa diisi sampai empat orang. Kamu dijamin bisa nyaman berada di kelas kamar ini karena lebih aman dan sanga privasi. Barang bawaan pun terjamin aman karena mendapat fasilitas lemari lengkap dengan kuncinya. Ruangan kamar pun ber-AC (Air Conditioner) dan tersedia kamar mandi dalam. Selain itu juga ada soket listrik dan televisi. Di kamar kelas ini, kamu bisa beraktivitas lebih enjoy seperti menulis, membaca maupun aktivitas lainnya.

4. Suasana berbeda terlihat di kelas ekonomi. Kamu bisa ketemu jodoh, barangkali...

Catatan 3 Hari Mudik Naik KM Lawit dari Bali ke Pulau EndeIDN Times/Hisymudin Keleten Kelin

Meski berbeda dengan fasilitas kelas kamar, traveler yang memilih kelas ekonomi juga tak kalah menarik. Terutama buat traveler yang senang berbaur dengan banyak orang. Nah, di kelas ekonomi ini, kamu akan berbaur dengan ratusan orang dalam satu lorong dek kapal. Kelas ekonomi ini umumnya ada di dek dua bagian depan, dek tiga, dek empat, dan dek lima bagian belakang.

Rata-rata satu lorong dek berisi ratusan tempat tidur yang berjajar. Di kelas ekonomi ini ratusan orang, baik muda-tua, laki-laki maupun perempuan berbaur jadi satu. Nah, kamu bisa sharing dan bersosialisasi di kelas ekonomi ini. Lumayan kan ada kenalan baru, bahkan di kelas ekonomi ini ada yang sampai ketemu jodoh lho.

Kamu jangan khawatir, di kelas ekonomi rata-rata kapal Pelni memberikan fasilitas televisi yang hidup selama 24 jam. Jadi kamu masih bisa terhibur meski di kelas ekonomi. Setiap ruangan kelas ekonomi juga dilengkapi pendingin ruangan, jadi tidak terasa panas. Hanya saja keamanan kurang terjaga. Namun jika ada barang bawaan berharga bisa dititipkan di ruang informasi kapal dan gratis. Kondisi kamar mandi di kelas ekonomi sedikit berbeda. Kamu harus siap antre karena kamar mandinya sharing.

5. Menikmati sunset dan sunrise dari atas kapal

Catatan 3 Hari Mudik Naik KM Lawit dari Bali ke Pulau EndeIDN Times/Hisyamudin Keleten Kelin

Ketika berada di atas kapal, para pemburu sunrise maupun sunset tidak perlu khawatir atau takut melewatkan momen ini. Karena dari atas kapal, kamu justru akan melihat sunrise dan sunset.

Dikelilingi hamparan bukit pulau dan gunung, munculnya sunrise maupun sunset menjadi spot foto paling apik jika diabadikan dari atas kapal. Kamu bisa mengabadikan momen matahari terbit maupun terbenam ini dari geladak kapal yang terletak di dek enam bagian kiri dan kanan.

6. Bersantai di kafetaria Pelni

Catatan 3 Hari Mudik Naik KM Lawit dari Bali ke Pulau EndeIDN Times/Hisyamudin Keleten Kelin

Momen yang tidak kalah menarik di atas kapal adalah duduk santai di kafetaria sembari menyeruput secangkir kopi, diiringi alunan musik berbagai genre. Suasana ini akan membuat liburanmu jadi lebih berwarna di atas kapal. Kafetaria ini terletak di dek tujuh bagian belakang.

Pada dek kapal paling atas ini, kamu bisa menyaksikan matahari terbit dan terbenam. Hamparan alam di pinggir-pinggir lautan atau pulau yang dilintasi kapal pada siang hari akan memanjakan pandangan mata para traveler.

Baca Juga: Potret Megibung di Kampung Islam Denpasar, Adopsi Tradisi Bali

7. Kapal Pelni juga dilengkapi bioskop dan bar serta restoran

Catatan 3 Hari Mudik Naik KM Lawit dari Bali ke Pulau EndeIDN Times/Hisyamudin Keleten Kelin

Saat berada di atas kapal, kamu akan bisa dihibur oleh film di bioskop. Karena pada umumnya, kapal Pelni dilengkapi bioskop dengan level mini theatre. Bioskop ini terletak di dek lima kapal. Jadwal buka bioskop di setiap kapal memiliki waktu berbeda. Begitu juga film yang diputar di bioskop mini theater ini pun beragam.

Biasanya, 15 menit sebelum pemutaran film akan ada pengumuman judul film melalui pengeras suara. Nah, harga tiket di setiap kapal pun berbeda. Rata-rata berkisar Rp10 ribu per film. Murah banget ya.

Selain itu, kamu juga bisa karaoke lho. Karena di dalam kapal Pelni juga disediakan bar sekaligus restoran untuk penumpang kelas kamar. Di ruangan itulah kamu bisa bernyanyi atau sekdar ingin terhibur dengan penampilan grup band Pelni. Hiburan ini biasanya gratis alias tidak dipungut biaya.

8. Ada fasilitas tempat untuk beribadah

Catatan 3 Hari Mudik Naik KM Lawit dari Bali ke Pulau EndeIDN Times/Hisyamudin Keleten Kelin

Kapal Pelni juga dilengkapi fasilitas ibadah. Untuk tempat ibadah umat muslim yakni musala, bisa ditemukan di dek enam kapal bagian belakang, lengkap dengan ruang wudhu. Setiap waktu salat tiba, akan ada azan dan umat muslim menunaikan salat secara berjamaah.

Sementara untuk yang nonmuslim, khususnya beragama Kristen, ibadahnya digelar di waktu-waktu tertentu, seperti hari Minggu. Nah, umumnya tempat ibadah nonmuslim ini berada di dek lima bagian tengah. Jadi baik muslim maupun nonmuslim tidak perlu khawatir kehilangan waktu beribadah saat berada di atas kapal.

9. Tersedia poliklinik dan perpustakaan

Catatan 3 Hari Mudik Naik KM Lawit dari Bali ke Pulau EndeIDN Times/Hisyamudin Keleten Kelin

Fasilitas lain yang bisa kamu dapatkan di atas kapal yaitu poliklinik dan ruang baca atau perpustakaan. Umumnya berada di dek enam kapal bagian tengah.

10. Dapat jatah makan tiga kali sehari. Jadi gak perlu takut kelaparan di atas kapal

Catatan 3 Hari Mudik Naik KM Lawit dari Bali ke Pulau EndeIDN Times/Hisyamudin Keleten Kelin

Satu hal yang paling penting dan ditunggu para traveler adalah makan. Sebagai seorang traveler jangan takut kelaparan saat berada di atas kapal. Baik penumpang kamar kelas maupun ekonomi tetap mendapatkan makan tiga kali sehari. Bedanya, untuk penumpang ekonomi mendapat makanan berupa lunch box, yang langsung diambil sendiri dari dapur di dek empat bagian tengah.

Sementara penumpang kelas satu dan dua, makannya prasmanan di restoran dek lima. Menu makanan yang disajikan berupa nasi putih dengan lauk ikan, telur, maupun ayam dan sayur-sayuran yang setiap hari berganti-ganti. Juga tersedia air mineral atau jus. Biasanya pada pagi hari, menu makannya tersedia susu dalam kemasan kotak kecil. Jadwal makan pagi, siang hingga malam biasanya diinformasikan melalui pengeras suara.

11. Di dalam kapal juga ada mini mart

Catatan 3 Hari Mudik Naik KM Lawit dari Bali ke Pulau EndeIDN Times/Hisyamudin Keleten Kelin

Selain jatah makan tiga kali sehari, di dalam kapal Pelni juga tersedia Pelni Mart atau mini mart. Pelni mart ini hampir tersedia di setiap dek kapal. Jadi kamu yang mungkin sudah lapar sebelum jadwal makan tiba, bisa berbelanja dulu di mini mart. Hanya saja, harganya cukup mahal. Minuman mineral ukuran 1,5 liter dijual seharga Rp15 ribu.

Nah, untuk mengakali ini biar hemat, kamu bisa membawa bekal baik itu camilan, air mineral, teh atau kopi kemasan (Bagi yang suka) secukupnya sebelum naik ke atas kapal. Sebab di dalam kapal disediakan air panas yang melimpah secara gratis.

Nah, buat kamu yang ingin traveling ke Pulau Flores atau lokasi nusantara lain menggunakan kapal Pelni, bisa mendapatkan tiketnya di agen-agen terdekat. Pemesanan tiket juga bisa lewat online, atau langsung ke situs resmi Pelni atau jasa lain yang bekerja sama dengan Pelni.

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Topic:

  • Irma Yudistirani

Just For You