5 Fakta Bali United Putus Rekor Tak Terkalahkan Dewa United

Tangsel Warrior takluk di Pulau Dewata!

Bali United berhasil menaklukkan Dewa United dengan skor 3-1 dalam lanjutan Liga 1 2023/2024 pekan kelima. Pertandingan itu berlangsung sengit di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Sabtu (29/7/2023) lalu. Kedua tim saling serang hingga babak kedua berakhir. Sempat tertinggal 0-1 dari gol yang diciptakan Ricky Kambuaya pada menit ke-29, Bali United berhasil comeback untuk menggulung Dewa United.

Tiga gol Serdadu Tridatu diciptakan oleh Jefferson Assis melalui titik penalti di waktu tambahan babak pertama (45+2'), Ilija Spasojevic pada menit ke-72, dan Kadek Agung pada menit ke-78. Berikut adalah beberapa fakta menarik dari kemenangan Bali United.

Baca Juga: 5 Pemain U23 Bali United, Calon Bintang Masa Depan

Baca Juga: 5 Jersey Tim Liga 1 2023/2024, Angkat Kearifan Lokal

1. Dewa United akhirnya kalah di Pulau Dewata

5 Fakta Bali United Putus Rekor Tak Terkalahkan Dewa UnitedPemain Bali United merayakan gol ketiga. (Instagram.com/baliunitedfc)

Hingga pekan keempat, Dewa United belum pernah terkalahkan. Hal ini membuat klub berjuluk Tangsel Warrior ini berada di puncak klasemen. Namun rekor tak terkalahkan di Liga 1 2023/2024 akhirnya harus kandas. Mereka harus mengakui keunggulan Bali United dengan skor 1-3.

Walaupun sempat unggul dari gol Ricky Kambuaya hasil umpan dari Egy Mauala Vikri di menit ke-29, Dewa United tidak bisa mempertahankan kemenangannya. Dewa United harus takluk di Tanah Pulau Dewata.

2. Bali United berhasil redam Alex Martin untuk mencetak gol

5 Fakta Bali United Putus Rekor Tak Terkalahkan Dewa UnitedAlex Martin saat mencetak gol ke gawang Persib Bandung. (Dewaunited.com)

Dewa United memiliki striker haus gol asal Brasil, Alex Martin. Ia telah mengoleksi 5 gol di awal musim Liga 1 2023/2024 ini. Dalam empat pertandingan, Alex Martin tercatat selalu berhasil mencetak gol. Namun, hal ini tidak terjadi di pertandingan kelima saat menghadapi Bali United.

Elias Dolah dan Kadek Arel berhasil meredam pergerakan Alex Martin, sehingga ia gagal melanjutkan tren mencetak gol di setiap pertandingan. Otomatis, pemain yang didatangkan dari Bhayangkara FC ini minim peluang pada pertandingan Bali United vs Dewa United.

3. Dua gol Bali United dicetak oleh pemain pengganti

5 Fakta Bali United Putus Rekor Tak Terkalahkan Dewa UnitedSpaso saat mencetak gol ke gawang Dewa United. (Instagram.com/baliunitedfc)

Dua gol kemenangan Bali United saat menundukkan Dewa United diciptakan oleh pemain pengganti. Ilija Spasojevic dan Kadek Agung yang masuk di babak kedua, berhasil mencatatkan namanya di papan skor.

Spaso masuk menggantikan Jefferson Assist, sedangkan Kadek Agung menggantikan Sidik Saimima. Spaso mencetak gol melalui tendangan first time yang keras setelah mendapatkan umpan dari Kadek Agung pada menit ke-72. Kadek Agung kemudian memperbesar kemenangan pada menit ke-78 setelah mendapatkan umpan silang dari Elias Dolah.

Dua gol ini adalah epic comeback dari kedua pemain. Ilja yang performanya dianggap menurun oleh sebagian pendukung Bali United, berhasil menunjukkan dirinya belum berakhir. Ia berhasil mencetak gol perdananya di pertandingan ini. Sedangkan bagi Kadek Agung, yang juga mencetak gol perdananya di Liga 1 2023/2024, ingin membuktikan ia pantas menjadi pilihan pelatih. Hal ini karena Kadek Agung sempat lama menepi karena mengalami cedera.

4. Elias Dolah terpilih sebagai Man of The Match

5 Fakta Bali United Putus Rekor Tak Terkalahkan Dewa UnitedElias Dolah saat mencetak gol perdana saat melawan Arema FC. (Baliutd.com)

Dalam pertandingan Bali United vs Dewa United, pemain belakang Bali United, Elias Dolah, berhasil terpilih menjadi Man of The Match. Sebab mantan pemain Port FC ini berhasil meredam serangan Dewa United, terutama gempuran dari Alex Marting.

Elias Dolah selain sebagai pemain bertahan, juga mendapatkan tugas untuk mencetak gol untuk bola-bola mati. Ia mencetak gol perdananya ketika Bali United mengalahkan tuan rumah, Arema Malang. Kematangan, totalitas, dan skill dari Elias Dolah menjadikan lini belakang Serdadu Tridatu cukup aman.

5. Sama-sama menggunakan kiper asing

5 Fakta Bali United Putus Rekor Tak Terkalahkan Dewa UnitedAdilson Maringa (kiri) dan Sonny Stevens (kanan). (Baliutd.com)

Beberapa peserta Liga 1 menggunakan jasa kiper asing untuk memperkokoh lini belakang mereka. Begitu juga dengan Bali United dan Dewa United. Bali United mendatangkan Adilson Maringa (Brasil) dari Arema FC. Sedangkan Dewa United mendatangkan kiper asal Belanda, Sonny Stevens.

Dalam pertandingan Bali United vs Dewa United, kedua tim menurunkan kiper asing mereka. Masing-masing kiper memiliki tinggi ideal bagi pemain, di atas 190 centimeter. Mereka tampil apik pada laga krusial tersebut dengan melakukan beberapa kali penyelamatan gemilang.

Setelah kemenangan ini, Bali United mulai merangkak ke papan atas klasemen sementara. Semoga bisa bertahan di papan, semangat puputan, dija gen bani!

Ari Budiadnyana Photo Community Writer Ari Budiadnyana

Menulis dengan senang hati

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya