Comscore Tracker

5 Kesaktian Dahsyat Dewi Durga, Lambang Kekuatan Perempuan

Wujudnya menyeramkan, namun untuk kebaikan

Dalam setiap pementasan Drama Tari Calonarang di Bali sering menonjolkan kesaktiannya Dewi Durga. Dewi Durga adalah sumber kekuatan Kiwa (kiri) dan Tengen (kanan). Dalam mitologi Hindu, Dewi Durga merupakan sakti (Lambang kekuatan perempuan) dari Dewa Siwa, yang tugasnya untuk membunuh raksasa.

Dewi Durga, yang juga disebut dengan nama Hyang Nini Bhagawati ini, memberikan jenis ilmu pengiwa (Ilmu hitam) kepada Calonarang sehingga memiliki kesaktian tingkat ketujuh. Hal ini karena Calonarang sangat memuliakan dan memuja Hyang Nini Bhagawati.

Namun di pihak lain, Mpu Bharadah juga menerima anugerah kesaktian dari Dewi Durga berupa ilmu Penengen (Ilmu putih). Sama halnya dengan Calonarang, Mpu Bharadah sangat memuliakan dan memuja Dewi Durga.

Kekuatan-kekuatan Dewi Durga yang dimunculkan dalam Drama Tari Calonarang disebut dengan nama Panca Krtya Sakti. Yaitu Srsti Sakti, Sthiti Sakti, Samhara Sakti, Anugraha Sakti, dan Tirobhawa Sakti.

Yuk, mengenal kesaktian Dewi Durga.

Baca Juga: 5 Fakta Mistis Calonarang Khas Bali, Sempat FYP di TikTok

1. Srsti Sakti adalah kemampuan mencipta

5 Kesaktian Dahsyat Dewi Durga, Lambang Kekuatan PerempuanIlustrasi wujud Dewi Durga saat menciptakan wabah penyakit. (dok. pribadi/Ari Budiadnyana)

Kemampuannya ini dapat menciptakan dari yang tiada menjadi ada. Seperti ilmu yang diciptakan oleh Dewi Durga, yaitu ilmu Kiwa dan Tengen. Ia juga menciptakan penyakit dan obatnya.

Dalam lakon Calonarang dapat dilihat ketika Walu Nateng Dirah (Calonarang) memohon kepada Dewi Durga atau Hyang Nini Bhagawati agar diberikan anugerah berupa kesaktian untuk membuat wabah penyakit.

Dewi Durga kemudian berubah menjadi Panca Durga, yaitu lima kekuatan atau energi kala dan bhuta untuk menyakiti serta menghancurkan.

Kesaktian ini kemudian digunakan oleh Walu Nateng Dirah untuk menghancurkan Kerajaan Daha. Ia menyebarkan wabah penyakit kepada warga di kerajaan tersebut.

Baca Juga: 5 Lakon yang Lazim Dipentaskan dalam Calonarang di Bali

2. Sthiti Sakti adalah kemampuan untuk memelihara

5 Kesaktian Dahsyat Dewi Durga, Lambang Kekuatan PerempuanIlustrasi wujud Dewi Durga. (unsplash.com/Sonika Agarwal)

Sthiti Sakti adalah kemampuan untuk memelihara dan mengembangkan (sthiti) apa yang telah diciptakan-Nya. Dewi Durga sebagai pemelihara, dewanya usadha (pengobatan).

Dalam pementasan Drama Tari Calonarang, diceritakan bahwa Dewi Durga tidak hanya menganugerahkan kemampuan ilmu hitam kepada Calonarang untuk menyakiti saja. Tetapi juga menganugerahkan kemampuan penyembuhan (pengusadha) kepada Mpu Bharadah, yang merupakan musuh dari Calonarang.

Dewi Durga, selama menjalankan kekuatannya sebagai pemelihara, akan disebut dengan nama Hyang Bhairawi.

3. Samhara Sakti

5 Kesaktian Dahsyat Dewi Durga, Lambang Kekuatan PerempuanIlustrasi wujud Dewi Durga. (dok. pribadi/Ari Budiadnyana)

Shamhara Sakti adalah kemahakuasaan untuk melebur atau menghancurkan secara periodik alam fisik (samhara). Semua ciptaan Tuhan tidak ada yang abadi, semua akan mengalami proses penuaan atau pelapukan secara alami.

Dalam teks Calonarang, Dewi Durga mengambil wujud sebagai Bhatari Bhagawati. Ia akan memiliki kemampuan untuk melebur penyakit, kesedihan, kemarahan, kemelaratan, kesombongan, dan lainnya. Sehingga umat manusia atas anugerah-Nya dapat berubah menjadi lebih baik.

Dalam Drama Tari Calonarang, rangda disimbolkan sebagai perwujudan Bhatari Bhagawati. Sehingga, tarian Calonarang ini juga berfungsi sebagai penyomya (penetralisir) kekuatan-kekuatan negatif atau buruk, dan penolak bala untuk desa atau lokasi pementasan.

4. Anugraha Sakti

5 Kesaktian Dahsyat Dewi Durga, Lambang Kekuatan PerempuanIlustrasi wujud Dewi Durga. (unsplash.com/Unfold Memory)

Anugraha Sakti adalah kemahakuasaan Dewi Durga yang dapat memenuhi permintaan para pemuja yang taat melaksanakan ajaran-Nya. Dalam cerita Calonarang, Dewi Durga memberikan anugerah kepada Calonarang dan pengikutnya untuk menghancurkan Kerajaan Airlangga.

Walaupun Calonarang memiliki sifat yang tidak baik, namun Dewi Durga tetap memberikan anugerah karena bakti dan ketekunan memuja dirinya. Ini merupakan simbol dari umat yang melakukan bakti berdasarkan ketulusan dan keyakinan yang kuat.

5. Tirobhawa Sakti

5 Kesaktian Dahsyat Dewi Durga, Lambang Kekuatan PerempuanDewi Durga dalam wujud Mahakali yang menyeramkan. (dok. pribadi/Ari Budiadnyana)

Kemahakuasaan ini adalah kemampuan untuk melenyapkan bekas ciptaan yang lalu. Dewi Durga dalam wujudnya sebagai Bhatari Mahakali memiliki kemampuan untuk melenyapkan apa yang tidak bermanfaat, tidak berguna, dan tidak sesuai dengan masanya.

Penggambaran Dewi Durga sebagai Bhatari Mahakali sering dijumpai pada rajah (Karya sastra berupa tulisan dan gambaran) kekereb (Kain putih yang berisi rajahan) rangda, maupun Walu Nateng Dirah (Matah Gede).

Kemampuan ini muncul dalam adegan patih yang menyerang rangda menggunakan keris. Rangda mengibaskan kekereb ke arah patih yang membuatnya terjatuh. Hal ini merupakan simbol penyomya (penetralisir) melalui kekuatan yang ada dalam kekereb tersebut.

Pementasan Drama Tari Calonarang yang di dalamnya terdapat tarian rangda, secara tidak langsung menyimbolkan pemujaan terhadap kekuatan atau Panca Krtya Sakti tersebut. Ini juga terlihat dari lokasi pementasan yang dipilih. Yaitu sebagian besarnya mengambil lokasi di Pura Dalem, yang merupakan tempat Dewa Siwa dan saktinya Dewi Durga/Dewi Uma berstana.

ari budiadnyana Photo Community Writer ari budiadnyana

Menulis dengan senang hati

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya