Comscore Tracker

5 Pertunjukan Tari Umum di Bali dan Harga Tiketnya

Udah umum sih, tapi rekomen

Bali adalah daerah tujuan wisata kelas dunia yang memiliki beragam kesenian. Kesenian ini ada yang digolongkan sakral karena hanya dipentaskan pada waktu tertentu dan berhubungan dengan kegiatan agama. Ada pula kesenian yang digolongkan untuk pertunjukan atau hiburan.

Kesenian yang bertujuan untuk hiburan bisa dipentaskan kapan saja, tergantung kebutuhan. Seperti deretan 5 pertunjukan wisata umum di Bali berikut ini. Lokasinya ada di daerah Kabupaten Badung. Meskipun terbilang sangat umum, tapi rekomen buat kamu yang baru pertama kali liburan ke Bali.

Baca Juga: 5 Tempat Wisata di Tampaksiring Gianyar dan Harga Tiketnya

Baca Juga: Harga Terbaru 10 Aktivitas Water Sport di Tanjung Benoa

1. Menonton pertunjukan kolosal di Bali Agung Show Bali Safari and Marine Park

5 Pertunjukan Tari Umum di Bali dan Harga TiketnyaBali Agung Show. (balisafarimarinepark.com)

Pertunjukan Bali Agung Show di Kabupaten Badung sempat ditutup karena pandemik COVID-19, dan baru dibuka April 2022. Pihak Bali Safari and Marine Park menyuguhkan pertunjukan megah dan kolosal selain pertunjukan satwa.

Bali Agung Show bercerita tentang kisah mitologi populer di Bali, yaitu percintaan legendaris Raja Sri Jaya Pangus dan Kang Ching Wie. Tidak hanya menampilkan penari dengan pakaian megahnya, juga menampilkan interaksi manusia dan satwa yang telah dilatih.

Harga tiket menonton pertunjukan Bali Agung Show adalah Rp275 ribu untuk dewasa dan Rp235 ribu untuk anak-anak. Tiket ini sudah termasuk tiket masuk ke taman safari. Jika pengunjung sudah terlanjur membeli tiket masuk ke taman safari, cukup membayar tiket Rp100 ribu untuk menonton pertunjukan kolosal ini.

2. Menonton kecak dance di Uluwatu

Tari kecak termasuk pertunjukan tari yang sering ditonton oleh wisatawan. Tari ini sebagian besar mengambil cerita Ramayana tentang perjalanan Rama dan Sita. Bali memiliki banyak tempat untuk menonton pertunjukan Tari Kecak, satu di antaranya di kawasan Pura Uluwatu, Kabupaten Badung.

Penonton akan menyaksiksan Tari kecak dengan latar pemandangan matahari terbenam yang sangat indah. Selama musim liburan, kamu wajib memesan tiket jauh-jauh hari karena pasti ramai dipenuhi oleh wisatawan domestik maupun mancanegara.

Harga tiket menonton pertunjukan Tari Kecak di Pura Uluwatu adalah Rp150 ribu untuk dewasa dan Rp75 ribu untuk anak-anak. Wisatawan juga akan dikenakan tiket masuk ke kawasan Pura Uluwatu Rp50 ribu untuk orang dewasa dan Rp35 ribu untuk anak-anak.

3. Menonton Tari Barong dan Keris di Batubulan

Tari Barong mengisahkan tentang pertempuran kekuatan baik yang disimbolkan dengan barong, dan kekuatan jahat yang disimbolkan dengan rangda. Di akhir cerita akan terdapat Biasanya ada adegan penari menusuk keris ke tubuhnya seolah-olah seperti sedang kesurupan atau kerauhan di akhir ceritanya. Prosesi ini mirip dengan prosesi sakral barong atau rangda menari (mesolah) di pura.

Daerah yang terkenal akan tarian barongnya adalah Desa Batubulan, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar. Ada beberapa tempat yang bisa dipilih seperti Jambe Budaya di Jalan Pasekan Batubulan, Barong and keris Dance Sila Budaya di Jalan Raya Batubulan, Barong and keris Dance Pura Puseh Batubulan. Harga tiket menonton di masing-masing tempat ini Rp100 ribu untuk orang dewasa dan Rp50 ribu untuk anak-anak.

4. Menonton tari kolosal di Devdan Show Nusa Dua

Devdan Show menyuguhkan pertunjukan tari kolosal yang akan membawa penonton mengenal keunikan-keunikan nusantara. Devdan Show terletak di kawasan ITDC Nusa Dua, Kabupaten Badung.

Pengunjung bisa menonton pertunjukan empat kali seminggu yaitu Senin, Rabu, Jumat, dan Sabtu pukul 19.30 Wita. Harga tiket Devdan Show yang dilansir dari laman resmi Devdanshow.com adalah:

  • Kelas C: Rp250 ribu untuk dewasa dan Rp125 ribu untuk anak-anak
  • Kelas B: Rp450 ribu untuk dewasa dan Rp225 ribu untuk anak-anak
  • Kelas A: Rp600 ribu untuk dewasa dan Rp300 ribu untuk anak-anak
  • Kelas VIP: Rp850 ribu untuk dewasa dan anak-anak.

5. Menonton ogoh-ogoh dan kecak dance di GWK

5 Pertunjukan Tari Umum di Bali dan Harga TiketnyaTari kecak berkolaborasi denga ogoh-ogoh di GWK Bali. (gwkbali.com)

Ogoh-ogoh adalah patung raksasa yang biasanya diarak pada malam pengerupukan, atau sehari sebelum perayaan Nyepi. Namun kamu juga bisa menikmati ogoh-ogoh yang berkolaborasi dengan tari Kecak kolosal di Garuda Wisnu Kencana (GWK) Cultural Park.

Kamu bisa menyaksikannya setiap hari di area Lotus Pond GWK Cultural Park. Selain ogoh-ogoh dan tari Kecak kolosal, kamu juga bisa menyaksikan beberapa pertunjukan seni lainnya seperti Tari Joged di Lotus Pond pada pukul 17.00 Wita, Tari Barong, Tari Oleg Tamulilingan, dan Tari Jauk Manis di Amphitheater pada pkul 15.00 Wita.

Sarannya sih, kamu harus booking dulu sebelum menonton pertunjukan di atas ya. Pastikan kamera yang kamu gunakan dalam kondisi penuh baterainya untuk menangkap momen-momen indah selama pertunjukan berlangsung.

Ari Budiadnyana Photo Community Writer Ari Budiadnyana

Menulis dengan senang hati

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya