4 Lapangan Baru Dibangun di Bali United Training Center

Fans berharap satu lapangan bisa dimanfaatkan untuk umum

Gianyar, IDN Times - Empat lapangan baru rencananya dibangun di Bali United Training Center, Pantai Purnama, Kabupaten Gianyar. Dengan tambahan lapangan baru ini, Training Centre ini nanti akan dilengkapi 7 lapangan. Seluruh lapangan ini ditargetkan bisa digunakan pada Oktober 2023 mendatang.

Proses pembangunan Bali United Training Center terus dikejar, agar semakin siap dipakai untuk pemusatan latihan tim sepak bola seluruh dunia. Dengan fasilitas training centre ini, fans berharap dalam jangka panjang bisa menjadi sarana pengembangan pemain lokal, dan dimanfaatkan masyarakat umum untuk berolahraga.

Baca Juga: 5 Kemenangan Besar Bali United di Sepanjang Liga 1

Baca Juga: 5 Kekalahan Besar yang Pernah Dialami Bali United

1. Pembangunan 4 lapangan masuk tahap awal

4 Lapangan Baru Dibangun di Bali United Training CenterTraining Centre Bali United di Pantai Purnama. (baliutd.com)

Project Manajer Bali United Training Center, Sugihya Artha Dwipayani, menjelaskan ada 6 fase dalam membuat lapangan sepak bola. Saat ini pembangunan tambahan untuk 4 lapangan masih dalam tahap pengerjaan awal. Yakni leveling lahan atau perataan lahan agar mendapat ketinggian yang diinginkan.

Leveling lahan terdiri dari proses cut and fill. Apabila, lahan terlalu tinggi akan dilakukan pemotongan (cut). Sebaliknya jika lahannya terlalu rendah, bakal dilakukan pengurukan (fill). Tujuannya agar semua lapangan bisa terlihat dari bagian rooftop tribun utama.  

Setelah leveling lahan, ada proses pembuatan sistem drainase. Tujuannya agar jika hujan turun, air dapat diserap ke tanah dengan baik.

Tahap selanjutnya adalah pengisian material drainase dan media tanam, pembuatan sistem irigasi untuk pengairan lapangan, serta penanaman rumput. Jika semua proses di atas selesai, diperlukan masa tunggu sekitar 6 bulan agar pembentukan lapangan sempurna.

"Dibutuhkan waktu sekitar 6 bulan agar pembentukan lapangan terlihat sempurna dan target bisa digunakan bulan Oktober 2023 mendatang," jelas Sugihya, Sabtu (15/4/2023).

2. Pembangunan tribun utama masuk tahap interior

4 Lapangan Baru Dibangun di Bali United Training CenterTraining Centre Bali United di Pantai Purnama. (baliutd.com)

Proses pembangunan tribun utama juga dikebut, dan saat ini telah masuk tahap interior. Beberapa peralatan gym dan locker room sudah terpasang.  

Untuk tribun utama rencananya akan rampung pada Agustus 2023 mendatang. Proses pembangunan Bali United Training Center sudah dimulai sejak Januari 2020. Komplek latihan Serdadu Tridatu ini dibangun di atas lahan seluas 30 hektare.

3. Fans berharap satu lapangan bisa dimanfaatkan untuk masyarakat umum

4 Lapangan Baru Dibangun di Bali United Training CenterTraining Centre Bali United di Pantai Purnama. (baliutd.com)

Penambahan 4 lapangan di Bali United training center ini mendapatkan antusias fans. Fans berharap penambahan bisa memaksimalkan pembinaan sepak bola untuk pemain muda di berbagai jenjang usia.

"Dengan fasilitas lapangan yang semakin banyak di training center, tentu semakin banyak lapangan yang bisa digunakan untuk pengembangan usia muda di berbagai jenjang usia," ungkap Komang Sanjaya yang juga Ketua Komunitas Fans Semeton Bali United Klungkung, Sabtu (15/4/2023).

Ia juga berharap, dengan banyaknya lapangan di training center, pihak manajemen bisa memberikan satu lapangan yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat umum untuk bermain bola.

"Dengan memberikan kesempatan masyarakat umum bermain bola di training center, tentu akan lebih mendekatkan klub dengan fansnya. Mungkin bisa satu lapangan dipakai khusus oleh masyarakat umum," harapnya.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya