Suporter Persebaya Liburan di Pantai Sanur, Bonek: Mbonek Sak Mampune

Mereka mulai ramai mengunjungi tempat-tempat wisata

Ungkapan "sambil menyelam minum air" sangat pas disematkan untuk ratusan Bondo Nekat (Bonek), julukan pendukung tim Persebaya Surabaya yang nampak memadati Pantai Sanur, Denpasar, Minggu (18/11) pagi.

Mereka memanfaatkan waktu untuk berwisata dahulu sebelum menonton laga Persebaya lawan Bali United dalam pekan ke-31 Liga 1 Indonesia sore nanti.

1. Nonton sepak bola sambil berwisata

Suporter Persebaya Liburan di Pantai Sanur, Bonek: Mbonek Sak MampuneIDN Times/Imam Rosidin

Baca Juga: Rejekimu Nih, 4 Zodiak yang Keuangannya Bagus di Bulan November

Trito, Bonek asal Bratang, Surabaya, mengaku datang bersama 150 temannya menaiki bus, dengan total sebanyak tiga bus. Ia datang sehari sebelumnya dan menginap di sebuah hotel wilayah Kargo, Denpasar.

"Nonton bola sambil berwisata," katanya, Minggu (18/11) pagi.

Ia menceritakan, rombongannya pergi ke Bali dengan menggandeng pihak travel untuk paket wisatanya. Sementara untuk tiket pertandingannya berkoordinasi dengan komunitas-komunitas lain. "Tiap komunitas memang sudah mendapatkan jatah tiket," ungkapnya.

Untuk paket wisata dan menonton sepak bola di Bali, para Bonek membayar Rp400 ribu. Uang tersebut sudah termasuk tiket pertandingan, menginap di hotel satu malam, dan paket ke wisata Pantai Sanur, Pantai Kuta, dan mengunjungi Pasar Kesenian Sukawati di Gianyar.

"Kami datang kemarin dan balik nanti selepas pertandingan," imbuhnya.

Ditanya mengenai hasil pertandingan nanti, Trito mengaku optimis Persebaya bakal membawa pulang tiga poin.

2. Mbonek sak mampune ae

Suporter Persebaya Liburan di Pantai Sanur, Bonek: Mbonek Sak MampuneIDN Times/Imam Rosidin

Baca Juga: Bali United Dibenamkan Persebaya 5-2 di Kandang Sendiri

Sementara itu Salman, Bonek asal Porong, Sidoarjo mengaku datang bersama rombongan naik dua bus. Masing-masing bis berisi 62 penumpang. Ia baru berangkat ke Bali pada malam (17/11) kemarin dan tiba di Bali pada pagi ini.

Ia bersama teman-temannya sengaja mendatangi Pantai Sanur untuk melepas penat sebelum melanjutkan ke Stadion Kapten Dipta, Gianyar. Mereka langsung kembali ke Surabaya seusai pertandingan. "Banyak yang langsung kerja, cak," ucapnya.

Ia menambahkan, saat ini Bonek terus berbenah untuk mengubah citra di masyarakat. Ia berujar sudah saatnya berubah untuk jadi lebih dewasa lagi. Jika memang tak memiliki uang, lebih baik tidak memaksakan diri untuk berangkat mendukung Persebaya.

"Mbonek sak mampune ae (Jadi bonek semampunya saja,)" katanya.

Pasalnya, jika memaksakan kehendak, ujung-ujungnya nanti akan membuat tidak nyaman warga di kota tujuan, berbuat kriminal misalnya.

Ia mengaku harus mengeluarkan Rp150 ribu untuk mendukung Persebaya di Stadion Kapten Dipta. Paket tersebut sudah termasuk biaya bus dan tiket pertandingan.

3. Bonek dapat jatah 2000 tiket

Suporter Persebaya Liburan di Pantai Sanur, Bonek: Mbonek Sak MampuneIDN Times/Imam Rosidin

Baca Juga: 15 Ribu Bonek Diperkirakan Datang ke Bali, Disediakan Dapur Umum

Seperti diwartakan sebelumnya, Bonek mendapat jatah 2000 tiket di Stadion Kapten Dipta. Kendati demikian, diperkirakan lebih dari 15 ribu Bonek dari seluruh Indonesia akan mendatangi Bali.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, panitia sudah menyediakan empat layar lebar di luar stadion. Layar tersebut digunakan untuk penonton yang tidak kebagian jatah tiket. Laga sendiri rencananya akan dimulai pada pukul 19.30 Wita.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya