Comscore Tracker

5 Kebaikan yang Kamu Dapatkan Jika Ikhlas Memberikan Sesuatu

Ikhlas memang berat, apalagi jika mau menagih utang

Pernahkah kamu memberikan atau melakukan sesuatu pada orang lain yang memerlukan bantuan? Pasti sudah pernah dong ya. Tapi tak semua orang bisa melakukan secara ikhlas.

Kadang terbesit di hati kita menjadi tidak tulus memberikan atau melakukan sesuatu ketika orang yang dibantu justru bertindak negatif atau hal lainnya. Meski begitu, tetapkan hatimu mengikhlaskan pemberian tersebut. Karena ada lima alasan kenapa kamu ikhlas saat memberikan atau melakukan sesuatu untuk orang lain:

1. Kamu tidak akan merasakan beban pikiran apa pun

5 Kebaikan yang Kamu Dapatkan Jika Ikhlas Memberikan Sesuatupixabay.com/billycm

Kamu akan merasa rugi ketika memperhitungkan sesuatu saat memberikan atau melakukan perbuatan kepada orang lain. Kerugian itu bisa secara materi, tenaga dan waktu. Bayangkan jika melakukan semuanya dengan tidak ikhlas, kamu pasti akan dihantui oleh perasaan yang merugi, dan terus jadi beban pikiran yang gak penting.

Jadi ikhlaskanlah.

2. Tidak pernah mengungkit kembali apa yang kamu beri atau lakukan untuk orang lain

5 Kebaikan yang Kamu Dapatkan Jika Ikhlas Memberikan SesuatuUnsplash/Elaine Casap

Tidak ikhlas biasanya ditandai oleh seringnya mengungkit sesuatu yang pernah kamu lakukan terhadap orang lain. Ada permasalahan sedikit saja dengan orang yang dibantu, kamu sibuk membeberkan semua jasa yang sudah pernah kamu perbuat. Ujung-ujungnya, ada banyak orang yang akan menghindari berurusan denganmu karena kamu punya kebiasaan buruk seperti itu.

Tentu gak sama ceritanya jika kamu ikhlas. Kamu gak akan repot-repot mengingat semua yang sudah kamu lakukan. Karena bagimu, hal itu sudah berlalu dan sudah kamu relakan.

3. Tidak mudah dikecewakan orang lain

5 Kebaikan yang Kamu Dapatkan Jika Ikhlas Memberikan Sesuatuunsplash/Element5 Digital

Orang yang ikhlas juga biasanya gak berharap diberikan imbalan oleh siapa-siapa. Kondisi seperti ini akan membuatmu tidak mudah kecewa. Karena kekecewaan hanya akan menghampiri orang yang berharap.

Misalnya ketika kamu memberi tetangga buah-buahan. Jika gak ikhlas, kamu pasti akan berharap dia memberikanmu sesuatu juga. Ketika pada kenyataannya dia gak memberikanmu apa-apa, alhasil kamu akan kecewa.

4. Selalu penuh pikiran positif

5 Kebaikan yang Kamu Dapatkan Jika Ikhlas Memberikan Sesuatuunsplash/Boudewijn Huysmans

Seseorang yang ikhlas membantu orang lain biasanya selalu dipenuhi oleh pikiran positif. Ia tidak pernah punya pemikiran buruk kepada orang yang dibantu. Ketika berbuat ikhlas, maka auramu akan terpancar positif.

Orang lain jadi lebih nyaman berada di dekat kamu. Bonusnya adalah kamu tampak lebih awet muda.

5. Kebahagiaan akan selalu meliputimu

5 Kebaikan yang Kamu Dapatkan Jika Ikhlas Memberikan Sesuatuunsplash/andrew welch

Ingatlah, orang yang berbuat ikhlas tidak akan langsung mendapatkan balasan dari Tuhan dengan jumlah yang serupa. Yakinlah bahwa balasan itu akan kembali kepadamu dalam bentuk kebahagiaan yang lain. Jika kamu meyakini hal itu, maka gak ada yang perlu kamu khawatirkan lagi. Dijamin, hidupmu pasti akan bahagia.

Jadi, mulai saat ini lakukan sesuatu hal secara ikhlas agar aura positif terpancar dari raut wajahmu.

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Desy Damay di IDN Times Community dengan judul 5 Kebaikan Ini Akan Kamu Dapatkan Jika Ikhlas Memberi Sesuatu

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya