15 Ribu Bonek Diperkirakan Datang ke Bali, Disediakan Dapur Umum

Bali United akan menjamu Persebaya di kandang Stadion Dipta

Bali United akan menjalani laga pekan ke-31 Liga 1 Indonesia melawan Persebaya di kandang Stadion Kapten Dipta, Gianyar, MInggu (18/11) nanti. Diperkirakan suporter Persebaya bernama bonek nekat (Bonek) akan menyeberangi Pulau Bali untuk mendukung timnya di medan laga.

1. Diperkirakan 15 ribu bonek datang ke Stadion Dipta

15 Ribu Bonek Diperkirakan Datang ke Bali, Disediakan Dapur UmumInstagram.comdipta.stadium

Jarak yang tak terlalu jauh membuat ribuan bonek diperkirakan hadir di Gianyar untuk mendukung Pasukan Bajul Ijo, julukan Persebaya.

Joko Nocturno, penasihat Bonek Bali, mengatakan 15 ribu bonek dari seluruh Indonesia diperkirakan akan datang ke Bali untuk menyaksikan Persebaya secara langsung di stadion. Antusiasme bonek yang tinggi tersebut karena sudah lebih dari tujuh tahun Persebaya lama tak bersua sama tim asal Bali.

"Ini segala penjuru, yang sudah menghubungi kita dari Jawa Tengah, Jakarta, Tangerang, Jogjakarta, dan Surabaya dan daerah lain di Jawa Timur," katanya saat dihubungi, Rabu (14/11) malam.

2. Hanya diberikan kuota tiket dua ribu saja

15 Ribu Bonek Diperkirakan Datang ke Bali, Disediakan Dapur UmumInstagram.com/dipta.stadium

Baca Juga: Tak Bawa KTP, 7 Bonek Dipulangkan dari Pelabuhan Gilimanuk

Joko menambahkan, setelah melakukan sejumlah pertemuan dengan pihak Panitia Pelaksana (Panpel) dan Kepolisian Gianyar, bonek hanya diberi kuota 2 ribu di dalam Stadion Dipta dan akan ditempatkan di sisi utara tribun stadion.

"Kita dijatah tiket 2 ribu untuk pertandingan nanti. Jatahnya Bonek Bali sendiri akan kami berikan untuk teman-tenan yang datang dari luar Bali. Kami akan fokus di luar stadion saja," imbuhnya.

2. Panitia siapkan empat titik layar lebar untuk nobar di luar stadion

15 Ribu Bonek Diperkirakan Datang ke Bali, Disediakan Dapur UmumInstagram.com/semetondewata

Ia melanjutkan, pada awal pertemuan lalu panitia sepakat menyediakan satu layar lebar untuk nonton bareng (Nobar) di luar stadion. Namun mengingat tingginya antusiasme bonek, panitia lantas menambah empat titik layar lebar.

4. Siapkan dapur umum

15 Ribu Bonek Diperkirakan Datang ke Bali, Disediakan Dapur Umumwestisliplibrary.org

Baca Juga: Dirayu Akan Dinikahi, Gadis 17 Tahun Diperkosa Sopir Online 25 Kali

Ia berharap dalam menyambut kedatangan bonek, pihak keamanan harus bersikap tegas terkait bonek yang tak membawa identitas dan bekal yang cukup. Atas kesepakatannya sendiri, bonek yang ingin datang ke Bali minimal harus membawa uang saku sejumlah Rp300 ribu.

"Kalau ada yang tidak bawa bekal dan KTP (Kartu Tanda Penduduk) harus dipulangkan dan dilarang masuk ke Bali. Jangan sampai mereka dibiarkan lolos, karena kita sendiri yang akan keteteran," ucapnya.

Sementara itu, untuk mempersiapkan kedatangan bonek dari luar Bali, pihaknya akan membuka dapur umum. Selain itu, seluruh bonek yang hadir akan dikumpulkan terlebih dahulu di Gedung Olah Raga (GOR) Kebo Iwa, Gianyar.

Ia memperkirakan, puncak kedatangan bonek akan terjadi pada H-2 dan H-1 sebelum laga, yakni hari Jumat dan Sabtu. Kendati demikian, ia berujar beberapa bonek sudah mulai masuk ke Bali.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya