Nomor WA Layanan Ambulans di Tabanan, Siapa Tahu Butuh

Public Safety Center Tabanan masih eksis sampai sekarang

Tabanan, IDN Times - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tabanan membentuk layanan Public Safety Center (PSC) tahun 2017 lalu. Layanan untuk mempercepat proses penanganan kegawatdaruratan khusus masyarakat Tabanan ini berkantor di Puskesmas Tabanan 3.

Kini tahun 2022, layanan PSC Tabanan masih aktif dan berperan penting dalam penanganan di awal pandemik COVID-19.

Baca Juga: Mantan Bupati Tabanan Eka Divonis 2 Tahun

1. Pada awal pandemik, petugas PSC sampai harus mandi lima kali sehari

Nomor WA Layanan Ambulans di Tabanan, Siapa Tahu ButuhTim PSC Tabanan (IDN Times/Wira Sanjiwani)

Layanan PSC Tabanan kini memiliki 10 orang petugas yang terdiri dari dua bidan, tujuh perawat, dan satu sopir. Pada awal terbentuk, layanan PSC Tabanan biasanya menangani kasus kegawatdarurat di Kota Tabanan, dan terkadang hingga ke wilayah Kecamatan Penebel. Sementara sisanya ditangani oleh PSC di masing-masing puskesmas.

Namun di awal pandemik, petugas PSC Tabanan menjemput pasien suspek COVID-19 yang memerlukan layanan antar ke rumah sakit maupun tempat isolasi terpadu di seluruh wilayah Kabupaten Tabanan.

Sebagai tim PSC Tabanan, I Putu Eka Viqtrayana bersama rekannya di awal pandemik tidak ada jeda menangani permintaan emergency, terutama menjemput pasien suspek COVID-19.

"Kami turun bisa lima kali dalam sehari. Bergantian setiap tim. Karena itu mandinya juga pernah merasakan sampai lima kali dalam sehari. Kulit sampai pucat," ujarnya, Rabu (24/8/2022).

Kondisi ini berlangsung selama satu tahun, dari 2020 hingga 2021. Apalagi ketika ada kasus delta. Seluruh petugas yang berjaga dalam tiga shift tidak berhenti untuk menjemput pasien suspek.

"Untungnya selama masa krodit itu tidak ada tim yang sakit," kata Eka.

Baca Juga: Modus Baru di Tabanan, Sabu Dimasukkan ke Microtube PCR

2. Dua orang petugas ada yang terpapar COVID-19 ketika kasusnya melandai

Nomor WA Layanan Ambulans di Tabanan, Siapa Tahu ButuhTim PSC Tabanan (IDN Times/Wira Sanjiwani)

Selama masa crowded kasus pandemik, seluruh petugas menjaga kebugaran dengan mengonsumsi makanan sehat yang dibawa dari rumah, dan minum vitamin dari Dinas Kesehatan biar tidak terpapar COVID-19. Meski begitu, dua orang petugas ada yang terkena COVID-19.

"Kenanya setelah kasus landai. Jadi tidak berpengaruh pada layanan," kata Eka.

Kasus COVID-19 kini mulai melandai. Petugas PSC Tabanan pun kembali bekerja normal. Mereka tetap melayani kasus kegawatdaruratan di Kota Tabanan dan Kecamatan Penebel.

"Rata-rata kasus gawat darurat yang ditangani selain suspek COVID-19, juga ada kasus kecelakaan. Permintaan yang ditangani juga mulai berkurang. Sekarang sehari bisa dua, tetapi juga kadang tidak ada kasus yang harus ditangani," tambahnya.

3. Kalau memerlukan layanan mereka, kamu bisa menghubungi nomor WA berikut ini

Nomor WA Layanan Ambulans di Tabanan, Siapa Tahu ButuhFoto hanya ilustrasi. (Unsplash/Annie Spratt)

Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Tabanan, I Wayan Triana Suryanata, yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Bidang Pelayanan dan Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Tabanan, menyebutkan layanan call center PSC Tabanan dengan nomorr 119 saat ini masih belum bisa dipakai.

"Ini karena anggaran untuk pengadaan call center tahun ini ditiadakan," ungkapnya.

Namun masyarakat yang memerlukan layanan PSC dapat menghubungi nomor WhatsApp (WA) 081934155780. PSC Tabanan memiliki fasilitas dua unit mobil ambulans.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya