5 Fakta Pertemuan Inggris Vs Prancis, Sesama Wakil Eropa

Kira-kira siapa yang akan menjadi pemenangnya nanti?

Tim nasional (Timnas) yang lolos menuju babak perempat final Piala Dunia 2022 telah ditentukan. Dari empat slot pertandingan di babak perempat final, Inggris vs Prancis menarik untuk dibahas.

Kedua tim berhasil lolos ke babak perempat final setelah menang secara meyakinkan. Prancis berhasil menggulung Polandia dengan skor 3-1, sedangkan Inggris berhasil menundukkan Senegal 3 gol tanpa balas. Kedua raksasa sepak bola Eropa ini akan bertemu di babak perempat final. Seperti apa fakta kedua tim?

Baca Juga: 6 Kontroversial di Piala Dunia, Selain Gol Jepang

Baca Juga: 6 Wasit Perempuan di Piala Dunia 2022 Qatar

1. Ini adalah 31 kali pertemuan kedua timnas

5 Fakta Pertemuan Inggris Vs Prancis, Sesama Wakil EropaTimnas Inggris. (Instagram.com/england)

Timnas Inggris dan Prancis sudah beberapa kali bertemu dalam berbagai ajang sepak bola. Tercatat, mereka pernah bertemu sebanyak 31 kali.

Dari 31 kali pertemuan, Inggris memiliki catatan lebih baik, di mana berhasil memenangi laga sebanyak 17 kali. Sedangkan Les Bleus hanya memenangkan 9 laga, dan sisanya kedua tim bermain sama kuat sebanyak 5 kali.

2. Pertemuan kedua timnas di Piala Dunia

5 Fakta Pertemuan Inggris Vs Prancis, Sesama Wakil EropaTimnas Inggris. (Instagram.com/england)

Pertemuan The Three Lions melawan Prancis di perempat final Piala Dunia 2022 ini sejatinya adalah pertemuan yang ketiga kalinya. Sebelumnya, mereka pernah bertemu di edisi Piala Dunia lainnya.

Inggris dan Prancis pernah bertemu pada Piala Dunia 1996 di Inggris serta Piala Dunia 1982 Spanyol. Dari dua kali pertemuan tersebut, Inggris berhasil menjadi pemenang. Dalam Piala Dunia 1966, Inggris menang 2-0 dan pada tahun 1982 menang dengan skor 3-1.

3. Statistik kedua timnas di Piala Dunia Qatar

5 Fakta Pertemuan Inggris Vs Prancis, Sesama Wakil EropaKylian Mbappe saat merayakan gol Prancis. (Instagram.com/equipedefrance)

Tentu saja kita perlu melihat statistik kedua timnas di Piala Dunia 2022 Qatar. Dilansir dari Olympics.com, Timnas Inggris tercatat cukup produktif dalam perolehan gol. Dari 4 laga yang dimainkan, mereka berhasil mencetak 12 gol dan hanya kebobolan 2 gol. Itu berarti lini depan Inggris sangat tajam, dan tembok pertahanan The Three Lions kokoh.

Sedangkan Prancis dari 4 laga mencetak gol lebih sedikit dari Inggris, yaitu 9 gol dan kebobolan sebanyak 4 gol. Kalau dilihat dari statistik produktivitas, Inggris akan lebih diunggulkan. Namun Inggris wajib waspada karena Prancis memiliki mesin gol, Kylian Mbappe, yang kini sudah mengoleksi 5 gol dan menjadikannya sebagai top skor sementara Piala Dunia 2022 Qatar.

4. Prancis sebagai juara bertahan

5 Fakta Pertemuan Inggris Vs Prancis, Sesama Wakil EropaTimnas Prancis. (Instagram.com/equipedefrance)

Walaupun Inggris dari rekor pertemuan dan produktivitas di Piala Dunia 2022 ini lebih baik, namun Prancis lebih diunggulkan karena mereka menyandang status juara bertahan. Dilansir dari Olympics.com, Prancis pernah menikmati gelar juara Piala Dunia sebanyak dua kali. Yaitu Piala Dunia 1998 Prancis, dan Piala Dunia 2018 di Rusia.

Sedangkan catatan Inggris di Piala Dunia tidak sementereng Prancis. Inggris hanya sekali pernah menjadi juara Piala Dunia, yaitu 56 tahun yang lalu tepatnya tahun 1996.

5. Perseteruan sesama Negara di Benua Eropa

5 Fakta Pertemuan Inggris Vs Prancis, Sesama Wakil EropaTimnas Inggris. (Instagram.com/england)

Pertandingan perempat final Piala Dunia 2022 kali ini, Inggris vs Prancis menjadi satu-satunya pertandingan yang mempertemukan negara dari Benua Eropa. Ini adalah pertarungan penuh gengsi, mengingat kedua negara memiliki atmosfer kompetisi yang sangat populer di dunia.

Siapa yang tidak mengenal klub-klub yang berlaga di Ligue 1 (liga teratas sepak bola Prancis) dan Premiere League (liga teratas sepak bola Inggris). Klub dari kedua liga ini kerap mendominasi pertandingan di kancah liga Eropa.

Inggris dan Prancis akan membuktikan siapa yang terbaik di Benua Eropa dalam Piala Dunia 2022. Pembuktian ini akan dapat disaksikan di Stadion Al Bayt, Al Khor, Qatar, Minggu (11/12/2022) dini hari. Kira-kira siapa ya yang akan menjadi pemenangnya nanti? Kamu jagoin siapa nih?

Ari Budiadnyana Photo Community Writer Ari Budiadnyana

Menulis dengan senang hati

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya