5 Pemain Naturalisasi yang Berlaga di FIBA World Cup 2023

Ada yang main di NBA lho!

Tidak hanya dikenal di olahraga sepak bola, pemain naturalisasi juga ada di basket. Pemain naturalisasi berguna untuk mendongkrak performa tim nasional suatu negara. Mereka juga memiliki kesempatan yang lebih besar untuk membela tim nasional, tempat proses naturalisasinya.

Dalam perhelatan FIBA World Cup (FWC) 2023 yang berlangsung di tiga tempat, Indonesia, Jepang, dan Filipina, pemain naturalisasi turut meramaikan kompetisi basket dunia ini. Siapa saja mereka? Langsung disimak ya!

Baca Juga: Profil Alain Robert, Panjat Bangunan di Uluwatu

Baca Juga: 5 Pemain Liga 1 Postur Tinggi Hampir Dua Meter

1. Jordan Clarkson punya darah Amerika dan Filipina

5 Pemain Naturalisasi yang Berlaga di FIBA World Cup 2023Jordan Clarkson saat bertanding di FIBA World Cup 2023. (fiba.basketball)

Jordan Clarkson merupakan pemain andalan klub NBA, Utah Jazz. Sebelumnya, ia pernah memperkuat klub Los Angeles Lakers dan Cleveland Cavaliers. Jordan Clarkson merupakan pemain berdarah Amerika dan Filipina yang didapat dari sang ibu.

Pemain berusia 31 tahun ini memilih untuk membela Filipina. Ia melakukan debut bersama Filipina saat mengikuti pertandingan basket Asian Games 2018. Namun, debutnya tidak berjalan mulus. Filipina takluk dari China.

Bagaimana kiprahnya di FIBA World Cup 2023 bersama Filipina? Bermain di hadapan pendukungnya, Jordan Clark masih belum mampu membawa tuan rumah ke babak selanjutnya. Filipina hanya bisa mengikuti penentuan klasifikasi peringkat 17-32 FIBA World Cup 2023. Jordan Clarkson mencatatkan PPG atau rata-rata poin per pertandingan 24 dan RPG, atau rata-rata rebound per pertandingan 5,3.

2. Mike Tobey berhasil lolos ke putaran kedua FIBA World Cup 2023

5 Pemain Naturalisasi yang Berlaga di FIBA World Cup 2023Mike Tobey saat mencetak poin untuk timnya. (fiba.basketball)

Mike Tobey sebelumnya adalah warga Amerika Serikat. Ia mendapatkan paspor Slovenia pada 2021. Ia mengawali karier bola basketnya di Universitas Virginia pada 2012.

Ia mendapatkan kesempatan bermain di NBA bersama Charlotte Hornets pada musim 2016/2017. Tahun 2017, ia hijrah ke Spanyol untuk menjajal beberapa klub basket profesional di negara tersebut. Tercatat, ia pernah bergabung bersama Valencia BC, Tenerufe CB Canarias, dan FC Barcelona. Kini ia bermain untuk klub Crvena Zvezda asal Serbia.

Ia berhasil mengantarkan Slovenia melaju ke putaran kedua FIBA World Cup 2023. Tobey dkk harus menghadapi Jerman, Australia, dan Georgia pada putaran kedua. Pada putaran pertama FIBA World Cup 2023, Tobey mencatat PPG 13,5 dan RPG 7.

3. Thomas Walkup meniti karier di Eropa

5 Pemain Naturalisasi yang Berlaga di FIBA World Cup 2023Aksi Thomas Walkup di FIBA World Cup 2023. (fiba.basketball)

Pemain kelahiran Pasadena, Texas, 30 Desember 1992 ini sebenarnya warga Amerika Serikat. Thomas Walkup baru mendapatkan kewarganegaraan Yunani pada April 2023. Selam di AS, ia pernah memperkuat klub Windy City Bulls yang bermain di NBA D-League.

Ia kemudian memutuskan melanjutkan karier ke Benua Eropa. Beberapa klub sempat menggunakan jasa Thomas Walkup seperti MHP Riesen Ludwigsburg, Jerman (2017), dan BC Zalgiris Kaunan, Lituania (2018). Pada 2021, ia bermain untuk klub basket asal Yunani, Olympiacos, sampai sekarang.

Ia mendapatkan kesempatan bermain sebagai pemain utama bersama Yunani di FIBA World Cup 2023, setelah Tyler Dorsey memutuskan untuk mundur dari Timnas Yunani. Thomas Walkup dkk berhasil lolos ke putaran kedua FIBA World Cup 2023. Selama gelaran FWC 2023, Thomas Walkup mencatatkan PPG 11 dan RPG 4,43.

4. Kyle Anderson pemain naturalisasi pertama China

5 Pemain Naturalisasi yang Berlaga di FIBA World Cup 2023Kyle Anderson saat melakukan aksinya di daerah pertahanan lawan. (instagram.com/teamslowmo)

Kyle Anderson lahir di New Jersey, Amerika, 20 September 1993. Ia menjadi warga China pada Juli 2023 dengan nama Li Kaier. Ia menjadi pemain basket naturalisasi pertama di China.

Kyle Anderson kini bermain di NBA bersama Minnesota Timberwolves. Namun ia gagal membawa negara China lolos ke putaran kedua FIBA World Cup 2023. Ia melakukan debut saat China dikalahkan Sudan dengan skor 69-89. Kyle Anderson mencatatkan 22 poin dan 5 rebound.

5. Thaddus McFadden bawa Georgia lolos ke putaran kedua

5 Pemain Naturalisasi yang Berlaga di FIBA World Cup 2023Thaddus McFadden saat memperkuat Georgia di FIBA World Cup 2023. (Fiba.basketball)

Walaupun telah memasuki usia 36 tahun, Thaddus McFaddein masih menjadi andalan Georgia untuk meraih poin. Pemain setinggi 188 centimeter (cm) ini bermain untuk Georgia sejak 2018. Sebelumnya, Thaddus McFadden berkewarganegaraan Amerika.

Pemain klub UCAM Murcia, Spanyol, ini turut berlaga di FIBA World Cup 2023 bersama Georgia. Georgia berhasil lolos ke putaran kedua setelah keluar sebagai runner up Grup F. Ia mencatatkan 4 PPG dan 1,3 RPG.

Bagaimana dengan Indonesia ya? Indonesia juga memiliki beberapa pemain naturalisasi seperti Dame Diagne, Serigne Modiu Kane, Marques Bolden, dan lainnya. Namun mereka belum memiliki kesempatan beraksi di FIBA World Cup 2023.

Ari Budiadnyana Photo Community Writer Ari Budiadnyana

Menulis dengan senang hati

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya