TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Desa Undisan di Bangli, Pesonanya Tak Kalah dari Penglipuran

Desanya juga punya air terjun dari lima mata air

Suasana alam di Desa Undisan, Bangli. (Instagram.com/undisan_village)

Menyebut kata Bangli maka ingatan kita akan tertuju pada sebuah desa wisata bernama Desa Penglipuran. Ternyata, desa wisata di Kabupaten Bangli tak hanya Desa Penglipuran saja. Satu-satunya kabupaten yang tidak memiliki laut ini memiliki beberapa desa wisata yang tak kalah menariknya.

Satu di antaranya Desa Wisata Undisan. Seperti apa ya keindahan alam desa ini? Simak ulasannya, siapa tahu bisa menjadi destinasi liburan kamu.

1. Mendapatkan status Desa Wisata pada 2014

Suasana alam di Desa Undisan, Bangli. (Instagram.com/undisan_village)

Desa Undisan terletak di Kecamatan Tembuku, Kabupaten Bangli. Desa Undisan mulanya dikenal dengan kerajinan bunga emas dan peraknya. Desa ini berbatasan dengan Kabupaten Klungkung di bagian Selatan. Sedangkan di bagian Utara, Barat, dan Timur masing-masing diapit oleh Desa Peninjoan, Desa Yangapi dan Desa Tembuku, serta Desa Bangbang yang semuanya berada di Kabupaten Bangli.

Dikutip dari Jadesta.kemenparekraf.go.id, Desa Undisan mendapatkan status sebagai Desa Wisata pada 2014. Sejak saat itu, desa yang masyarakatnya sebagian besar sebagai petani ini mulai berbenah untuk menyambut wisatawan. Pondok wisata atau homestay mulai bermunculan sebagai fasilitas penginapan.

2. Pesona Air Terjun Tangkup yang bersumber dari lima mata air

Suasana di Air Terjun Tangkup yang ada di Desa Undisan, Bangli. (Instagram.com/pokdarwisundisan)

Desa Undisan menghadirkan suasana alam yang sangat menawan. Air Terjun Tangkup menjadi destinasi wisata alam yang wajib dikunjungi saat berada di desa ini. Air terjun ini awalnya bernama Air Terjun Belegiding Tangkup, memiliki makna tebing tinggi yang licin (belig).

Untuk mencapai air terjun ini, pengunjung diwajibkan jalan kaki sekitar 45 menit dari jalan utama. Tenang saja, pengunjung akan menjumpai pemandangan alam yang menawan. Tentunya, bisa menjadi pengalaman petualangan baru bagi pengunjung.

Setiba di lokasi, pengunjung akan melihat air terjun setinggi 25 meter. Air terjun ini diapit oleh tebing-tebing batu, yang membuatnya terlihat eksotis dan indah. Air terjun ini bersumber dari lima mata air atau klebutan yaitu Klebutan Besi, Pasucian Batara Pucak Sari, Belatuh, Kibul, dan Getar.

Tak jarang, lokasi air terjun ini digunakan sebagai tempat melukat (mandi suci). Untuk menikmati Air Terjun Tangkup, pengunjung cukup membayar Rp5 ribu untuk wisatawan lokal, dan Rp10 ribu untuk wisatawan mancanegara (wisman). Air terjun ini telah memiliki fasilitas penunjang seperti toilet dan tempat ganti baju.

Verified Writer

Ari Budiadnyana

Menyenangi hal-hal baru. Menulis salah satu hobi sejak jaman blog. Menulis apa saja yang ada di hati.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya