5 Kekalahan Besar yang Pernah Dialami Bali United

Semoga cepat berbenah jika tidak mau jadi ladang gol

Kekalahan Bali United atas Borneo FC dengan skor telak 1-5 mendatangkan kekecewaan fans Serdadu Tridatu. Bali United belum bisa bangkit dari hasil minor selama putaran kedua Liga 1 2022/2023.

Tidak kali ini saja Bali United mengalami kekalahan dengan skor telak. Bahkan Borneo FC juga pernah membantai Bali United dengan skor 6-0. Berikut 5 kekalahan besar yang pernah dialami Bali United.

Baca Juga: Atlet Israel Bakalan Tampil di AWBG 2023 Bali

Baca Juga: 5 Pemain Asing Bali United yang Berasal dari Brasil

1. PSM Makassar vs Bali United 4-0

5 Kekalahan Besar yang Pernah Dialami Bali UnitedBali United saat menghadapi PSM Makassar. (Baliutd.com)

PSM Makassar berhasil menggunduli Bali United dalam lanjutan kompetisi Torabika Soccer Championship (TSC) dengan skor 4-0. Pertandingan ini terjadi di Stadion Gelora Andi Mattalata Mattoangin Makassar, Sulawesi Selatan pada 14 Agustus 2016.

Bali United saat itu tidak bisa berbuat banyak selama bermain di kandang PSM Makassar. Para pemain belakang Bali United tidak bisa menghalau gol-gol yang diciptakan oleh Ferdinand Sinaga pada menit ke-27 dan ke-33, Ridwan Tawainella pada menit ke-43, serta Rasyid Bakrie pada menit ke-81.

2. Pusamania Borneo vs Bali United 4-0

5 Kekalahan Besar yang Pernah Dialami Bali UnitedBali United saat melawan Borneo FC. (Baliutd.com)

Sebulan setelah digulung PSM Makassar dengan skor telak, Bali United kembali harus menelan kekalahan 4 gol tanpa balas. Hal ini terjadi dalam gelaran yang sama yaitu TSC pada 11 September 2016 di Stadion Segiri, Samarinda.

Saat Bali United bertandang ke markas Pusamania Borneo, tim asuhan Indra Sjafri ini sebenarnya menguasai permainan. Namun Serdadu Tridatu belum bisa melesakkan tembakan yang membahayakan gawang lawan.

Alih-alih ingin merebut kemenangan, Bali United harus gigit jari. Gawangnya dijebol pemain Pusamania Borneo 4 gol tanpa balas. Gol-gol ini diciptakan oleh Jefri Kurniawan pada menit ke-27, Terens Puhiri pada menit ke-59 dan ke-70, serta Lerby Eliandry pada menit ke-77.

3. PSM Makassar vs Bali United 4-0

5 Kekalahan Besar yang Pernah Dialami Bali UnitedBali United saat menghadapi PSM Makassar. (Baliutd.com)

PSM Makassar kembali mencatatkan namanya sebagai klub bola yang pernah mengalahkan Bali United. Skor kali ini sama dengan skor pada tahun 2016, yaitu 4 gol tanpa balas.

Pertandingan lanjutan Liga 1 2018/2019 mempertemukan Bali United vs PSM Makassar di Stadion Gelora Andi Mattalata Mattoangin, Makassar, Sulawesi Selatan pada 25 November 2018.

Bermain di hadapan pendukung fanatiknya, PSM berhasil mencetak 4 gol melalui Zulham Zamrun pada menit ke-9, Marc Klok pada menit ke-37 melalui titik penalti, serta Ferdinand Sinaga pada menit ke-83 dan menit ke-90.

4. Borneo FC vs Bali United 6-0

5 Kekalahan Besar yang Pernah Dialami Bali UnitedBali United saat melawan Borneo FC. (Baliutd.com)

Dalam lanjutan Liga 1 2019/2020, Bali United harus bertandang ke kandang Borneo FC di Stadion Segiri, Samarinda pada 18 Oktober 2019. Pada 30 menit babak pertama, Bali United mampu membuat tegang pendukung tuan rumah dengan bermain apik dan menekan.

Namun gol yang dinanti pendukung tuan rumah tercipta di menit ke-34 melalui Lerby Eliandry, yang kini tercatat sebagai pemain Bali United. Babak kedua, pesta gol Borneo FC dimulai di menit ke-55 saat Renan Silva mencetak gol kedua bagi timnya.

Terens Puhiri mencetak gol berikutnya di menit ke-60 yang mengubah skor menjadi 3-0 untuk keunggulan Borneo FC. Gawang Bali United yang dijaga Wawan "Spiderwan" menjadi bulan-bulanan pemain Borneo FC.

Berturut-turut, pemain Borneo FC menambah gol bagi klubnya yaitu Renan Silva pada menit ke-75, Rfal Lastori pada menit ke-75, dan Terens Puhiri pada menit ke-89 yang menggenapkan gol keenam. Kekalahan ini menjadi kekalahan terbesar Bali United selama mengarungi kompetisi resmi di Tanah Air.

5. Borneo FC vs Bali United 5-1

5 Kekalahan Besar yang Pernah Dialami Bali UnitedBali United saat melawan Borneo FC. (Baliutd.com)

Borneo FC kembali menjadi batu sandungan Bali United untuk meraih kemenangan. Kali ini harus puas menelan kekalahan dengan skor 1-5 atas tuan rumah di Stadion Segiri, Samarinda, tanggal 3 April 2023 dalam lanjutan Liga 1 2022/2023.

Penyerang Matheus Pato berhasil mencetak hattrick pada menit ke-16 dari titik penalti, menit ke-31, dan menit ke-42. Babak kedua, Borneo FC berhasil memperbesar kemenangan melalui Jonathan Bustos di menit ke-49. Gol penutup kemenangan Borneo FC diciptakan oleh mantan pemain Bali United, Stefano Lilipaly, di menit ke-70.

Walau gawangnya menjadi bulan-bulanan pemain tim tuan rumah, Bali United bukan berarti tanpa perlawanan. Bali United berhasil menciptakan satu gol melalui kaki Private Mbarga pada menit ke-22.

Setiap kekalahan dan hasil minor Bali United yang menjadi perhatian para pencinta Bali United adalah sektor belakang. Sektor ini terlihat mudah diobrak-abrik musuh. Semoga cepat berbenah jika tidak mau jadi ladang gol di kompetisi Asia.

Ari Budiadnyana Photo Community Writer Ari Budiadnyana

Menulis dengan senang hati

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya