Patung Ikonik Bung Karno di Tabanan Berhasil Dipindahkan

Pemasangan patung menunggu pembuatan tatakan

Tabanan, IDN Times - Pemindahan Patung Bung Karno di catus pata Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan dilakukan sesuai rencana, yaitu Kamis (8/9/2022). Pemindahan digelar pukul 23.00 Wita.

Meski diguyur hujan, proses pemindahannya berjalan lancar. Saat ini Patung Bung Karno diletakkan sementara di Taman Bung Karno sambil menunggu proses pembuatan tatakan patung selesai.

Baca Juga: Patung Ikonik Bung Karno di Tabanan Akan Dipindah

1. Proses pemindahan patung memerlukan waktu lebih lama dari prediksi

Patung Ikonik Bung Karno di Tabanan Berhasil DipindahkanPatung Bung Karno berhasil dipindahkan dari catus pata Kediri ke Taman Bung Karno (Dok.IDN Times/Istimewa)

Proses pemindahan patung Bung Karno yang dilaksanakan malam pukul 23.00 Wita, Kamis (8/9/2022) rencananya berlangsung selama setengah jam. Namun karena hujan deras, prosesnya molor dari waktu yang ditetapkan.

Kepala Dinas PUPRPKP (Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman) Tabanan, I Made Dedy Darmasaputra, mengakui pemindahannha molor dari target lantaran guyuran hujan. Proses pemindahannya terhambat saat hujan turun deras, namun dilanjutkan begitu kondisinya memungkinkan. Patung Bung Karno baru berhasil diangkat dari tatakan menuju ke titik penyimpanan di Taman Bung Karno pada pukul 00.00 Wita.

"Karena hujan sangat deras, kendala teknisnya adalah kita tidak bisa melakukan pemotongan di titiknya. Sehingga kita menunggu hujan agak reda dulu,” ujarnya, Jumat (9/9/2022).

Baca Juga: Nomor WA Layanan Ambulans di Tabanan, Siapa Tahu Butuh

2. Pemasangan patung menunggu tatakannya selesai dibangun

Patung Ikonik Bung Karno di Tabanan Berhasil DipindahkanProses pembuatan tatakan patung Bung Karno di taman Bung Karno (Dok.IDNTimes/Istimewa)

Sesuai rencana awal, Patung Winsu Murti akan dipasang di caput pata Kediri. Prosesnya dimulai dengan merombak tatakan Patung Bung Karno saat ini sesuai dengan dimensi Patung Wisnu Murti yang baru.

Pengawas SNN (Studio Nyoman Nuarta) proyek pemindahan patung ini, Wayan Sugiardana, mengatakan pihaknya masih akan menunggu sekitar 1,5 bulan ke depan untuk memasang Patung Bung Karno di lokasinya yang baru, yaitu Taman Bung Karno.

"Saat ini cuma pemindahan saja. Pemasangannya menunggu tatakan patung selesai," jelasnya.

3. Patung Bung Karno dibungkus kain hitam

Patung Ikonik Bung Karno di Tabanan Berhasil DipindahkanPatung Bung Karno berhasil dipindahkan dari catus pata Kediri ke Taman Bung Karno (Dok.IDNTimes/Istimewa)

Sementara itu dari pantauan, Patung Bung Karno telah ditempatkan ke Taman Bung Karno, tepatnya depan tulisan Taman Bung Karno. Patung tersebut ditempatkan menghadap arah barat dan dibalut kain hitam di setiap bagian patung.

Sugiardana menjelaskan, Patung Bung Karno terbuat dari tembaga dan memang perlu ditempatkan di luar. Karena ketika patung mengalami oksidasi, maka akan timbul warna karat  tembaga yang alami. Apalagi kalau terkena zat garam, warna karatnya akan  berubah menjadi hijau.

"Nah, saat ini, karena lokasi penempatannya jauh dari laut, maka warna alami yang timbul adalah hitam. Namun tetap bagus," ungkap Sugiardana.

Baca Juga: Mengenal Museum Pendet di Ubud, Simpan Koleksi Pematung Wayan Pendet

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya